Review Smartphone Android: Moto Z2 Play

Author
Friska
Reading time:
October 3, 2017

Kamera

Dari segi kamera, Moto Z2 Play tentunya mendapatkan peningkatan yang cukup signifikan. Alih-alih menggunakan resolusi besar seperti pendahulunya, Moto Z2 Play kini menggunakan resolusi kamera lebih kecil di 12 megapixel dengan bukaan f/1.7 dan fitur PDAF. Dengan perubahan yang didapatkan pada perangkat ini, hasil foto yang didapatkan terlihat meningkat cukup baik jika dibandingkan dengan hasil tangkapan kamera dari Moto Z Play sebelumnya. Jika mengambil foto di tempat yang memiliki pencahayaan baik, hasil foto terlihat cerah dan memiliki detil serta warna yang cukup baik. Mengambil foto makro juga dapat dilakukan dengan lebih menarik berkat autofocus yang kini lebih meningkat signifikan untuk bisa mengambil fokus lebih baik dan lebih cepat.

Hanya saja harus diakui bahwa tingkat noise yang dihasilkan juga masih terlihat tinggi terutama jika mengambil foto di tempat dengan pencahayaan yang kurang terang. Detil yang diberikan di setiap foto juga masih belum terlihat baik karenanya. Salah satu yang menjadi kekurangan kamera Moto Z2 Play ini sendiri adalah absennya fitur OIS (optical image stabilizer) yang membuat hasil foto untuk obyek bergerak menjadi blur, atau ketika penggunanya tidak bisa mengambil foto dengan menggenggam smartphone dengan tangan yang stabil.

Untuk hasil foto yang lebih baik untuk pengguna yang lebih mengerti soal kamera, bisa mencoba mengutak-atik konfigurasi kamera dengan mode “Professional” yang menawarkan beragam setting kamera untuk hasil yang tentunya bisa lebih maksimal dan sesuai dengan keinginan. Dan tentunya sebagai tambahan yang jauh lebih baik lagi, Moto Z2 Play sebagai salah satu keluarga dari perangkat Moto yang merupakan lini produk smartphone modular, pengguna juga bisa menambahkan Moto Mods “Hasselblad True Zoom” yang memiliki 10x optical zoom. Sekedar informasi bahwa semua Moto Mods yang sudah hadir lebih dulu di pasaran juga masih bisa dipasangkan untuk Moto Z2 Play, sehingga pengguna tak perlu mencari Mods model baru untuk bisa dipasang di perangkat ini.

Kamera selfie di resolusi 5 megapixel ini juga tidak jauh berbeda dengan kualitas foto yang dihasilkan di Moto Z Play. Foto masih bisa memberikan detil warna, cahaya, dan lain sebagainya ketika digunakan di pencahayaan yang terang, namun terlihat masih kurang maksimal ketika digunakan di kondisi pencahayaan lebih gelap, apalagi jika mengandalkan autofocus kamera depan. Dalam kondisi backlight, kamera depan sayangnya masih belum bisa maksimal untuk bisa mengambil foto maupun fokus yang lebih baik untuk membuat wajah terlihat lebih cerah, walau hal tersebut bisa diatur dengan menggeser exposure atau menyalakan LED flash. Walau begitu, hasil foto Moto Z2 Play ini bisa dibilang lebih baik dibandingkan pendahulunya, dan untuk sekadar diunggah ke media sosial pun sudah terbilang lebih dari cukup.

Baterai

Pengujian yang kami lakukan kali ini menggunakan tes browsing dan tes loop video. PCMark sendiri merupakan benchmark yang akan kami segera tinggalkan dalam waktu dekat dan tidak akan digunakan kembali untuk pengujian-pengujian berikutnya. Hal ini dikarenakan adanya beberapa jenis tipe smartphone yang kerap gagal ketika tengah menguji coba dengan PCMark.

Oleh karena itu, kami menggunakan protokol pengujian baru kami: tes browsing. Kami melakukan setup server secara lokal untuk melakukan pengujian browsing pada beberapa smartphone yang digunakan sebagai perbandingan. Smartphone melakukan browsing dengan pergantian halaman setiap 10 detik nonstop. Sama seperti pengujian looping video, perangkat diatur dengan menggunakan Airplane mode, Wi-Fi aktif, serta kecerahan layar non-otomatis dengan slider di tengah. Hasilnya, tanpa menggunakan Moto Mods Incipio Battery Pack, Moto Z2 Play dapat bertahan selama 13 jam 21 menit. Sementara ketika menggunakan Incipio, perangkat dapat bertahan hingga 20 jam 19 menit.

tanpa Incipio Battery Pack
tanpa Incipio Battery Pack

Untuk tes selanjutnya, kami mencoba untuk menghabiskan baterai (dengan dan tanpa Incipio) dengan memutar video kualitas 720p secara berulang (looping) menggunakan aplikasi MXPlayer. Hasilnya, tapa Incipio Battery Pack, Moto Z2 Play bisa bertahan hingga 15 jam 6 menit.

charging time

Dan dalam tes pengisian ulang baterai, Moto Z2 Play ini dapat diisi ulang hingga penuh kembali dalam waktu 1 jam 43 menit, berkat teknologi Turbo Charge yang dibenamkan dalam perangkat ini untuk mendukung pengisian ulang daya yang lebih cepat.

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Pengoperasian Nah untuk pengoperasian, biasanya pengguna akan mulai dengan mengoperasikan…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Spesifikasi SoC: Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3 Ya, smartphone ini…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Spesifikasi Internal Snapdragon 8 Gen 3 (4 nm TSMC) RAM…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Spesifikasi SoC: MediaTek Helio G99 Ultimate Untuk yang bertanya-tanya, ini…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Kesimpulan Secara keseluruhan, Nothing CMF Buds Pro memberikan pengalaman audio…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Pengalaman Penggunaan Razer Kishi V2 membutuhkan aplikasi tambahan yang disebut…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Pengujian Wireless Charging Kita tes powerbank ini dengan iPhone 13…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…