Review Smartphone Samsung Galaxy C9 Pro

Reading time:
April 29, 2017

Kamera

Sebagai sebuah smartphone dari Samsung, Galaxy C9 Pro tentu saja diharapkan akan menawarkan kualitas kamera yang baik. Kamera yang baik memang cukup umum dipandang sebagai daya tarik tersendiri dari produk Samsung. Smartphone ini dibekali dengan sensor 16 MP baik untuk kamera utama maupun kamera selfie. Berikut ini adalah hasil foto dari kamera di Galaxy C9 Pro ini:

Hasil Foto Kamera Utama

Kualitas gambar yang ditangkap oleh kamera utama dari Galaxy C9 Pro bisa dikatakan memenuhi apa yang diharapkan dari sebuah smartphone dari Samsung. Reproduksi warna yang baik dan detail yang masih terbilang tajam ditawarkan oleh kamera dari smartphone ini, terutama untuk penggunaan di kondisi pencahayaan yang cukup. Untuk kondisi gelap, terjadi penurunan kualitas detail, tetapi masih bisa masuk dalam kategori wajar untuk kamera dari sebuah smartphone.

Hasil Foto Kamera Selfie

Sementara untuk kamera selfie, walaupun Samsung menggunakan sensor 16 MP, hasil yang didapatkan terbilang biasa saja. Tidak mengagumkan, tetapi tidak bisa dikatakan buruk. Detail yang ditangkap kamera selfie cukup jauh di bawah kamera utama, kecuali bila digunakan di tempat dengan kondisi pencahayaan yang sangat memadai.

Fitur Kamera

Kamera di Galaxy C9 Pro ini terbilang tidak terlalu banyak menawarkan fitur ekstra. Samsung hanya menyertakan beberapa filter saja, serta beberapa mode pemotretan, termasuk untuk HDR, Panorama, dan Pro, yang memungkinkan pengguna menggunakan konfigurasi manual. Mode untuk pemotretan dengan efek-efek menarik tidak disertakan secara standar, tetapi bisa ditambahkan secara manual.

Screenshot_20170428-232459_R Screenshot_20170428-234532_R

Video terlihat kurang begitu diperhatikan oleh Samsung. Tidak ada fitur stabilization yang ditawarkan untuk video dari kamera utama, resolusinya pun terbatas hanya hingga Full HD saja. Uniknya, fitur stabilization justru tersedia di perekaman video oleh kamera selfie.

Baterai

Samsung menawarkan baterai dengan rating kapasitas yang terbilang besar, 4000 mAh, di dalam Galaxy C9 Pro ini. SoC yang digunakan, Snapdragon 653, memang masih diproduksi dengan fabrikasi 28 nm, yang teoretis tidak seefisien SoC dengan fabrikasi yang lebih baik, seperti 20 nm, 16 nm, 14 nm, atau bahkan 10 nm. Namun, berdasarkan pengalaman kami sebelumnya, Qualcomm bisa mengoptimasi Snapdragon 652 sehingga tetap menawarkan efisiensi yang terbilang baik, dan seharusnya hal itu juga akan diusung oleh Snapdragon 653 di smartphone ini. Benarkah?

Samsung Galaxy C9 Pro - 24 Samsung Galaxy C9 Pro - Battery Life_R

Kami mencoba melakukan pengujian untuk waktu penggunaan dalam satu kali isi ulang penuh baterai smartphone ini. Pengujian yang kami lakukan adalah tes video 720p, PCMark Work Battery Life, serta PCMark Work 2.0 Battery Life. Untuk video, kami mendapati bahwa smartphone ini menawarkan daya tahan yang baik, dengan mencatatkan waktu penggunaan hingga 18 jam 25 menit.

Samsung Galaxy C9 Pro - 20

Sementara untuk pengujian dengan PCMark, smartphone ini pun juga berhasil mencatatkan daya tahan yang masih tergolong baik. Di PCMark Work Battery Life, smartphone ini bisa bertahan hingga 10 jam 35 menit. Beralih ke PCMark Work 2.0 Battery Life, di pengujian yang lebih berat ini Galaxy C9 Pro bisa bertahan hingga 8 jam 52 menit.

Samsung Galaxy C9 Pro - 21

Fitur isi ulang baterai dengan cepat disematkan Samsung ke dalam smartphone ini. Kami juga sempat melakukan pengujian untuk melihat berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh smartphone untuk isi ulang baterai dari 1% hingga 100%. Hasilnya, isi ulang baterai hingga penuh membutuhkan waktu sekitar 1 jam 34 menit. Waktu yang terbilang cukup singkat untuk sebuah smartphone dengan baterai 4000 mAh.

Load Comments

Reviews

June 9, 2021 - 0

Video Long Term Review Xiaomi Mi 11: Smartphone Xiaomi Terbaik

Awal tahun 2021, Xiaomi akhirnya mengumumkan perangkat Xiaomi Mi 11…
June 5, 2021 - 0

Video Review Poco F3: Smartphone PremiumTermurah dan Kencang!

Poco F3 Sudah mulai dijual resmi di Indonesia. Berawal dari…
June 4, 2021 - 0

Video: Review Live On – Pra-bayar, Paket Kuota Besar, Ga Ribet!

Semua pengguna layanan internet dari operator selular prabayar, tentunya berharap…
May 24, 2021 - 0

Review Redmi Note 10s by Xiaomi: Murah dan “Berbeda”

Pengujian Performa Benchmark Antutu 8: 283179 Antutu 9: 332738 Geekbench…

Accessories

May 25, 2021 - 0

Review Sudio Nio: Vocal Dominan, Cocok Buat Meeting Online

Earphone TWS ini cocok untuk kebutuhan komunikasi baik saat panggilan…
May 7, 2021 - 0

Review JLab GO Air True Wireless Earbuds: Ringan dan Praktis!

Penutup Bagi kalian yang menginginkan produk earbuds TWS dengan desain…
April 22, 2021 - 0

(VIDEO) Review Gaming Cooler, Trigger, dan Kabel Black Shark Terbaru 2021 untuk iPhone & Android

Ketika menggunakan sebuah smartphone, biasanya tidak akan lepas dari yang…
April 19, 2021 - 0

(Video) Review Kiip Wireless Charger: Semua Jadi Satu!

Wireless Charging sangat berpotensi jadi standar teknologi di masa depan,…

Wearables

April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 5, 2021 - 0

Review OPPO Enco X: TWS Mantap dari Dynaudio dan OPPO

Oppo baru saja memperkenalkan TWS terbarunya, yang diberi nama sebagai…
April 1, 2021 - 0

Review Huawei FreeBuds 4i: Fitur Lengkap di Harga Rp 1 Jutaan

Tidak sedikit brand smartphone masa kini yang turut mengeluarkan produk…
March 16, 2021 - 0

Review Realme Watch S Pro: Gaya Premium, Tambah Fitur

Harga & Kesimpulan realme Watch S Pro dibanderol dengan harga…