Review Advan G1 Pro: Performa dan Fitur Meningkat, Harga Lebih Murah

Author
Irham
Reading time:
August 15, 2017

Advan G1 yang digadang-gadang bakal jadi hero produk Advan saat diluncurkan di awal tahun, tampaknya masih berada di luar ekpektasi. Pasalnya harga yang ditawarkan masih terbilang terlalu tinggi untuk keseluruhan hal yang menunjang dari produk itu sendiri. Di bundling dengan headset mewah? Sepertinya masih belum mampu menjadikannya barang yang banyak direkomendasikan orang seperti produk terjangkau lain dari Tiongkok.

Kali ini Advan membawa upgrade dari Advan G1, yaitu dengan menghadirkan Advan G1 Pro. Advan G1 Pro tampaknya menjadi jauh lebih menarik dari Advan G1, karena perangkat ini membawa peningkatan dari segi spek dan juga penambahan fitur. Bersama dengan OS baru IDOS 6.1.2, Advan G1 Pro diklaim akan jauh lebih nyaman dengan pengalaman baru bagi pengguna.

Bukan itu saja, perangkat ini dipasarkan dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Jika sebelumnya Advan G1 dibanderol dengan harga awal Rp 2.3 juta, Kini Advan G1 Pro ditawarkan sebagai produk kelas harga 1 jutaan.

Sejauh apa peningkatan  yang dibawa di Advan G1 Pro? Apakah produk ini benar-benar lebih menarik dari pada versi sebelumnya? simak reviewnya berikut ini. Psst… reviewer kali ini cukup takjub dengan peningkatan yang dibawa oleh Advan G1 Pro.

Desain

Advan-G1-Pro-7
Advan G1 Pro (Kanan) & Advan G1 (Kiri)

Desain dari Advan G1 Pro juga menjadi salah satu aspek yang diubah dari generasi sebelumnya. Masih sama-sama mengusung layar 5 inci dengan desain metal unibody, kali ini Advan G1 Pro lebih banyak menghadirkan unsur ’kotak.’ Seperti yang terlihat pada bentuk modul kamera dan juga fingerprint.

Advan-G1-Pro-8

Selain itu yang paling mencolok adalah pada ‘punggung’ perangkat, lebih memiliki tekstur ketimbang generasi sebelumnya yang tampil finishing sangat licin. Bahkan saat pertama kali menggenggam produk Advan G1, kami sempat menjatuhkannya saking licinnya. Berbeda dengan Advan G1 Pro yang lebih kokoh dalam genggaman, karena gripnya menjadi lebih baik berkat tekstur kasar tersebut.

Advan-G1-Pro-9

Ditambah, Advan melengkapi produk Advan G1 maupun G1 Pro dengan casing silicon tambahan dengan warna transparan, untuk menambah  keamanan perangkat tanpa mengurangi estetika dari desain produk itu sendiri. Oh iya, berbeda dengan produk sebelumnya untuk Advan G1 Pro telah dipasangi  dengan pelindung layar tambahan secara langsung, sehingga pengguna tidak perlu repot memasangnya sendiri yang malah seringnya gagal saat dipasang.

Selebihnya tidak banyak yang berubah dari desain Advan G1 Pro. Penempatan tombol fisik, dengan tombol power dan juga volume berada di sisi bagian kanan, lubang jack 3,5mm di bagian atas serta slot microUSB di bagian bawah.

Advan-G1-Pro-3 Advan-G1-Pro Advan-G1-Pro-2 Advan-G1-Pro-4

Spesifikasi

Spesifikasi dari Advan G1 Pro sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Advan G1. Smartphone ini tetap menggunakan layar IPS berukuran 5 inci dengan resolusi HD,  dan RAM berkapasitas 3GB. Yang membuat Advan G1 Pro berbeda hanyalah internal storage yang digunakan, kini hadir dengan ukuran yang lebih besar yaitu 32GB. Dan juga SoC yang digunakan yaitu MediaTek MT6735, kali ini hadir dengan clock speed lebih tinggi yaitu 1.3 GHz.

CPU-Z

Adapun untuk fitur kamera, Advan G1 Pro kembali menggunakan sensor kamera Samsung CMOS dengan lensa largan, beresolusi 13 MP untuk kamera utama, dan 8MP untuk kamera depan atau kamera selfie. Baik kamera utama maupun kamera depan sama-sama dilengkapi dengan lampu LED flash. Uniknya, pada lampu LED flash di bagian depan, memiliki fungsi ganda sebagai lampu notifikasi.

Advan-G1-Pro-10 Advan-G1-Pro-5

Kelengkapaan sensor juga sama seperti sebelumnya, ada acceleration, proximity, ambience light, compass, serta Gyroscope. Lagi, Advan G1 Pro juga punya speaker yang cukup berkelas. Menggunakan teknologi acoustic titanium, smartphone ini mampu menghasilkan suara yang terdengar kencang dan jernih. Di seri Advan G1, Advan memang juga sengaja menonjolkan sisi audio mereka. Seolah tidak ingin dicap jelek hanya karena suara speaker yang buruk, lantas produk sering disebut sebagai hape cina murah seperti sebelum-sebelumnya.

Perubahan menonjol lainnya dari Advan G1 Pro adalah paket penjualan. Kali ini Advan G1 Pro tidak lagi tersedia bersama dengan headset ekslusif tipe sport yang harganya sendiri hampir sepermpat harga produk. Di Advan G1 Pro hanya tersedia satu unit headset standar dengan model earplug yang tersedia di dalam box yang sama. Selain itu tersedia aksesoris charger, kabel USB, buku panduan dan kartu garansi.

Advan-G1-Pro-6
Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…