Review Smartphone Android: Vivo V7

Author
Friska
Reading time:
December 23, 2017

Kamera

Membandingkan dengan uji kamera Vivo V7, bisa dibilang bahwa hampir tidak ada perbedaan yang sangat signifikan, berhubung sensor dan resolusi kamera depan maupun belakang yang digunakan tetap sama. Namun demikian, ada beberapa peningkatan kualitas dan algoritma yang diberikan untuk kamera pada Vivo V7 ini, sehingga hasil dan kualitas foto yang ditangkap mungkin akan sedikit berbeda dan lebih baik karenanya.

Untuk kamera selfie yang dijagokan dengan menggunakan sensor beresolusi 24 MP, hasil foto yang ditangkap bisa dibilang cukup memuaskan dan menarik. Dengan respon kamera yang juga cukup cepat, terutama ketika mengambil foto di kondisi pencahayaan lebih gelap, kamera selfie tetap bisa mengambil foto dengan baik tanpa harus menunggu terlalu lama ketika menekan shutter button-nya. Untuk mereka yang kesulitan menggunakan shutter button para layar, bisa menggunakan opsi melakukan trigger kamera selfie dengan sensor Fingerprint yang terletak di bodi belakang, atau menggunakan fitur lain seperti Palm gesture atau Voice untuk men-trigger foto selfie.

Kamera selfie ini sendiri juga mengusung fitur bokeh, sama seperti yang ada pada Vivo V7+ sebelumnya. Hasil bokeh yang ditampilkan menggunakan Vivo V7 ini memang cenderung lebih “soft” dan tidak sangat kuat, sehingga hasil bokeh bisa terlihat lebih natural dan tidak berlebihan. Dengan mode bokeh atau tidak, pengguna bisa tetap mengaktifkan mode Face Beauty untuk bisa menghaluskan wajah sedemikian rupa. Sayangnya, efek bokeh ini tetap tidak bisa diatur kekuatannya, baik sebelum maupun sesudah pemotretan.

Yang cukup unik, kamera selfie ini juga memiliki fungsi lain yakni sebagai alternatif pembuka kunci layar smartphone yang diberi nama FaceAccess. Dengan fitur ini, penggunanya bisa merekam wajah mereka untuk kemudian smartphone bisa langsung membuka kunci ketika mendeteksi wajah yang telah direkam tersebut.

Sementara untuk kamera utama atau belakang yang memiliki resolusi 16 MP, walau memang tidak menjadi kamera unggulan untuk Vivo V7, tetapi kami melihat masih ada potensi yang cukup baik. Hasil tangkap yang diambil menggunakan kamera utama Vivo V7 sendiri juga terbilang memuaskan, terutama dalam kondisi pencahayaan terang. Harus diakui bahwa hasil tangkap di dalam kondisi pencahayaan lebih gelap masih belum bisa dibilang sangat baik, mengingat terdapat tingkat noise reduction yang cenderung kuat, sehingga detil foto yang diambil pun menjadi berkurang karenanya.

Mode dari kamera utama Vivo V7 ini juga cukup beragam, termasuk di antaranya terdapat mode manual atau Professional dengan fitur yang cukup lengkap, juga didukung dengan pengambilan gambar yang cukup cepat. Fokus obyek ketika hendak mengambil foto makro juga terbilang baik dan cepat. Hanya saja terkadang kamera masih kesulitan untuk mengambil fokus baik secara otomatis maupun ketika diarahkan manual.

Baterai

Jika Anda mengikuti beberapa review gadget kami belakangan ini, pastinya mengetahui bahwa kami memiliki standar baru dalam melakukan pengetesan baterai. Benar sekali, alih-alih bergantung kepada aplikasi benchmark PCMark Work Battery Test, kini kami menggunakan tes browsing dan tes loop video. PCMark sendiri merupakan benchmark yang akan kami segera tinggalkan dalam waktu dekat dan tidak akan digunakan kembali untuk pengujian-pengujian berikutnya. Hal ini dikarenakan adanya beberapa jenis tipe smartphone yang kerap gagal ketika tengah menguji coba dengan PCMark.

tabel browsing test

Protokol pengujian baru kami: tes browsing, dilakukan dengan membangun setup server secara lokal untuk melakukan pengujian browsing pada beberapa smartphone yang digunakan sebagai perbandingan. Smartphone melakukan browsing dengan pergantian halaman setiap 10 detik nonstop. Sama seperti pengujian looping video, perangkat diatur dengan menggunakan Airplane mode, Wi-Fi aktif, serta kecerahan layar non-otomatis dengan slider di tengah. Dalam hasil tes kali ini, Vivo V7 dapat bertahan selama 7 jam 17 menit.

tes video

Untuk pengujian berikutnya, kami masih menggunakan pengujian berupa mengukur berapa lama smartphone bisa bertahan ketika memutar video kualitas 720p dalam kondisi berulang (looping) menggunakan aplikasi MXPlayer hingga baterai kosong. Hasilnya, Vivo V7 dapat bertahan hingga 13 jam 49 menit.

test charging

Baterai yang dimiliki oleh Vivo V7 tak sebesar dibandingkan dengan seri sebelumnya, dengan sayangnya tidak dilengkapi dengan kemampuan Fast Charging atau sejenis untuk bisa mengisi ulang daya lebih cepat. Sehingga dari hasil mengukur lamanya pengisian ulang baterai, Vivo V7 membutuhkan 2 jam 9 menit untuk bisa terisi ulang penuh kembali.

Load Comments

Reviews

April 24, 2024 - 0

Review Xiaomi Smart Band 8 Pro: Ini Sih Smartwatch, Bukan Smartband!

Ini adalah Xiaomi Smart Band 8 Pro, smartband dari Xiaomi…
April 19, 2024 - 0

Review Huawei Band 9: Smartband Rasa Smartwatch dan Nyaman

Pairing Mari kita bahas cara pairing-nya. Ini dicoba dengan Android…
April 9, 2024 - 0

Review Samsung Galaxy A35 5G: Tampilan Premium, Fitur di-Upgrade

Spesifikasi SoC: EXYNOS 1380 SoC ini sebelumnya digunakan oleh Samsung…
April 6, 2024 - 0

Review Suunto Race untuk Olahraga dan Pengguna Awam

Spesifikasi Suunto Race Jam ini ukuran diameter case-nya adalah 49mm.…

Accessories

April 23, 2024 - 0

Dua Speaker Bluetooth Tahan Air Xiaomi Terindikasi Akan Masuk Indonesia

Beberapa waktu lalu Xiaomi memperkenalkan dua speaker Bluetooth untuk keperluan…
December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Kesimpulan Secara keseluruhan, Nothing CMF Buds Pro memberikan pengalaman audio…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Pengalaman Penggunaan Razer Kishi V2 membutuhkan aplikasi tambahan yang disebut…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…