Review Galaxy S9+: Pengalaman Kamera Smartphone Naik Kelas Lagi

Author
Irham
Reading time:
April 20, 2018

Selalu ada perasaan,”rasanya terlalu cepat” bagi brand yang satu ini untuk meluncurkan produk flagship terbaru mereka. Karena Samsung memang memiliki dua varian flagship yaitu seri Galaxy S dan Galaxy Note yang diluncurkan di awal dan pertengahan tahun. Tapi bagi samsung, dua seri tersebut memang ditujukan untuk segmen pengguna yang berbeda. Dan setelah cukup memukau kami dengan produk Galaxy S8 dan disusul Galaxy Note 8 beberapa bulan lalu, kini Samsung kembali meluncurkan flagship seri Galaxy S9 seolah tak memberi jeda bagi kita untuk menikmati fitur-fitur di smartphone seri sebelumnya.

Kecanggihan yang dibawa oleh Samsung di produk Galaxy S9/S9+ kembali berfokus pada fitur kamera. Dengan tagline camera reimagined, Samsung membawa fitur kamera yang diklaim akan mengubah pengalaman pengguna dalam aktivitas fotografi maupun videografi menggunakan kamera smartphone. Produk yang telah sempat kami uji berikut ini adalah Galaxy S9+, dan tentu anda penasaran seperti apa kecanggihan smartphone tersebut. Mari kita sama-sama simak ulasannya.

Desain11. Samsung Galaxy S9

Galaxy S9+ memiliki desain yang sebenarnya masih kurang lebih sama dengan generasi sebelumnya yaitu Galaxy S8 maupun S8+. Pada dasarnya seri Galaxy S9 yang menurun dari predecessornya ini memang tidak perlu banyak menghadirkan. Sudah bagus sejak seri sebelumnya, namun perubahan yang ditambahkan kini pada fingerprint dibagian belakang menjadikan seri Galaxy S9 lebih ergonomis untuk pengguna.

1. Samsung Galaxy S9

Varian yang kami uji yaitu warna Galaxy S9+ dengan warna Blue Coral, warna yang cukup menarik dari dua pilihan warna lain yang tersedia yaitu Midnight Black dan Lilac Purple. Dan tentunya perangkat ini dilengkapi dengan Infinity Display dengan rasio 18,5:9.

Galaxy S9+ yang kami uji memiliki ukuran presisi 158.1 x 73.8 x 8.5 mm dengan material frame berbahan metal serta body berlapis kaca Gorilla Glass 5. Frame kini tampak lebih tipis, meski tidak terlalu signifikan. Galaxy S8+ menggunakan frame dengan ketebalan 3,4 mm sedangkan di Galaxy S9+ sudah memiliki ketebalan 3 mm.Selain itu bezel disemua sisi juga semakin tipis, sehingga screen to body ratio juga meningkat.

2. Samsung Galaxy S9

Permukaan bagian belakang kini terasa lebih kesat, sama seperti Galaxy S8+ yang pernah kami uji sebelumnya. Tidak terlalu licin ditangan sehingga tidak terlalu beresiko jatuh saat digenggam.

Posisi fingerprint terpasang vertical di bagian belakang dengan dua modul kamera diatasnya. Ya, untuk Galaxy S9+ kini sudah memiliki dua sensor kamera di bagian belakang. Sementara untuk lampu LED Flash dual-tone dan heartbeat sensor tetap berada di sisi kanan modul kamera.

Beralih ke tombol, di bagian kanan terdapat tombol power/lock screen sedangkan di sebelah kiri terdapat tombol volume dan Bixby. Slot USB Type C dan Jack 3,5 mm terletak di bagian bawah dan juga terdapat pula grill speaker.

9. Samsung Galaxy S9 10. Samsung Galaxy S9

Oh iya, kini di seri Galaxy S9/S9+ sudah memiliki speker setero yang tak hanya terletak di bagian bawah, tapi juga dibagian atas yang berada di bagian tengah. Berbeda dengan speaker yang biasanya digunakan hanya untuk panggilan telepon, kini tersedia speaker yang cukup besar untuk mengimbangi suara speaker di bagian bawah. Sehingga saat digunakan untuk memutar video maupun bermain game dalam keadaan landscape, pengguna bisa menikmati suara stereo yang terasa megah.

3. Samsung Galaxy S9 4. Samsung Galaxy S9

Sementara untuk di sisi bagian atas terdapat slot Dual SIMCard yang sayangnya masih tersedia secara hybrid dengan slot MicroSD. Strip antena juga ada di sisi bagian atas dan bawah. Dan tentunya Galaxy S9+ ini sudah memiliki sertifikasi IP68 untuk ketahanan debu dan air.

Spesifikasi

Galaxy S9+ memiliki display dengan panel SuperAMOLED 18,5:9 dengan resolusi maksimal WQHD + (1440 x 2960p). Pengguna bisa mengatur resolusi layar dengan pilihan HD+, Full HD+ dan WQHD+ melalui menu pengaturan display.

14. Samsung Galaxy S9

Exynos 9810 menjadi dapur pacu utama dari Galaxy S9+. SoC ini memiliki delapan buah inti prosesor (4Core 2.7 GHz Mongoose M3 + 4Core1.8 GHz Cortex-A55 & GPU Mali G72 MP18). Varian yang kami uji memiliki RAM sebesar 6GB dan internal storage sebesar 64 GB.

CPU Z

Yang menjadi keunggulan utama lainya dari Galaxy S9+ tentunya ada pada dual sensor dan dual aperture yang tersedia di kamera utamanya. Untuk sensor utama dengan 12MP memiliki dua aperture yang bisa diatur secara manual maupun otomatis.dan aperture ini benar-benar terpasang dalam bentuk fisik optic pada lensa. Aperture F/1.5 dan F/2.4 memungkinkan pengguna mengambil gambar lebih maksimal. Sedangkan pada kamera sekunder, juga dengan sensor 12MP memiliki bukaan F/1.7. Galaxy S9+ memiliki OIS yang dapat menstabilkan gambar saat mengambil foto maupun video.

5. Samsung Galaxy S9

Konektivitas yang dimilikinya yaitu LTE-CAT 18 up to 6CA, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac (2.4/5GHz), VHT80 MU-MIMO, 1024QAM, ANT+, location (GPS, Galileo, Glonass, BeiDou) serta koneksi jarak pendek yaitu Bluetooth 5.0 (LE up to 2Mbps) dan NFC. Untuk konektivitas kabel, perangkat ini telah dibekali dengan USB Type-C (v3.1).

Sementara untuk sensor tentunya sangat lengkap mulai dari, Iris sensor, Pressure sensor, Accelerometer, Barometer, Fingerprint  sensor, Gyro sensor, Geomagnetic sensor, Hall sensor, HR sensor,Proximity sensor, dan RGB light sensor.

Paket penjualan lengkap, selain tentunya adaptor charger, kabel USB Type C, adapter micro USB dan Samsung juga kembali menghadirkan earphone AKG sebagai aksesoris. Namun, untuk aksesoris cover tambahan, Samsung hanya menyediakan jelly case. Agak kurang menarik ketimbang hardcase transparant yang ada di seri Galaxy S8 atau full cover transparant yang tersedia di seri Galaxy Note FE.

8. Samsung Galaxy S9
Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…