LINE Perkuat Komitmennya untuk Dukung Industri Kreatif Digital di Indonesia

Author
Friska
Reading time:
May 17, 2017
line creative talk (1)

Pada Selasa (16/5), LINE Indonesia sebagai salah satu perusahaan yang turut berkecimpung di industri ekonomi digital kreatif, kembali memperkuat komitmen untuk terus mendukung industri tersebut dengan memberikan beragam inovasi dan layanan terbaik baik bagi para pembuat maupun konsumennya. Dalam ajang LINE Creative Talk yang diadakan hari ini di Cafe Kino, Sentral Senayan, Jakarta, LINE Indonesia memaparkan kembali tentang LINE Creator’s Market dan LINE Webtoon yang terus berkembang dan semakin banyak memancing berbagai generasi muda yang memiliki kreativitas digital yang bisa mengembangkan dan berkonstribusi di kedua ranah tersebut.

“Dari tahun 2014 hingga 2016 kemarin, pengguna LINE tercatat telah mengalami peningkatan yang sangat tinggi yakni sebesar 200 persen dengan rata-rata pengguna harian mencapai 90 juta. Dan LINE Sticker merupakan salah satu fitur yang sudah memiliki 88,3 juta kali download di tahun 2016, dengan lebih dari 8,6 milyar sticker telah dikirim tercatat di tahun yang sama. Sementara di April 2017 kemarin, tercatat lebih dari 40 juta sticker dikirimkan secara harian.” Tutur Inez Yorisya Kemala, Business Developer Manager LINE Indonesia.

Dirinya juga menyatakan tentang bagaimana LINE Creator’s Sticker kini memiliki inovasi baru yakni “LINE Sticker Sachet” yang telah diluncurkan sejak Februari 2017 kemarin. Alih-alih memiliki 40 buah sticker dalam 1 set, LINE Sticker Sachet ini hanya memiliki 8 buah sticker tetapi dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan sticker biasa. “Peningkatan yang dicatat pun juga berdampak positif, dengan LINE Sticker Sachet yang teregistrasi kini mencapai 436 persen dan Creator’s Sticker yang juga teregistrasi meningkat hingga 212 persen.”

line creative talk (3)

Selain menghadirkan LINE Creator’s Sticker, LINE juga turut mempromosikan sticker karya lokal melalui akun resmi LINE Indonesia, juga menghadirkan LINE Creator’s Stickers Challenge dengan hadiah berupa promosi bulanan secara resmi dari pihak LINE. Bentuk promosi ini pun diklaim memberikan dampak positif terhadap penjualan sticker yang signifikan meningkat. Untuk LINE Stickers, pihaknya juga hendak memberikan fitur baru pada bagian pencarian sticker, sehingga nantinya pengguna bisa lebih spesifik ketika hendak mencari sticker yang dapat mereka gunakan untuk mengekspresikan diri dalam messaging-nya.

Selain LINE Creator’s Market, LINE juga memberikan dukungannya terhadap LINE Webtoon di mana LINE hendak memberikan kontribusi dan komitmennya untuk memperkaya dinamika industri digital kreatif lokal melalui platform tersebut. Hingga kini, telah tercatat sebanyak 6 juta pengguna aktif yang menggunakan LINE Webtoon setiap bulannya dan LINE Webtoon Indonesia sendiri memiliki 65 webtoonist beserta 58 webtoon lokal, dengan 3 di antaranya telah menerbitkan karyanya dalam bahasa Thailand dan Taiwan.

Untuk LINE Webtoon Indonesia sendiri, hingga saat ini yang tercatat memiliki angka subcriber tertinggi jatuh kepada EGGNOID, Tahilalats, dan Alice dengan subcription mencapai 2,3 juta dan 1,4 juta. Selain itu, LINE Webtoon juga memiliki media iklan yang bisa digunakan untuk Branded Webtoon dan Product Placement. Webtoon sendiri juga mendukung para kreator-nya dengan memberikan iklan di LINE Today yang bisa diakses langsung dari aplikasi LINE, serta kerap memberikan LINE Webtoon Challenge bagi mereka yang berminat untuk menjadi kreator. Untuk menjangkau para kreator industri digital kreatif ini, LINE sendiri telah melakukan LINE Creative Day serta LINE Creators Campus Road Show sebagai bagian dari komitmennya.

“Kami percaya bahwa semua orang memiliki talenta kreatif yang dapat berkontribusi di ranah kreatif digital ekonomi. Untuk itu, kami tak hanya fokus terhadap inovasi fitur dan platform saja, tetapi juga kerap menjaring talenta lokal kreatif khususnya di kalangan pelajar atau generasi muda di Tanah Air melalui beragam aktivitas dan kegiatan menarik.”

Load Comments

Reviews

November 28, 2020 - 0

Review Vivo V20 SE: Desain Mewah, Produktivitas Lengkap

Setelah sebelumnya kami melakukan review untuk produk Vivo V20, kini…
November 26, 2020 - 0

Gaming Test Snapdragon 665: Masih Layakkah di 2020?

Snapdragon 665 adalah SoC kelas menengah yang cukup berjaya di…
November 24, 2020 - 0

Review MediaTek Helio P95: G Series Kalah Kencang?

Kali ini tim Jagat Review akan kembali membahas soal SoC,…
November 14, 2020 - 0

Review Infinix Note 8: Murah, Kencang, Besar dan Lengkap

Infinix belakangan ini cukup gencar meluncurkan produk terbaru mereka. Setelah…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Jika berurusan dengan barang gadget atau elektronik, pastinya Charger merupakan…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Bagi kalian yang mungkin sedang mencari produk smart band murah,…
September 24, 2020 - 0

Review Huawei Freebuds 3i: Lebih Murah, Tapi Lebih Bagus

Selain produk smartphone, Huawei juga gencar meluncurkan produk gagdet lainnya.…
September 16, 2020 - 0

Hands-On Samsung Galaxy Watch3: Premium, Kaya Fitur

Pada hari Rabu (16/9), Samsung Indonesia baru saja memperkenalkan secara…