Review Smartphone Samsung Galaxy J7 Prime

Reading time:
March 19, 2017

Menjelang akhir tahun 2016 lalu, Samsung membawa lini smartphone Galaxy J Prime mereka ke Indonesia. Saat itu, Samsung mengumumkan bahwa mereka akan menawarkan tiga tipe smartphone Galaxy J Prime untuk Indonesia, yaitu J2 Prime, J5 Prime, dan J7 Prime. Kini, salah satu smartphone di antara tiga Galaxy J Prime itu hadir di lab. pengujian kami, yaitu Galaxy J7 Prime.

Samsung Galaxy J7 Prime - 01

Galaxy J7 Prime sendiri merupakan varian tertinggi, dengan spesifikasi yang tentunya tertinggi pula dari ketiga smartphone Galaxy J Prime tersebut. Walaupun Galaxy J Series selama ini dipandang sebagai produk untuk kelas entry-level, melihat spesifikasi dan harga yang ditawarkan Samsung untuk Galaxy J7 Prime ini, sekitar Rp 3.7 juta, produk ini diposisikan sebagai produk kelas menengah. Penasaran dengan produk Samsung yang satu ini? Kami akan mengulasnya dalam artikel kali ini!

Desain

Samsung Galaxy J7 Prime - 02

Smartphone Galaxy J7 Prime ini hadir dengan mengusung desain yang mirip sekali dengan beberapa smartphone kelas menengah Samsung yang lain. Samsung tampaknya memang telah memiliki desain dasar yang baku untuk produk mereka di kelas ini, terutama untuk desain sisi depan. Hal itu bisa saja membuat beberapa orang akan cukup sulit membedakan smartphone ini dari deretan smartphone kelas menengah Samsung yang lain.

Galaxy J7 Prime ini hadir sebagai smartphone dengan desain unibody, yang berarti tidak memiliki penutup belakang yang bisa dibuka dan pengguna tidak bisa melepas baterai perangkat ini. Secara umum, bodi dari smartphone ini terbilang kokoh. Sayangnya, bahan yang dipilih Samsung untuk bodi dari smartphone ini membuatnya terasa agak licin saat dipegang.

Samsung Galaxy J7 Prime - 03

Bodi dari Galaxy J7 Prime ini memiliki dimensi keseluruhan sekitar 152 x 75 x 8 mm. Dimensi itu bisa dikatakan tidak terlalu besar untuk sebuah smartphone dengan layar 5.5″, tetapi tetap terasa tebal. Smartphone ini menawarkan layar dengan rasio mencapai 73% dari sisi depan perangkat.

Samsung Galaxy J7 Prime - 04

Sebuah tombol fisik, untuk tombol “Home”, ditempatkan Samsung di sisi depan perangkat. Seperti beberapa smartphone Samsung yang lain, tombol Home di bawah layar itu juga hadir dengan mengusung fingerprint scanner. Terdapat juga dua tombol kapasitif untuk “Menu” dan “Back” yang mengapit tombol Home tersebut.

Samsung Galaxy J7 Prime - 07 Samsung-Galaxy-J7-Prime---10

Tampaknya sudah menjadi kebiasaan bagi Samsung untuk tidak meletakkan tombol power dan volume up/down di sisi yang sama dari smartphone mereka. Galaxy J7 Prime ini pun juga hadir dengan mengusung desain tersebut. Tombol power ditempatkan Samsung di sisi kanan perangkat, sementara tombol volume up/down terpisah ditempatkan di sisi kiri. Di sisi kini ini juga terdapat dua slot untuk tray SIM Card. Tray pertama bisa menampung Micro SIM #2 dan Micro SD, sementara tray kedua dapat menampung Micro SIM #1. Kapasitas Micro SD yang bisa digunakan di smartphone ini mencapai 256 GB.

Smartphone ini juga dilengkapi konektor audio 3.5 mm dan port Micro USB yang ditempatkan di sisi bawah perangkat. Beralih ke sisi belakang, Samsung hanya menempatkan kamera dan LED flash di sisi ini. Secara fisik, tidak ada hal menarik lain yang bisa dibahas dari smartphone yang satu ini.

Spesifikasi

Samsung melengkapi smartphone ini dengan layar 5.5″ yang mendukung resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel). Sayangnya, Samsung hanya menawarkan layar PLS TFT untuk smartphone ini. Ini tentu saja sedikit disayangkan, mengingat varian non-“Prime” dari smartphone ini, Galaxy J7, sudah hadir dengan layar Super AMOLED yang menawarkan kualitas tampilan yang jauh lebih baik.

Walaupun mengusung nama “Prime”, smartphone ini ternyata tidak dibekali dengan SoC yang berbeda dari saudaranya, Galaxy J7. SoC yang digunakan adalah besutan Samsung sendiri, yaitu Exynos 7870 yang hadir dengan prosesor octa-core Cortex A53 dengan kecepatan 1.6 GHz. Sementara untuk GPU, SoC tersebut menawarkan Mali-T830 MP2. Exynos 7870 ini sepintas menawarkan spesifikasi yang cukup baik untuk kelas menengah. Namun, seperti apa perbandingan performa yang ditawarkannya di antara smartphone kelas menengah di kisaran harga yang sama yang lain? Kami akan menjawabnya lewat uji performa di bagian selanjutnya.

Samsung Galaxy J7 Prime - 14

Samsung membekali smartphone ini dengan RAM 3 GB dan storage internal 32 GB. Kapasitas RAM 3 GB saat ini memang bisa dikatakan sebagai kapasitas minimal yang harus ditawarkan produsen smartphone di kelas yang dihuni Galaxy J7 Prime ini. Sementara untuk storage internal 32 GB, bila pengguna merasa kapasitas itu masih kurang, Micro SD bisa ditambahkan untuk menyimpan data-data di smartphone ini. Micro SD di smartphone ini tidak harus berbagi slot dengan SIM Card karena Samsung menyediakan slot terpisah untuk SIM #1, SIM #2, dan Micro SD.

Samsung Galaxy J7 Prime - 13

Kamera utama di Galaxy J7 Prime menggunakan sensor 13 MP dengan lensa f/1.9 serta fitur autofocus dan LED Flash. Sementara untuk kamera selfie, Samsung menawarkan sensor 8 MP dengan lensa f/1.9. Untuk video, smartphone ini hanya menawarkan perekaman video maksimal 1080p di 30 fps. Keterbatasan dari SoC yang digunakan tampaknya membuat Samsung belum bisa menawarkan perekaman video 4K di Galaxy J7 Prime ini.

Baterai di smartphone ini mengusung rating kapasitas 3300 mAh, sama dengan yang digunakan di Galaxy J7 Prime. Mengingat SoC yang digunakan smartphone ini sudah menggunakan fabrikasi 14 nm, kapasitas baterai ini seharusnya menjanjikan waktu penggunaan yang cukup panjang. Kami akan membuktikan hal itu dengan melakukan pengujian baterai.

Satu hal yang cukup disayangkan dari smartphone ini adalah Samsung tidak melengkapinya dengan jajaran sensor yang lengkap. Selain fingerprint scanner, smartphone ini hanya dibekali dengan accelerometer dan proximity sensor. Hal ini tentu saja bisa dikatakan masih  kurang untuk sebuah smartphone kelas menengah di kelas harga yang diusung Galaxy J7 Prime.

Galaxy J7 Prime ini dibekali dengan dukungan untuk WiFi 802.11 b/g/n dan Bluetooth 4.1. Sayang sekali, belum ada dukungan untuk WiFi 5 GHz. Sementara untuk koneksi seluler, smartphone ini mendukung GSM, 2G, 3G, dan 4G (FDD LTE & TDD LTE). Jaringan 4G yang didukung oleh smartphone ini adalah B1, B3, B5, B7, B8, B20, B36, dan B40, yang berarti smartphone ini mendukung penggunaan 4G LTE dari semua operator seluler di Indonesia.

Sistem operasi yang digunakan oleh smartphone ini adalah Android Marshmallow (v6.0.1). Sejauh ini, belum ada informasi dari Samsung terkait kemungkinan update ke Android Nougat. UI yang digunakan tentu saja adalah UI khas dari Samsung, dengan berbagai aplikasi bawaan yang menjadi ciri khas perusahaan asal Korea Selatan itu.

Paket Penjualan

Smartphone Galaxy J7 Prime ini tiba di lab. pengujian kami dengan disertai paket penjualannya. Paket penjualan itu dikemas dalam sebuah boks putih dengan ukuran yang terbilang cukup kecil. Adapun isi dari paket penjualan smartphone ini adalah:

  • Kabel USB Type A to Micro A
    Samsung Galaxy J7 Prime - 17
  • Adapter daya
    Samsung Galaxy J7 Prime - 18
  • Headset
    Samsung Galaxy J7 Prime - 16
  • Pin (untuk membuka tray SIM Card)
    Samsung Galaxy J7 Prime - 15
  • Beberapa lembar dokumen
Load Comments

Reviews

May 5, 2021 - 0

Review Infinix HOT 10s: Spesifikasi Tinggi di Harga Kurang dari Rp 2 Juta

Mencari smartphone di bawah Rp 2 juta, dengan processor cukup…
May 3, 2021 - 0

Review Oppo A74 5G: Performa Cepat, Pengalaman Tanpa Batas

Oppo resmi meluncurkan smartphone kelas menengah terbaru mereka yaitu Oppo…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 22, 2021 - 0

Review Poco X3 Pro: Terlalu Murah & Kencang!

Poco baru saja mengumumkan jajaran produk terbarunya, di mana salah…

Accessories

May 7, 2021 - 0

Review JLab GO Air True Wireless Earbuds: Ringan dan Praktis!

Beragam produk earphone TWS saat ini sudah membanjiri pasar, mulai…
April 22, 2021 - 0

(VIDEO) Review Gaming Cooler, Trigger, dan Kabel Black Shark Terbaru 2021 untuk iPhone & Android

Ketika menggunakan sebuah smartphone, biasanya tidak akan lepas dari yang…
April 19, 2021 - 0

(Video) Review Kiip Wireless Charger: Semua Jadi Satu!

Wireless Charging sangat berpotensi jadi standar teknologi di masa depan,…
April 1, 2021 - 0

Review Huawei FreeBuds 4i: Fitur Lengkap di Harga Rp 1 Jutaan

Tidak sedikit brand smartphone masa kini yang turut mengeluarkan produk…

Wearables

April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 5, 2021 - 0

Review OPPO Enco X: TWS Mantap dari Dynaudio dan OPPO

Oppo baru saja memperkenalkan TWS terbarunya, yang diberi nama sebagai…
April 1, 2021 - 0

Review Huawei FreeBuds 4i: Fitur Lengkap di Harga Rp 1 Jutaan

Tidak sedikit brand smartphone masa kini yang turut mengeluarkan produk…
March 16, 2021 - 0

Review Realme Watch S Pro: Gaya Premium, Tambah Fitur

realme telah meluncurkan smartwatch terbaru mereka yaitu realme Watch S…