Review Moto G5s Plus: Paling Kompleks di Kelas Menengah!

Author
Irham
Reading time:
November 25, 2017

Kamera belakang  telah menjadi fitur wajib apalagi untuk smartphone menengah keatas. Berbagai brand berlomba-lomba menghadirkan smartphone dengan dual kamera, mulai dari setup dual kamera normal, RGB-Monochrome, dan Wide-Tele. Hal tersebut juga dihadirkan oleh Motorola di smartphone anyar mereka yaitu Moto G5S Plus.

Adapun Moto G5S Plus hadir dengan setup dual kamera wide normal, yang mengunggulkan fitur bokeh sebagai keunggulan pada kameranya. Tapi tentu bukan itu saja keunggulan dari Moto G5S Plus, yang nanti akan kami bahas dalam pembahasan lengkapnya berikut ini.

Desain

Dari segi desain tentu Moto G5S Plus terbilang sebagai salah satu smartphone yang unik dan memiliki ciri khas. Desain dari produk yang satu ini terlihat premium dan tidak meniru-niru desain smartphone lain. Motorola memang selalu konsisten menghadirkan desain yang orisinil di semua lini produknya bahkan hingga kelas entry level mereka.

Moto G5s Plus 09

Tampak dari depan, perangkat ini memiliki panel layar berlapis kaca pelindung corning gorilla glass 3 dengan kontur 2,5D. Varian yang kami terima pada pengujian kali ini berwarna Lunar Grey, yang membuatnya tampak mirip seperti produk entry level mereka yaitu Moto E4. Begitu pula dengan penempatan fingerprint di bagian depan. Tidak ada yang terkesan begitu spesial.

Moto G5s Plus 02

Kesan premium nan kokoh justru lebih ditonjolkan dari samping dan sisi belakang. Terlihat Moto G5S Plus memiliki rangka berbahan metal yang kokoh sementara body bagian belakang terbuat dari bahan aluminium dengan finishing glossy. Di bagian sudut juga dipoles dengan sempurna hingga membuatnya nyaman saat pengguna menyentuhnya dengan ruas-ruas jari mereka.

Moto G5s Plus 11

Modul kamera bagian belakang memiliki posisi ditengah, dengan area lingkaran yang didalamnya terdapat dua buah sensor kamera dan juga lampu LED Flash. Sayangnya modul kamera tampak menonjol membuatnya kurang nyaman terihat meskipun kaca pelindung yang menutupinya cukup membuat aman dari goresan. Terdapat logo “M” dibagian bawah kamera

Moto G5s Plus 12

Tentu saja dengan desain metal unibody, Moto G5S Plus membutuhkan sedikit celah untuk penerimaan sinyal selular. Terdapat dua strip antena yang diletakan dibagian atas dan bawah, dipasang pada bagian belakang tapi membuatnya terkesan agak kuno walaupun tidak terlalu mempengaruhi estetika yang dimilikinya. Secara built quality, Moto G5S Plus telah membuatnya cukup istimewa. Hanya saja secara ergonomi, bodynya yang licin membuat pengguna disarankan untuk membeli aksesoris casing untuk memberikan proteksi tambahan.

Moto G5s Plus 05

 

Fingerprint sekaligus tombol home yang berada dibagian depan memiliki fungsi yang bisa dibilang telah menjadi ciri khas Motorola, yaitu One Button Navigation. Sama seperti yang ada pada produk yang kami review sebelumnya yaitu Moto Z2 Play dan Moto E4, One Button Navigation memungkinkan pengguna untuk mengoperasikan ponsel hanya dengan gesture sentuhan pada fingerprint. Yaitu slide kiri untuk menu back, slide kanan untuk menu recent, dan tengah untuk home.

Moto G5s Plus 08 Moto G5s Plus 07

Sementara untuk tombol fisik, tombol home dan volume terletak berada di sisi sebelah kanan, slot MicroUSB di sebelah bawah bersama dengan grill speaker, serta lubang jack 3,5 mm di bagian atas. Ya, Moto G5S Plus masih menggunakan konektivitas MicroUSB untuk keperluan koneksi data dan juga charging, belum menggunakan USB Type C. Sedangkan slot SIM card terdapat disisi bagian kiri, terpasang hybrid dengan Slot MicroSD.

Moto G5s Plus 06 Moto G5s Plus 04

Spesifikasi

Dari segi spesifikasi, Moto G5S Plus telah sangat memadai untuk kategori smartphone di range harga 3 juta. Smartphone ini memiliki layar 5,5 inci dengan resolusi Full HD, SoC Snapdargon 625 (Octa-Core Cortex A53 2.0 GHz + GPU Adreno 506), RAM 4GB serta internal storage 32 GB. Hanya internal storage saja yang kami rasa masih agak kurang besar, dibanding pesaingnya di harga yang sama telah menghadirkan internal storage 64GB.

CPU Z

Untuk kamera, Moto G5S Plus dibekali dengan kamera utama beresolusi 13MP dengan kamera sekunder yang juga beresolusi 13 MP, Keduanya memiliki bukaan F/2.0 dengan sistem autofokus PDAF serta dilengkapi dengan LED flash Dual-Tone dan memiliki kemampuan perekaman video hingga kualitas 4K dan juga fitur EIS. Sedangkan kamera depan memiliki resolusi 8MP yang juga dilengkap dengan lampu LED Flash.

Moto G5s Plus 10 Moto G5s Plus 03

Dari segi kelengkapan sensor, Moto G5S Plus dilengkapi dengan sensor seperti proximity, ambience light, Acceleration, dan Gyroscope. Sayangnya perangkat ini tidak dibekali dengan magnetic dan compass sehingga pengguna tidak dapat menentukan arah posisi saat ingin menggunakan pemetaan lokasi seperti GPS.

Untuk konektivitas, Moto G5S Plus memiliki dukungan 4GLTE dengan dual SIM card yang tersedia dengan type nano dan micro, selain itu juga dilengkapi dengan Bluetooth 4.2, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n serta NFC. Tersedianya NFC tentu menjadi keunggulan tersendiri bagi Moto G5S Plus karena NFC kian penting untuk digunakan saat ini, seiring dengan digiatkannya transaksi cashless.

Moto G5S Plus berjalan dengan menggunakan sistem operasi Android Nougat 7.1 dengan UI basic Android dan penambahan fitur milik Moto, yang nantinya juga akan segera tersedia update Android Oreo 8.0. Adapun kapasitas baterai yang tersedia yaitu 3000mAh, dibekali dengan sistem pengisian turbo charging.

Paket penjualan dari Moto G5S Plus terbilang lengkap diantaranya terdapat Adaptor charger, kabel USB, buku panduan, serta headset.

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…