Review Smartphone Samsung Galaxy C9 Pro

Reading time:
April 29, 2017

Paket Penjualan

Smartphone Galaxy C9 Pro hadir di lab. pengujian kami dengan disertai paket penjualannya. Paket penjualan itu dikemas dalam sebuah kemasan boks dengan warna dasar putih dengan desain khas Samsung untuk lini smartphone kelas menengah mereka. Berikut ini beberapa perlengkapan yang disertakan Samsung dalam paket penjualan Galaxy C9 Pro ini:

  • Paket dokumen (garansi, quick guide)
  • Pin untuk membuka tray SIM/Micro SD
    Samsung Galaxy C9 Pro - 15
  • Adaptor daya
    Samsung Galaxy C9 Pro - 19
  • Kabel USB to USB Type C
    Samsung Galaxy C9 Pro - 17
  • Konverter Micro USB to USB Type C
    Samsung Galaxy C9 Pro - 18
  • Headset
    Samsung Galaxy C9 Pro - 16

Melihat perlengkapan yang disertakan, Galaxy C9 Pro ini bisa dikatakan dibekali dengan paket penjualan yang terbilang lengkap. Memang, Samsung tidak menyertakan aksesori tambahan untuk mendukung kenyamanan pengguna membawa smartphone ini, seperti yang dilakukan oleh beberapa produsen lain. Namun, paket penjualan yang disertakan juga masih jauh dari kesan sekadarnya saja.

Uji Performa

Selama ini, Snapdragon 652 dianggap sebagai sebuah SoC dengan performa yang baik, yang membuatnya cocok untuk berbagai skenario penggunaan di smartphone. Galaxy C9 Pro ini dibekali dengan Snapdragon 653, yang merupakan versi clock lebih tinggi dari Snapdragon 652. Seharusnya, hal ini akan membuat Galaxy C9 Pro juga akan bisa menawarkan performa yang baik. Benarkah? Kami menggunakan beberapa buah benchmark untuk menunjukkan performa dari Galaxy C9 Pro dengan Snapdragon 653 dan RAM 6 GB-nya.

Samsung Galaxy C9 Pro - 02

AnTuTu 6.0

Aplikasi benchmark yang satu ini adalah salah satu yang paling banyak digunakan untuk mengukur kekuatan sebuah perangkat Android. Beberapa hal yang diuji di AnTuTu antara lain User Experience (UX), CPU, RAM, GPU, dan I/O. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik.

AnTuTu 6.0.1 Samsung Galaxy C9 Pro - AnTuTu_R

Geekbench 3

GeekBench 3 merupakan benchmark cross platform yang mengukur kinerja prosesor sebuah perangkat smartphone, tablet, dan PC. Aplikasi ini menggunakan skenario simulasi real world sehingga mampu menganalisa performa sebuah prosesor saat menggunakan single core atau multi core. Semakin tinggi nilainya, semakin baik.

Geekbench 3 Samsung Galaxy C9 Pro - Geekbench 3 Single Core_R Samsung Galaxy C9 Pro - Geekbench 3 Multi Core_R

Geekbench 4

Penerus dari Geekbench 3 ini juga menawarkan benchmark serupa dengan pendahulunya tersebut, tetapi dengan set workload yang berbeda, yang lebih berat. Benchmark ini juga dapat digunakan untuk menguji performa smartphone, tablet, dan PC, serta menyajikan hasil pengujian untuk performa single core maupun multi core. Hasil pengujian Geekbench 4 ini tidak bisa dibandingkan dengan Geekbench 3. Semakin tinggi hasil yang diperoleh, performa yang ditawarkan semakin baik.

Geekbench 4 Samsung Galaxy C9 Pro - Geekbench 4 Single Core_R Samsung Galaxy C9 Pro - Geekbench 4 Multi Core_RR

3DMark Ice Storm Unlimited

Benchmark ini ditujukan untuk menguji performa dari sistem pada sebuah smarpthone Android dalam menangani pemrosesan grafis. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik smartphone tersebut menjalankan proses grafis.

3DMark ISU Samsung Galaxy C9 Pro - 3DMark ISU_R

PCMark Work

Aplikasi benchmark ini mengukur performa dan umur baterai pada smartphone maupun tablet Android, lewat pengujian yang berbasis aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan oleh user, bukan algoritma yang bersifat abstrak. Skor yang dihasilkan diklaim mampu mencerminkan performa sesungguhnya dari perangkat tersebut.

PCMark Work Samsung Galaxy C9 Pro - PCMark Work_R

PCMark Work 2.0

Benchmark ini merupakan perbaikan dari PCMark Work dengan workload yang lebih menggambarkan pemanfaatan smartphone untuk bekerja, lebih berat dari yang disajikan oleh PCMark Work. Pengujian yang dilakukan juga tetap berbasis aktivitas kerja sehari-hari. Skor yang dihasilkan di PCMark Work 2.0 tidak bisa dibandingkan dengan PCMark Work, dan semakin tinggi hasilnya, menunjukkan performa yang lebih baik.

PCMark-Work-2.0

Performa yang ditampilkan oleh Galaxy C9 Pro dengan Snapdragon 653 di beberapa benchmark yang diujikan bisa dikatakan sesuai dengan yang diharapkan. Hasil di beberapa benchmark memang menunjukkan skor di bawah Snapdragon 652. Hasil ini bisa jadi dipengaruhi oleh optimasi prosesor, di mana Samsung tampaknya tidak mengejar clock tinggi secara terus menerus, lebih mementingkan efisiensi sehingga tidak boros baterai. Hal ini tetap terjadi walaupun kami menonaktifkan fitur power saving di Galaxy C9 Pro. Terlepas dari hal tersebut, skor yang didapatkan masih menunjukkan bahwa smartphone ini menawarkan performa yang baik untuk berbagai aktivitas.

Bermain Game

Layar besar dan SoC yang kencang yang diusung oleh Galaxy C9 Pro menunjukkan bahwa smartphone ini punya potensi yang baik untuk gaming. Melihat hal tersebut, kami mencoba untuk memainkan beberapa game di smartphone dari Samsung ini. Game yang kami coba mainkan di smartphone ini antara lain Super Mario Run, Subway Surfer, Asphalt 8: Airborne, FIFA Mobile, NBA Live, serta Hungry Shark World.

Samsung Galaxy C9 Pro - 22

Performa yang ditawarkan oleh SoC Snapdragon 653 di smartphone ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Game-game yang kami mainkan tersebut dapat dilibas dengan mudah, dengan game berjalan dengan lancar. Ukuran layar yang besar juga mendukung kenyamanan saat memainkan game di smartphone Galaxy C9 Pro ini.

Sayangnya, ukuran bodi yang besar dan bahan yang terasa licin menimbulkan kesulitan tersendiri saat memainkan game-game yang umum dimainkan dalam posisi layar vertikal, seperti Super Mario Run dan Subway Surfer. Smartphone ini cukup sulit dipegang hanya dengan satu tangan untuk game-game tersebut. Sementara memegangnya dengan dua tangan juga terasa cukup merepotkan.

Sedangkan untuk game-game yang dimainkan dalam posisi layar horizontal, smartphone ini terbilang menawarkan kenyamanan saat memainkan game-game tersebut. Memang, pengguna harus sedikit membiasakan diri untuk posisi tangan, sehingga tidak menutup lubang speaker dan earpiece serta tidak menyentuh tombol volume up/down. Namun, hal itu dapat dilakukan dengan mudah.

Load Comments

Reviews

October 18, 2021 - 0

Review Infinix Zero X Pro: Smartphone Aneh dan Gokil!

Uji Performa Benchmark untuk smartphone ini menggunakan set benchmark yang…
October 8, 2021 - 0

Review vivo X70 Pro: Dingin, Kencang, Kamera Zeiss, Tipis & Ringan

Uji Performa Sebetulnya kemarin kami sempat membuat video untuk Dimensity…
October 7, 2021 - 0

(VIDEO) 20 Hal Penting Seputar Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Samsung Galaxy Z Flip3 5G, untuk sebuah smartphone dengan layar…
October 5, 2021 - 0

Video: Menjawab 50 Pertanyaan Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Setelah penggunaan sekitar satu bulan lamanya, akhirnya ini adalah rangkuman…

Accessories

September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
August 30, 2021 - 0

Review Sony WF-1000XM4: Karakter Bisa Diatur, Fitur Berlimpah

Fitur Unggulan Teknologi ANC Ya, WF-1000XM4 menggunakan sistem active noise…
July 13, 2021 - 0

Video – Review OPPO Enco Buds: Baterai Awet, Tahan Air, Bass Kencang

Produk earphone TWS tentu sudah sangat beragam saat ini, dengan…
May 25, 2021 - 0

Review Sudio Nio: Vocal Dominan, Cocok Buat Meeting Online

Earphone TWS ini cocok untuk kebutuhan komunikasi baik saat panggilan…

Wearables

October 19, 2021 - 0

Tech Uncensored: Smartphone Belum Lengkap Tanpa Smartwatch dan TWS?

Memiliki satu atau lebih smartphone di masa sekarang nampaknya sudah…
September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 5, 2021 - 0

Review OPPO Enco X: TWS Mantap dari Dynaudio dan OPPO

Oppo baru saja memperkenalkan TWS terbarunya, yang diberi nama sebagai…