Mengenal Fitur Panggilan Suara Modern: VoLTE dan VoWiFi

Reading time:

Banyak sekali orang beranggapan bahwa 4G LTE itu hanya sekadar menawarkan Internet seluler dengan standar yang lebih baik, lebih kencang dari yang ada sebelumnya. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa 4G LTE sebenarnya banyak mengusung teknologi pendukung yang tidak hanya berfokus pada Internet saja, tetapi juga hal lain. Salah satu yang bisa dikatakan sangat menarik adalah VoLTE, suatu teknologi komunikasi suara (voice) baru yang menawarkan beberapa hal yang lebih baik.

VoLTE---01

VoLTE (Voice over LTE) sebenarnya lahir dari “keterbatasan” 4G LTE, di mana 4G LTE sebenarnya tidak mendukung mode komunikasi suara dan teks (SMS). Jadi, ketika komunikasi suara atau teks harus dilakukan, perangkat yang berjalan di 4G LTE mau tidak mau harus “menurunkan” stanndar ke 2G atau 3G. Sebagai langkah untuk mengatasi hal ini, lahirlah VoLTE.

Pengganti Voice Tradisional

Melihat namanya, Voice over LTE, banyak yang menduga bahwa VoLTE ini adalah komunikasi suara yang menggunakan jalur data, mirip fitur “voice call” yang ada di beberapa aplikasi instant messaging, seperti WhatsApp, LINE, dll. Namun, hal itu ternyata salah! VoLTE justru lebih dekat dengan sistem komunikasi suara tradisional. Operator seluler yang sudah memiliki jaringan 4G LTE bisa menambah fitur VoLTE ini ke jaringan mereka untuk menggantikan sistem komunikasi suara tradisional.

Di Indonesia, VoLTE ini sudah didukung oleh salah satu operator seluler, yaitu Smartfren. VoLTE memang dibutuhkan oleh Smartfren karena “latar belakang” mereka yang berbeda dengan operator seluler lain, di mana mereka berangkat dari CDMA, dan CDMA ini akan segera “dikosongkan”, tidak bisa digunakan lagi untuk mendukung komunikasi dalam bentuk apapun. Oleh karena itu, untuk mempertahankan tawaran komunikasi suara di jaringan mereka, sembari menawarkan panggilan suara yang lebih baik, Smartfren beralih ke VoLTE.

Syarat Utama: 4G LTE

VoLTE sendiri hadir sebagai perluasan dari 4G LTE, dan tentunya akan hadir “menumpang” ke 4G LTE. Oleh karena itu, dukungan untuk jaringan 4G LTE pastinya mutlak dibutuhkan untuk VoLTE ini. Tidak berbeda dari 4G LTE, dukungan untuk VoLTE ini tentunya juga datang dari satu komponen penting di sebuah telepon seluler: modem!

VoLTE---04

Seperti yang telah kami bahas di artikel sebelumnya, modem memang memegang peranan utama dalam menentukan apa saja kemampuan komunikasi dari suatu smartphone. Oleh karena itu, untuk membawa 4G dan VoLTE ke smartphone mereka, lini Andromax 4G, Smartfren menggunakan SoC yang sudah mendukung kedua hal tersebut, yaitu Snapdragon, dari Qualcomm. Modem Snapdragon X Series di SoC Qualcomm memang menawarkan dukungan untuk 4G LTE dan VoLTE di semua lini, bahkan dari kelas entry-level sekalipun, seperti Snapdragon 210 dan Snapdragon 410 yang digunakan Smartfren di smartphone mereka.

Lewat Jalur Khusus (IMS)

Walaupun merupakan perluasan dari 4G LTE, VoLTE tidak benar-benar menumpang ke jalur data 4G LTE, tetapi memanfaatkan jalur khusus yang disebut sebagai IP Multimedia Subsystem (IMS). Sesuai namanya, IMS mendukung sistem komunikasi multimedia tanpa melalui jalur data, termasuk untuk suara dan juga video. Menariknya, karena jalur berbeda dari jalur data, komunikasi melalui IMS tidak akan mengganggu komunikasi di jalur data, dan jalur data akan tetap bisa digunakan normal. Hanya saja, karena menggunakan jalur berbeda, agar IMS ini bisa digunakan di jaringan seluler, harus ada persyaratan tambahan yang harus dipenuhi, baik dari sisi operator maupun pengguna layanan.

Untuk sisi operator, tentunya IMS yang mendukung VoLTE harus ditambahkan ke jaringan, melengkapi sistem utama untuk 4G LTE. Sedangkan di pengguna layanan, kembali ke poin sebelumnya, smartphone yang digunakan haruslah memiliki kemampuan untuk memanfaatkan VoLTE, dari modem.

Lebih dari Sekadar Panggilan Suara

Sebagai sebuah pengganti panggilan suara tradisional, VoLTE ini tentu saja harus bisa menawarkan kelebihan bila dibandingkan pendahulunya. Beberapa kelebihan VoLTE dibandingkan panggilan suara tradisional adalah:

VoLTE---02
Panggilan video pun juga didukung VoLTE
  • VoLTE juga menawarkan HD Voice. Fitur ini memungkinkan kualitas suara yang lebih baik karena jalur yang digunakan sebagai pendukung panggilan suara menawarkan kapasitas lebih besar. HD Voice ini di SoC Qualcomm, yang digunakan oleh jajaran smartphone Andromax, menjadi bagian dari set fitur Next Generation Calling.
  • Kelebihan lain yang diusung oleh VoLTE adalah kemampuan untuk menyertakan video di panggilan suara. Ya, VoLTE yang menggunakan IP Multimedia Subsystem dari 4G LTE bisa memanfaatkan penuh fitur multimedia sehingga pengguna bisa beralih dengan sangat mudah dari suara ke video dan sebaliknya tanpa menutup panggilan terlebih dahulu. Hal ini tentu sangat menarik untuk memenuhi kebutuhan komunikasi masa kini.
  • Salah satu kelebihan lain adalah telepon tersambung lebih cepat dibandingkan panggilan suara tradisional. Panggilan suara VoLTE bisa terhubung hanya dalam 2 detik saja, dibandingkan minimal 5 detik di sistem panggilan suara tradisional.

VoLTE Bukan Pakai Aplikasi

Satu hal yang salah terkait VoLTE, dan sayangnya banyak dipercaya, adalah VoLTE disebut sebagai fitur yang bisa didapatkan dengan download aplikasi. Namun, bukan! Itu bukan VoLTE, tetapi hanya aplikasi rancu yang mendompleng nama “VoLTE” saja, dan tidak akan menghadirkan fitur VoLTE ke smartphone!

VoLTE---03

Seperti halnya 4G LTE, VoLTE adalah fitur “native” dari suatu smartphone. Bila smartphone memang tidak mendukungnya, maka fitur tersebut tidak bisa dinikmati. Jadi, karena merupakan fitur “native”, VoLTE ini tidak butuh aplikasi tambahan lagi, yang dibutuhkan hanya aplikasi telepon (native dialer) asli bawaan dari smartphone. Di smartphone yang sudah mendukung VoLTE yang digunakan di jaringan yang mendukung VoLTE, untuk menggunakan VoLTE, pengguna hanya cukup menelpon seperti biasa.

Pulsa Telepon atau Paket Data?

Hal lain yang mungkin membingungkan terkait VoLTE ini adalah apakah VoLTE menggunakan paket data atau tidak. Bila melihat namanya, kebingungan ini memang punya dasar, karena akan banyak yang menduga VoLTE menggunakan jalur data, sehingga menghabiskan paket data. Namun, hal itu ternyata tidak benar.

Hal ini sebenarnya bisa ditebak dengan mudah dari penjelasan sebelumnya. Pertama, VoLTE memang “menumpang” ke 4G LTE, tetapi menggunakan jalur tertsendiri, IMS. Selain itu, ya, VoLTE adalah pengganti sistem panggilan suara tradisional. Jadi, VoLTE tidak akan menghabiskan paket data, tetapi membutuhkan pulsa untuk telepon atau menghabiskan paket khusus untuk telepon yang disediakan operator.

Menikmati VoLTE

Sesuai penjelasan di atas, VoLTE sebenarnya adalah fitur “native” yang dihadirkan sebagai pengganti komunikasi suara tradisional, yang bisa mengatasi salah satu kekurangan dari 4G LTE, yaitu tidak mendukung komunikasi suara. Karena statusnya sebagai fitur “native”, beberapa hal tentu saja harus dipenuhi agar VoLTE ini bisa dinikmati. Lalu, bagaimana cara agar VoLTE ini bisa dinikmati? Ada beberapa syarat yang tentunya harus dipenuhi:

VoLTE---05
  • Pertama, tentu saja operator harus menawarkan jaringan 4G LTE dengan infrastruktur yang sudah mendukung VoLTE. Terkait hal ini, sudah dijelaskan bahwa di Indonesia VoLTE baru didukung oleh Smartfren saja. Jadi, untuk menikmati VoLTE, kita harus menggunakan operator seluler tersebut. Operator seluler lain di Indonesia memang sudah disebut mulai mencoba mengimplementasikan VoLTE, tetapi masih belum mengkomersialkan VoLTE setidaknya hingga saat artikel ini ditulis.
  • Kedua, kembali lagi smartphone, modem di dalamnya harus mendukung 4G LTE dan juga VoLTE. Tanpa dukungan 4G LTE dan VoLTE dari modem, sebuah smartphone tidak akan bisa merasakan VoLTE sama sekali. Untungnya, untuk smartphone dengan SoC Snapdragon yang telah mendukung 4G LTE, modem Snapdragon di dalam SoC-SoC besutan Qualcomm itu sudah memiliki dukungan VoLTE.
  • Ketiga, sistem operasi di smartphone pun sudah harus mengaktifkan dukungan untuk VoLTE. Dukungan ini bisa saja tidak hadir sejak awal, tetapi bisa sangat mudah ditambahkan melalui update bila modem di dalamnya sudah memiliki dukungan untuk VoLTE.

Untuk pengguna Smartfren yang menggunakan Andromax 4G, semua smartphone dari lini tersebut sudah dibekali dengan fitur VoLTE ini. Hal itu dimungkinkan karena Andromax 4G menggunakan SoC Snapdragon dari Qualcomm, yang mengusung modem 4G LTE yang mendukung VoLTE. Sementara untuk smartphone lain yang menggunakan SoC Snapdragon, banyak yang sudah dibekali produsen dengan fitur VoLTE untuk jaringan Smartfren.

VoLTE Antar Operator

Memang, saat ini, VoLTE baru didukung oleh satu operator di Indonesia. Namun, ke depan, seharusnya semua operator seluler di Indonesia akan mendukung fitur modern yang satu ini. Tentunya, bila hal itu terjadi, akan dibutuhkan regulasi yang mengatur komunikasi VoLTE antar operator, dan itu akan memungkinkan komunikasi suara yang lebih baik, dengan suara yang lebih jernih, yang juga bisa dikombinasikan dengan komunikasi video juga.

VoLTE---06

Hingga saat itu, pengguna Smartfren, termasuk juga pengguna smartphone besutan mereka, lini Andromax, bisa menikmati fitur modern itu terlebih dahulu. Sementara pemilik smartphone resmi yang menggunakan SoC atau modem Qualcomm tentunya akan siap menikmati VoLTE. Siap untuk VoLTE, berarti siap untuk coba merasakan komunikasi lebih canggih yang merupakan bagian dari 4G LTE ini.

Bagaimana untuk Saat Ini: VoLTE ke Non-VoLTE?

Saat ini, Smartfren menjadi satu-satunya operator seluler di Indonesia yang menawarkan VoLTE, dan hal ini berarti bila pengguna Smartfren menelpon ke pengguna operator lain, mereka harus menelpon ke Non-VoLTE. Apakah hal ini bisa dilakukan? Tentu saja bisa! VoLTE didesain untuk memiliki backward compatibility yang memungkinkan panggilan suara terhubung ke standar sebelumnya, melalui 2G atau 3G. Namun, tentu saja beberapa kelebihan VoLTE, seperti HD Voice dan video tidak bisa dinikmati.

VoWIFI: Perluasan Voice Call yang Tidak Kalah Menarik

Ada VoLTE, ada pula yang disebut sebagai VoWiFi. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan panggilan suara dialihkan melalui jalur WiFi, terlepas dari apakah WiFi itu disediakan oleh operator seluler atau bukan. Jadi, selama smartphone terhubung ke WiFi, panggilan suara bisa dialihkan melalui jalur WiFi tersebut.

VoLTE---08

WiFi Calling yang Lebih Baik: Rapatkan Jarak 4G LTE dengan WiFi

Sebelumnya, sudah ada fitur yang disebut sebagai WiFi Calling, yang terlihat menawarkan keunggulan serupa dengan VoWiFi ini. Namun, di WiFi Calling, tidak ada kesinambungan antara jaringan seluler dengan WiFi, dalam artian ketika panggilan suara sudah dilakukan, panggilan tidak bisa dipindahkan dari satu jalur ke jalur lain, pengguna harus terlebih dahulu menutup panggilan, kemudian membuat panggilan baru di jalur yang lain. Sementara untuk VoWiFi, karena didesain untuk “merapatkan jarak” antara 4G LTE dengan WiFi, hal itu bisa didapatkan.

Mirip dengan VoLTE, teknologi ini tentu membutuhkan dukungan sub-sistem tambahan dari sisi operator seluler. Ya, sub-sistem itu adalah IP Multimedia Subsystem (IMS), sama dengan yang digunakan untuk VoLTE di jaringan 4G LTE.  Sementara dari sisi perangkat mobile yang digunakan, modem, komponen paling penting di perangkat seluler, juga harus telah mendukung fitur ini. Menariknya, Smartfren sudah melakukan uji coba untuk fitur ini di jaringan mereka.

Andromax B & Andromax L: Siap untuk VoLTE dan VoWiFi

Smartfren juga menawarkan perangkat Andromax yang sudah mendukung dua fitur panggilan suara modern ini, VoWiFi dan VoLTE, seperti di Andromax B dan Andromax L. Hal yang memungkinkan Andromax B dan Andromax L mendukung VoLTE dan VoWiFi ini tentu saja adalah modem di dalamnya. Kedua smartphone Andromax tersebut menggunakan SoC Qualcomm, yaitu Snapdragon 210 untuk Andromax B dan Snapdragon 212 untuk Andromax L. Walaupun merupakan SoC kelas entry-level, Snapdragon 210 dan Snapdragon 212 sudah dilengkapi dengan modem Snapdragon X5 LTE yang menawarkan dukungan untuk komunikasi masa kini yang canggih, termasuk VoLTE dan VoWiFi.

Andromax-4G
Andromax B (kiri) dan Andromax L (kanan)

Andromax B merupakan smartphone dengan layar 4.5″ yang diposisikan sebagai smartphone Andromax 4G termurah, dengan RAM 1 GB dan storage 8 GB, yang dijual di harga sekitar Rp 750 ribu saja. Sementara Andormax L menawarkan layar 5″ dengan RAM 2 GB dan storage 16 GB, serta dijual di harga sekitar Rp 1.2 juta. Tentu saja, bila di smartphone dengan harga yang terbilang murah seperti ini teknologi komunikasi modern seperti itu sudah bisa ditemukan, smartphone di kelas yang lebih tinggi dengan SoC Snapdragon yang lebih tinggi pun juga bisa merasakan hal tersebut, dengan fitur yang makin canggih lagi!

Load Comments

Reviews

March 18, 2024 - 0

Review Tecno Spark 20 Pro+: Tipis, Ringan, AMOLED 120 Hz, dan tetap Kencang

Yang satu ini mungkin akan jadi smartphone dengan desain paling…
March 14, 2024 - 0

Review HUAWEI MatePad 11.5 PaperMatte Edition: Tablet HUAWEI Layar Unik dan Aksesoris Lengkap

Huawei Matepad 11.5 PaperMatte Edition, ini adalah varian dari Matepad…
March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…
June 7, 2022 - 0

Review Huawei Watch Fit 2: Smartwatch Segudang Fitur, Baterai Super Awet!

Cari smartwatch terkini yang canggih, fitur berlimpah, tapi maunya bisa…
October 29, 2021 - 0

Review HUAWEI Watch GT3 dengan HarmonyOS: Smartwatch Sejati, Mewah dan Irit Baterai

Sudah hadir di dalam lab pengujian Jagat Gadget, adalah smartwatch…