Review Smartphone Android: Honor 8X

Author
Friska
Reading time:
November 13, 2018

Salah satu brand smartphone baru yang hadir di awal 2018 ini adalah brand Honor, di mana pihaknya tidak tanggung-tanggung langsung menghadirkan beragam jenis perangkat baru, mulai dari kelas entry hingga kelas premium miliknya. Walau belum sepopuler brand-brand besar lainnya, Honor mampu membuktikan diri dengan kehadiran beragam perangkat kelas menengah atasnya yang memiliki spesifikasi mumpuni dengan performa yang cukup baik.

honor 8X 17

Sebelum tutup tahun 2018, Honor menghadirkan satu lagi perangkat baru miliknya yakni Honor 8X. Diklaim sebagai perangkat “hero” milik Honor, Honor 8X hadir dengan spesifikasi, performa, kamera serta baterai yang diyakini bisa memenuhi kebutuhan gaya hidup para generasi muda saat ini, terutama untuk generasi muda Indonesia. Mari kita lihat seberapa tangguh Honor 8X yang akhirnya diresmikan pada 6 November 2018 ini lewat artikel review berikut ini.

Desain

honor 8X 18 honor 8X 19

Sekilas melihat desain utama dari Honor 8X, sebagian mungkin akan teringat akan desain dari Huawei Nova 3i yang kurang lebih memiliki penampilan sama dengan smartphone ini. Hanya saja, bodi belakang kini tidak mengusung tren gradasi warna, tetapi tetap memberikan dua tone warna berbeda yang bisa terlihat jelas dengan pembatasan sebuah garis lurus vertikal ke bawah. Desain bodi belakang ini sendiri mengingatkan kami akan desain smartphone Lenovo Vibe Shot terdahulu, sehingga jika smartphone diposisikan horisontal, bodi belakang terlihat seperti kamera pocket digital alih-alih smartphone, di mana hal ini membuat desain bodi Honor 8X memiliki keunikan tersendiri.

honor 8X 11 honor 8X 10 honor 8X 9 honor 8X 8

Material yang dipakai untuk bodinya sendiri terdiri dari material kaca yang terlihat elegan. Tapi untuk menghindari bercak atau bekas sidik jari yang membuatnya kotor, akan disarankan untuk menggunakan soft case tambahan. Varian warna yang akan dihadirkan untuk perangkat ini sendiri akan terdiri dari warna Black, Blue, dan Red. Pada pengujian kali ini, kami mendapatkan warna Blue.

Tombol dan pengoperasian utama dari Honor 8X ini cukup standar, dengan tombol fisik utama berupa tombol volume dan power (on/off) berada di sisi kanan smartphone, sementara sisi kiri merupakan tempat slot untuk dual SIM/microSD card yang dedicated sehingga pengguna bisa menggunakan ketiganya sekaligus.

honor 8X 7

Untuk pengoperasian utamanya, Honor 8X menggunakan tombol always-on-screen yang bisa diatur/diganti dengan fungsi swipe jika pengguna menginginkan layar bersih dari tombol dan lebih leluasa dlihat. Fungsi navigasi ini bisa diatur melalui Setting. Notch pada atas layarnya juga bisa dihilangkan jika pengguna tidak betah melihatnya, yang juga bisa diakses melalui Setting.

honor 8X 2

Posisi kamera berada di bagian samping belakang, berjajar melintang ke bawah bersama dengan LED flash-nya. Pada bagian tengahnya, terdapat sensor Fingerprint yang bisa digunakan untuk mengunci maupun membuka smartphone.

Honor 8X ini memiliki layar berukuran 6,5 inch yang dipadatkan pada smartphone berdimensi 5,5 inch dengan resolusi Full HD+ dan rasio 19:9 Full View display. Bezel-nya yang super tipis hanya 4,25mm memungkinkan layar menjadi lebih lega dan luas untuk beragam aktivitas. Honor 8X juga adalah smartphone pertama dari brand ini yang telah memiliki sertifikasi TUV Rheinland Eye Comfort di mana layar smartphone mampu mengurangi resiko mata sekaligus melindungi dan memberikan kenyamanan pada mata para penggunanya.

Spesifikasi

cpuz 1

Dapur pacunya sendiri menggunakan SoC HiSilicon Kirin 710 yang terdiri dari 4xA73 dan 4xA53, dilengkapi GPU Mali-G51, RAM 4GB serta kapasitas storage 128GB yang masih bisa ditambahkan hingga 400GB dengan microSD eksternal. Pengguna pun bisa menyematkan dua buah SIM card bersamaan dengan microSD card berkat 3 tray terpisah yang non-hybrid. Untuk peningkatan performa terutama dalam game, Honor 8X juga akan mendapatkan GPU Turbo yang akan aktif secara otomatis ketika mendeteksi aplikasi atau game tertentu.

honor 8X 20 honor 8X 15

Honor 8X memiliki kamera utama ganda beresolusi 20MP + 2MP dengan bukaan f/1.8 dan telah dilengkapi dengan Honor AIS di mana kamera diklaim mampu menangkap foto di kondisi Night atau low light dengan lebih terang tanpa mengurangi keaslian atau kesan natural pada foto. Telah dilengkapi dengan AI, kamera utama juga mampu mengambil gambar di 22 kategori dan lebih dari 500 skenario foto berbeda untuk hasil yang lebih maksimal. Untuk kamera selfie, Honor 8X dilengkapi kamera 16MP yang juga telah dilengkapi dengan AI, sehingga mengambil foto dalam keadaan backlight diklaim masih mampu menampilkan objek wajah serta background yang detil dan berwarna. Detil mengenai kualitas dan hasil foto dari Honor 8X ini akan kami bahas terpisah di halaman berikutnya.

sensorbox

Untuk kelengkapan lainnya, Honor 8X memiliki konektivitas 4G LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Wi-Fi Direct, hotspot, Bluetooth 4.2, A-GPS, microUSB 2.0 serta USB On-The-Go. Honor 8X akan berjalan di EMUI 8.2 yang berbasis Android 8.1 Oreo, juga akan memiliki kapasitas batrai 3750mAh yang dinilai cukup besar dalam menunjang aktivitas seharian.

honor 8X 12 honor 8X 16 honor 8X 13

Paket penjualannya sendiri tergolong lengkap, di mana di dalam box terdiri dari 1 unit smartphone Honor 8X, kabel microUSB yang juga berfungsi sebagai kabel data, AC adapter, soft casing, pin untuk membuka slot SIM/microSD card, earphone, kartu garansi dan buku petunjuk penggunaan.

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…