Review Infinix Zero 4: Lebih Seimbang!

Author
Irham
Reading time:
February 25, 2017

Di tahun 2016 kemarin, Infinix cukup sukses mengusung smartphone dengan fitur kamera unggulan yaitu Infinix Zero 3. Infinix melanjutkan seri smartphone ‘Zero’ yang merupakan kasta tertinggi dari line-up produk mereka, yaitu melalui dua produk terbaru Infinix Zero 4 dan Zero 4 Plus.

Kedua produk ini tentunya kembali didatangkan sebagai smartphone dengan senjata pamungkas pada sektor kamera. Terutama untuk Zero 4 Plus, yang kembali menawarkan kamera utama bersensor 20MP. Namun untuk produk yang pertama kami ulas di bawah ini adalah Infinix Zero 4. Seperti apa kemampuan dari smartphone yang satu ini, mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Desain

Infinix-Zero-4-6

Infinix Zero 4 membawa desain yang jauh berbeda dari versi sebelumnya, Zero 3. Zero 4 membawa konsep metal uniboy yang kokoh. Masih tetap dengan bentuk ‘kotak,’ tapi kali ini memiliki sudut-sudut yang lebih tumpul dari versi sebelumnya. Meskipun terlihat lebih elegan dan juga kuat dengan material metal, namun Infinix Zero 4 justru kurang unik terlihat dan hampir mirip dengan smartphone berbody metal kebanyakan.

Infinix-Zero-4-4

Posisi kamera juga kini berada di bagian tengah, dengan modul besar yang menonjol keluar. Infinix Zero 4 juga kini telah dilengkapi dengan sensor finger print yang terletak dibawah sensor kamera utama.

Berbeda dengan kebanyakan smartphone dengan finishing metal lainnya, biasanya terasa licin digenggaman. Namun untuk Zero 4 terasa kokoh ditangan karena pada bagian sudut-sudutnya dibentuk sedemikian rupa agar pas dengan buku-buku pada jari tangan.

Infinix-Zero-4-5

Perangkat ini juga dibekali dengan casing transparan untuk menambah proteksi. Tetapi ukuran smartphone ini terbilang cukup besar di genggaman, dan bila pengguna menggunakan casing pelindung tersebut akan membuatnya semakin besar digenggaman. Sebenarnya Infinix mengkalim, desain yang tidak ramping ini sendiri sebenarnya punya alasan, yaitu untuk memberikan sirkulasi udara yang lebih baik pada smartphone. Sering kali kita temui, smartphone dengan desain unibody apalagi yang menggunakan material metal sangat mudah menghantarkan panas, yang membuat pengguna tidak nyaman saat mengenggamnya.

Panel depan layar memiliki lapisan pelindung layar Gorilla Glass 4 dengan kontur 2,5D, yang sepertinya sudah menjadi tren smartphone terkini. Tombol power dan volume terletak di bagian kanan. Tombol kapasitif dengan format tiga titik berada di bagian depan. Tapi sayangnya tiga titik tombol kapasitif ini tidak memiliki backlit untuk memudahkan dilihat. Akan lebih baik lagi jika tersedia pilihan agar pengguna bisa mengkustomasi tombol kapasitif tersebut.

Infinix-Zero-4-13 Infinix-Zero-4-10  Infinix-Zero-4-8

Dibagian bawah terdapat dua buah grill untuk speaker dan microphone, serta slot MicroUSB. Sedangkan dibagian atas terdapat lubang jack 3,5mm. Sementara itu,dual slot SIM card tersedia di bagian kanan sedangkan untuk slot MicroSD terpisah di sisi sebelah kiri.

Infinix-Zero-4-9 Infinix-Zero-4-11 Infinix-Zero-4-1 Infinix-Zero-4-2

Spesifikasi

Jika dilihat dari spesifikasi, Infinix Zero 4 sendiri sebenarnya bukan produk paling pamungkas yang diluncurkan oleh Infinix di tahun ini. Karena Infinix masih punya Zero 4 yang memiliki spesifikasi paling tinggi dari line up produk mereka. Disebut sebagai suksesor Zero 3, sebenarnya spesifikasi Zero 4 sendiri tidak lebih baik dari Zero 4. Hanya beberapa aspek fitur saja yang membuat Zero 4 bisa dikategorikan sebagai penerus Zero 3.

CPU-Z

Zero 4 dibekali dengan layar IPS 5,5 inci dengan resolusi Full HD, SoC MediaTek MT6753, (Octa-Core 1,3 GHz + GPU Mali-T720 MP4) RAM 3GB serta internal storage 32 GB. Ya, ini terbilang standar melihat sebelumnya pada Zero 3, Infinix menyematkan SoC MediaTek Helio X10 yang dipadukan dengan RAM 3GB.

Zero 4 memiliki sensor kamera utama dengan resolusi 16MP F/2.0 yang dilengkapi dengan OIS dan laser auto-focus. Sedangkan kamera depan menggunakan kamera beresolusi 8MP F/2.2 yang dilengkapi dengan lampu flash.

Infinix-Zero-4-12

Selain desain peningkatan fitur yang ada pada Zero 4 yang paling signifikan adalah penambahan fingerprint dan juga sensor Gyroscope. Sementara untuk kapasitas baterai, sedikit peningkatan dimana Zero 4 menggunakan baterai berkapasitas 3200mAh. Tapi dapat diprediksi, bahwa dengan penggunaan SoC MediaTek MT6753 yang dipadukan dengan baterai berkapasitas lebih besar, akan membuat Zero 4 lebih hemat daya dibandingkan Zero 3. Zero 4 juga dilengkapi dengan adaptor charger yang menduukung pengisian cepat XCharge 3A. Lebih lengkapnya akan diulas pada pengujian baterai. Sayangnya untuk produk review yang kami terima hanya unit handset dan charger saja, jadi untuk keseluruhan box penjualan belum bisa diulas lebih detail.

Load Comments

Reviews

October 18, 2021 - 0

Review Infinix Zero X Pro: Smartphone Aneh dan Gokil!

Sedang mencari smartphone di rentang harga Rp 4 jutaan tetapi…
October 8, 2021 - 0

Review vivo X70 Pro: Dingin, Kencang, Kamera Zeiss, Tipis & Ringan

Vivo baru saja meluncurkan vivo X70 Pro, di mana smartphone…
October 7, 2021 - 0

(VIDEO) 20 Hal Penting Seputar Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Samsung Galaxy Z Flip3 5G, untuk sebuah smartphone dengan layar…
October 5, 2021 - 0

Video: Menjawab 50 Pertanyaan Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Setelah penggunaan sekitar satu bulan lamanya, akhirnya ini adalah rangkuman…

Accessories

September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
August 30, 2021 - 0

Review Sony WF-1000XM4: Karakter Bisa Diatur, Fitur Berlimpah

Bicara soal TWS atau True Wireless Stereo earphone, Sony sejak…
July 13, 2021 - 0

Video – Review OPPO Enco Buds: Baterai Awet, Tahan Air, Bass Kencang

Produk earphone TWS tentu sudah sangat beragam saat ini, dengan…
May 25, 2021 - 0

Review Sudio Nio: Vocal Dominan, Cocok Buat Meeting Online

Earphone TWS ini cocok untuk kebutuhan komunikasi baik saat panggilan…

Wearables

October 19, 2021 - 0

Tech Uncensored: Smartphone Belum Lengkap Tanpa Smartwatch dan TWS?

Memiliki satu atau lebih smartphone di masa sekarang nampaknya sudah…
September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 5, 2021 - 0

Review OPPO Enco X: TWS Mantap dari Dynaudio dan OPPO

Oppo baru saja memperkenalkan TWS terbarunya, yang diberi nama sebagai…