Review Redmi 4A: Smartphone Xiaomi Termurah Di Indonesia

Author
Irham
Reading time:
April 2, 2017

Xiaomi akhirnya resmi meluncurkan produk 4G ‘Buatan Indonesia’ yang pertama dari mereka yang telah memenuhi TKDN di tanah air sebesar 30% di tahun 2017. Redmi 4A menjadi produk pertama yang dipasarkan, dengan menargetkan pasar smartphone kelas entry level. Smartphone ini pun menjadi yang paling murah ditawarkan oleh Xiaomi saat ini di Indonesia

Redmi 4A dibanderol dengan harga Rp 1,5 juta rupiah. Pastinya para pecinta Xiaomi di tanah air sudah lama menantikan produk yang satu ini. Apalagi Xiaomi menjadi satu vendor yang paling ditunggu-tunggu sejak lama untuk masuk secara ‘resmi’ di Indonesia.  Sudah banyak ‘gaduh’ yang ditimbulkan lantaran kebanyakan produk Xiaomi yang beredar di Indonesia masuk lewat garis distributor. Namun diawal tahun 2017 ini, Xiaomi akhirnya segera menjawab tantangan untuk segera merilis smartphone 4G yang resmi, tanpa perlu siasat ‘unlocked.’

Tim Jagat Gadget telah kedatangan smartphone terbaru dari Xiaomi tersebut, yakni Redmi 4A. Bagaimanakah kemampuan dari smartphone yang satu ini? Apakah masih sesuai dengan ekspektasi para Mi Fans untuk smartphone murah dan punya performa yang powerful? simak ulasannya berikut ini.

Desain

Secara desain, Redmi 4A bisa dibilang mengalamipenurunan dari generasi sebelumnya yaitu Redmi 3 ataupun Redmi 3 Prime. Dimana smartphone yang satu ini tidak lagi menggunakan material body metal, melainkan dengan bahan polycarbonate. Walaupun tampak dari luar, smartphone ini punya finishing metallik yang terlihat mirip dengan generasi sebelumnya.

Redmi-4A-1

Walaupun dengan material polycarbonate, uniknya Redmi 4A tetap menggunakan konsep desain unibody dengan baterai yang terpasang non removable. Hmm, mungkin ini menjadi cara tersendiri bagi Xiaomi untuk sedikit menekan budget mereka. Tapi tak masalah, toh segmen pengguna smartphone di harga sejutaan sebenarnya pun mayoritas tidak mesti punya desain yang cantik. Asal nyaman dipegang , dan isi ‘otak’nya menarik, dan untuk kebutuhan utama yang digunakan sehari-hari sudah cukup diakomodir, selalu saja bisa jadi pilihan yang ditunggu.

Redmi-4A-9 Redmi-4A-8

Apalagi bagi Mi Fans yang sudah jatuh cinta sama brand asal Tiongok ini. Yang selalu muncul d setiapi artikel review produk dan video review apapun, mereka akan dengan semangat selalu nyeletuk “mending Xiaomi”. Well, kalo udah jualan ‘resmi kaya gini sih kayaknya sudah tidak ada masalah. Maklum, namanya juga kadung cinta, semua rela dilakuin.

Oh iya, untuk sample yang katerima berikut ini adalah varian berwarna gold. Dimana panel bagian depan berwarna putih. Hmm, perpaduan warna yang simple bin standar. Tidak ada yang istimewa dari tampilannya yang malah kian mainstream. Dibanding Redmi 3 yang jauh lebih cantik

Redmi-4A-5 Redmi-4A-2

 

Redmi 4A juga punya ukuran dimensi yang tidak terlalu spesial. Smartphone ini cukup tebal, screen to body rasionya juga tidak terlalu optimal karena bezelnya terlihat besar di bagian pinggir. Dan lagi, penempatan tombol juga standar, power dan volume di sebelah kanan. Di bagian bawah ada slot microUSB. Di bagian atas terdapat slot Jack 3,5 mm untuk headset, meski unitnya tidak tersedia di paket penjualan sama seperti beberapa brand lain hehe… Eh, tapi yang cukup berkesan, di bagian atas terdapat sensor infra red, yang bisa digunakan untuk kebutuhan remote seperti remote TV, AC dan lain-lain. Satu yang masih konsisten di pertahankan oleh Xiaomi, bahkan di smartphone kelas entry level mereka.

Redmi-4A-4 Redmi-4A-6

Okay, jadi secara keseluruhan kita tarik kesimpulan bahwa desain dari Redmi 4A ini adalah: Standar.

Tapi itu kan baru dari segi desain, seperti yang kita tahu yang paling ditunggu-tunggu dari Xiaomi adalah ‘inner beauty’ yang katanya selalu menawarkan spek palng mumpuni dengan harga paling terjangkau dikelasnnya. Sekarang mari kita bahas spesifikasi dari Redmi 4A.

Spesifikasi

Dari spesifikasinya, Redmi 4A dilengkapi dengan komponenn yang cukup mumpuni dikelasnya. Smartphone ini dibekali dengan layar 5 inci dengan resolusi HD 720P, dengan SoC Snapdragon 425 (Quad-Core Cortex A53 1,3 GHz + GPU Adreno 308), serta RAM 2 GB dan inernal storage 16 GB. Ini juga merupakan kali pertama kami melakukan pengujian untuk smartphone yang menggunakan dapur pacu dengan basis SoC Snapdragon 425. Snapdragon 425 sendiri merupakan SoC entry level paling anyar dari Qualcomm, yang telah menggantikan generasi-generasi sebelumnya  termasuk Snapdragon 410 dan 415.

CPU-Z

Sementara untuk fitur kamera, Redmi 4A dilengkapi dengan kamera utama beresolusi 13 MP F/2.2 dengan lampu flash dan kamera depan bersolusi 5MP F/2.2. Ini terbilang standard dan cukup untuk kebutuhan pengguna apalagi di kelas entry level.

Redmi-4A-7

Di Redmi 4A, sensor yang disematkan sudah cukup lengkap mulai dari proximity sensor, ambience light, acceleration, compass hingga Gyroscope. Berkat Snapdragon 425, smartphone ini tak hanya mendukung sisitem navigasi menggunakan GPS tapi juga menggunakan GLONASS. GLONASS adalah sistem navigasi buatan rusia, yang juga memiliki akurasi lokasi yang tinggi. Namun sayangnya Redmi 4A tidak dilengkapi dengan sensor fingerprint untuk kebutuhan autentikasi.

Tapi ini tidak terlalu masalah, karena sensor fingerprint masih bisa dibilang sebagai fitur sekunder apalagi di smartphone entry level. Karena di segmen tersebut, kebanyakan pengguna biasanya justru memilih keunggulan lain seperti baterai besar, dibandingkan dengan kelengkapan fingerprint. Satu lagi  yang dimungkin menjadi pengganti fingerprint, adalah sensor infrared untuk remote control perangkat elektronik. Ini tentunya fitur yang menarik yang tersedia di Redmi 4A.

Redmi-4A

Redmi 4A dilengkapi dengan baterai berkapasitas cukup besar yaitu 3120mAh. Sementara itu perangkat ini juga memiliki dua slot SIM Card dengan type Micro untuk SIM Card 1 dan Nano untuk SIM Card 2. SIM Card 2 terpasang secara hybrid dengan slot Micro SD. Kedua slot sudah mendukung 4G LTE, tidak perlu lagi cari-cari ke forum ‘Cara Unlocked 4G Xiaomi Bla..bla..bla..”

Redmi 4A berjalan menggunakan sistem operasi Android Marshmallow dengan interface MIUI 8.   Beberapa aplikasi dan fitur yang tersedia di MIUI 8 termasuk diantaranya adalah dual space dan cloned apps. Untuk paket penjualannya, seperti biasa Xiaomi hanya menyediakan adaptor charger dan kabel USB serta buku panduan.

Redmi-4A-10
Load Comments

Reviews

September 23, 2021 - 0

Review Imou Ranger 2C: Dengan Sensor Pendeteksi Gerakan, Bisa Tanpa WiFi

Kali ini kami kembali kedatangan produk kamera monitoring dari Imou…
September 21, 2021 - 0

Review Xiaomi Pad 5: Tablet Android Terbaik di 4.9 Juta!

Selain smartphone, pasar tablet kini sudah semakin memanas dengan berbagai…
September 15, 2021 - 0

Video – Review Black Shark 4: Kencang, Minimalis

Akhirnya kami telah merampungkan pengujian review kami untuk produk smartphone…
September 14, 2021 - 0

Video – Review: Tecno Spark 7, Smartphone Harga Rp 1,3 Juta, Punya NFC

Setelah sebelumnya kami sempat melakukan review untuk produk Tecno Spark…

Accessories

September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
August 30, 2021 - 0

Review Sony WF-1000XM4: Karakter Bisa Diatur, Fitur Berlimpah

Bicara soal TWS atau True Wireless Stereo earphone, Sony sejak…
July 13, 2021 - 0

Video – Review OPPO Enco Buds: Baterai Awet, Tahan Air, Bass Kencang

Produk earphone TWS tentu sudah sangat beragam saat ini, dengan…
May 25, 2021 - 0

Review Sudio Nio: Vocal Dominan, Cocok Buat Meeting Online

Earphone TWS ini cocok untuk kebutuhan komunikasi baik saat panggilan…

Wearables

September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 5, 2021 - 0

Review OPPO Enco X: TWS Mantap dari Dynaudio dan OPPO

Oppo baru saja memperkenalkan TWS terbarunya, yang diberi nama sebagai…
April 1, 2021 - 0

Review Huawei FreeBuds 4i: Fitur Lengkap di Harga Rp 1 Jutaan

Tidak sedikit brand smartphone masa kini yang turut mengeluarkan produk…