Hands-On Galaxy Watch: Baterai Lebih Awet, Fitur Makin Lengkap

Author
Irham
Reading time:
October 4, 2018

Dalam event workshop yang digelar oleh Samsung di Pulau Bintan, Kep. Riau, kami berkesempatan untuk melakukan hands-on untuk smartwatch terbaru dari Samsung yaitu Galaxy Watch. Galaxy Watch merupakan penerus dari smartwatch Samsung sebelumnya yaitu Samsung Gear S series.

Sama seperti dua seri pendahulunya yaitu Gear S2 dan Gear S3, Galaxy Watch masih menggunakan OS Tizen. Galaxy Watch ini diklaim memiliki beberapa peningkatan, baik dari pengalaman penggunaan dan juga fitur yang ada. Namun sebelum membahas peningkatan yang ada pada Galaxy Watch terlebih dulu kami ingin membahas perangkat dari sisi desain.

Sama seperti pendahulunya, Galaxy Watch kembali mengusung desain jam tangan dengan bentuk “round” yang terlihat kasual. Terdapat dua ukuran diameter jam tangan yaitu 42mm dan 46mm. Untuk varian yang kami uji yaitu dengan diameter 46mm, menggunakan strap dengan material silicon dengan wana hitam. Crown smartwatch terlihat elegan dan gagah, berpadu dengan warna hitam strap. Pada bagian crown juga terdapat control memutar yang dapat  juga digunakan untuk navigasi.

Kepala pengait menggunakan desain standar seperti tali jam pada umumnya, yang membuatnya juga terlihat seperti jam tangan konvensional. Terdapat beragam model dan warna pilihan strap yang dapat kita pilih sesuka hati. Kita juga bisa memilih tampilan jam pada layar. Terdapat 12 pilihan default yang bisa kita pilih, baik analog maupun digital.

Galaxy Watch telah memiliki sertifikasi military level, yaitu dengan pelindung layar Corning Gorilla Glass SX+ serta sertifikasi ketahanan air 5 ATM. Smartwatch ini cukup aman digunakan untuk menyelam di kedalaman sekitar 1,5 meter dan juga cukup tahan terhadap air laut, namun tidak untuk aktifitas diving.

Untuk layar, Galaxy Watch dibekali dengan panel Super AMOLED 1,3mm dengan resolusi 360 x 360 yang membuatnya cukup nyaman terlihat meskipun berada di siang hari. Perangkat ini dilengkapi dengan prosesor 1.15GHz dengan RAM 0.75 GB, serta internal storage 4 GB. Namun untuk penyimpanan, hanya tersisa 1,5 GB, yang mungkin bisa dimanfaatkan pengguna untuk menyimpan beberapa lagu dari aplikasi spotify. Ya, anda juga bisa menginstal Spotify di perangkat Galaxy Watch.

Galaxy Watch kembali hadir sebagai smartwacth standalone, dimana pengguna bisa terhubung internet dengan koneksi LTE yang tersedia. Tak cuma itu pengguna bisa melakukan panggilan telepon serta membalas pesan secara langsung pada perangkat. Galaxy Watch juga sudah memiliki dukungan NFC.

Salah satu peningkatan yang ada pada perangkat Galaxy Watch dari sisi pengalaman penggunaan adalah daya tahan baterai. Dimana smartwatch ini memiliki kapastias 472mAh untuk ukuran 46mm yang diklaim mampu bertahan hingga 80 jam dalam pemakaian terintegerasi. Sedangkan untuk perangkat dengan ukuran 42mm, memiliki daya tahan baterai untuk pemakaian keseharian selama 45 jam. Pada pemakaian low energy, yaitu tanpa terhubung sinyal selular dan bluetooth perangkat ini diklaim mampu bertahan selama 168 jam. Untuk pengisian, perangkat ini dibekali dengan aksesoris dock wireless charging.

Kami membuktikan ketahanan baterai pada Galaxy Watch selama tiga hari di pulau Bintan, dan smartwatch ini memang memiliki peningkatan daya tahan baterai yang cukup signifikan. Tanpa melakukan charging, smartwatch ini juga selalu terhubung dengan bluetooth untuk integrasi ke perangkat Galaxy Note 9.

Galaxy Watch juga kini hadir dengan lebih banyak exercise tracker. Ada sebanyak 39 aktivitas kebugaran yang dapat dimanfaatkan pengguna. Mulai dari berjalan, berlari, berenang, bersepeda hingga tidur. Satu fitur yang juga baru hadir di Galaxy Watch adalah fitur Stress Level, yang mampu menakar kadar stress si pengguna. Apalagi bagi pengguna yang kesehariannya menghabiskan waktu di kantor, fitur ini akan cukup membantu untuk kita memanajemenkan tingkat stres saat bekerja, kapan waktu untuk beristirahat. Adapula fitur Advanced Sleep Analysis, untuk mendeteksi kualitas tidur pengguna.

Galaxy Watch hadir dengan warna Silver (46mm) dengan harga Rp. 4.449.00 serta Midnight Black dan Rose Gold (42mm) dengan harga Rp. 4.299.000, yang telah tersedia gerai Samsung.

Load Comments

Reviews

May 5, 2021 - 0

Review Infinix HOT 10s: Spesifikasi Tinggi di Harga Kurang dari Rp 2 Juta

Mencari smartphone di bawah Rp 2 juta, dengan processor cukup…
May 3, 2021 - 0

Review Oppo A74 5G: Performa Cepat, Pengalaman Tanpa Batas

Oppo resmi meluncurkan smartphone kelas menengah terbaru mereka yaitu Oppo…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 22, 2021 - 0

Review Poco X3 Pro: Terlalu Murah & Kencang!

Poco baru saja mengumumkan jajaran produk terbarunya, di mana salah…

Accessories

May 7, 2021 - 0

Review JLab GO Air True Wireless Earbuds: Ringan dan Praktis!

Beragam produk earphone TWS saat ini sudah membanjiri pasar, mulai…
April 22, 2021 - 0

(VIDEO) Review Gaming Cooler, Trigger, dan Kabel Black Shark Terbaru 2021 untuk iPhone & Android

Ketika menggunakan sebuah smartphone, biasanya tidak akan lepas dari yang…
April 19, 2021 - 0

(Video) Review Kiip Wireless Charger: Semua Jadi Satu!

Wireless Charging sangat berpotensi jadi standar teknologi di masa depan,…
April 1, 2021 - 0

Review Huawei FreeBuds 4i: Fitur Lengkap di Harga Rp 1 Jutaan

Tidak sedikit brand smartphone masa kini yang turut mengeluarkan produk…

Wearables

April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 5, 2021 - 0

Review OPPO Enco X: TWS Mantap dari Dynaudio dan OPPO

Oppo baru saja memperkenalkan TWS terbarunya, yang diberi nama sebagai…
April 1, 2021 - 0

Review Huawei FreeBuds 4i: Fitur Lengkap di Harga Rp 1 Jutaan

Tidak sedikit brand smartphone masa kini yang turut mengeluarkan produk…
March 16, 2021 - 0

Review Realme Watch S Pro: Gaya Premium, Tambah Fitur

realme telah meluncurkan smartwatch terbaru mereka yaitu realme Watch S…