Review Xiaomi Mi 8 Lite: Kualitas Sesuai dengan Harga

Author
Irham
Reading time:
January 8, 2019

Xiaomi akhirnya merilis seri “Mi” mereka di tanah air, dimana seri ini merupakan seri flagship mereka. Namun seakan menjajal pasar, di akhir tahun 2018 kemarin Xiaomi meluncurkan Mi 8 versi lebih terjangkau, yaitu Mi 8 Lite. Smartphone ini membawa spesifikasi yang tentunya juga bisa dibilang sebagai versi lebih terjangkau dari Mi 8. Dengan dapur pacu kelas menengah dan kamera mumpuni, Mi 8 Lite mencoba menggaet konsumen di kelas menengah yang membutuhkan smartphone handal untuk kebutuhan kerja, fotografi dan entertainment.

Hadir dengan desain yang juga cukup elegan, Mi 8 Lite dipasarkan di angka 3 jutaan rupiah. Apakah smartphone ini memang layak untuk dipinang diharga tersebut, simak ulasan kami berikut ini.

Desain

Desain dari Mi 8 Lite memang membawa sedikit nuansa yang sama dnegan versi flagship mereka yaitu Mi 8 . Dimana perangkat ini juga menggunakan material kaca unibody dengan frame berbahan metal. Hanya saja, Mi 8 Lite juga tidak membawa desain “cermin” di penampang belakangnya tersebut. Bagian frame dipoles dengan finishing glossy , sehingga terlihat cukup memberi kesan premium.

 

9 Mi 8 Lite2 Mi 8 Lite

Dual dual kamera yang berada di bagian sudut kiri atas terpasang dengan posisi horizontal. Lalu di bagian tengah terdapat modul sensor fingerprint. Selebihnya hanya ada log Mi yang ada dibagian bawah penampang bagian belakang Mi 8 Lite ini.

1 Mi 8 Lite

Beralih ke penampang bagian depan, tak seperti Mi 8 yang tampil tanpa notch dibagian atas, Mi 8 Lite justru hadir dengan notch display rasio 19:9. Pada bagian notch terdapat sensor kamera depan, speaker handset dan juga LED notifikasi. Sedangkan untuk tombol navigasi, berada dibagian dalam layar.

Peletakan tombol, power dan volume di sisi bagian kanan seperti smartphone pada umumnya. Sedangkan di sisi bagian kiri terdapat tray SIMCard dengan model hybrid. Di bagian bawah terdapat, USB Type C dan grill speaker.

4 Mi 8 Lite 6 Mi 8 Lite 3 Mi 8 Lite 5 Mi 8 Lite

Sayangnya, salah satu komponen yang menurut kami masih sangat dibutuhkan di smartphone ini tidak ada. Yaitu Slot Jack 3,5mm untuk kebutuhan headset pengguna. Namun pada paket penjualannya, sudah tersedia USB Type C ke jack 3,5 mm untuk kebutuhan headset. Atau pengguna bisa menggunakan headset bluetooth jika ingin lebih ringkas.

Secara keseluruhan desain terbilang standar, tidak memiliki ciri khas tertentu yang membuatnya terlihat berbeda dari smartphone kebanyakan saat ini. Secara ergonomi, perangkat ini juga masih terbilang terasa lebar di dalam genggaman untuk ukuran layar 6,26 inci jika dibandingkan dengan beberapa smartphone lain dengan layar yang sama. Selain itu dengan tekstur bagian belakang yang sangat licin, disarankan bagi pengguna untuk menggunakan aksesoris jelly case, yang juga sudah disematkan dalam paket penjualan.

10 Mi 8 Lite

Satu lagi yang tidak biasanya di perangkat Mi 8 Lite dimana Xiaomi menghilangkan fitur IR Blaster yang selama ini bisa dibilang menjadi salah satu fitur andalannya yang tidak dimiliki smartphone. Namun Mi Fans, kalian tidak bisa menjagokan hal tersebut di perangkat Xiaomi Mi 8 Lite karena fitur tersebut tidak tersedia.

Spesifikasi

Beralih ke spesifikasi perangkat, Mi 8 lite memiliki layar IPS dengan ukuran 6.26 inci FHD+ (1080 x 2280p) dengan rasio 19:9 (notch) dan kepadatan piksel 403 ppi density. Visibilitas layar tergolong baik, pengguna dapat melihat konten dengan jelas baik di kondisi terang maupun gelap.

Untuk dapur pacunya, perangkat ini menggunakan SoC AIE Snapdragon 660 dengan clock speed penuh 2.2 GHz. Tidak seperti beberapa brand lain yang menurunkan clockspeed di angka 2.0 GHz untuk menjaga kestabilan suhu dan efesiensi daya, di Mi 8 Lite, Xiaomi memberikan performa penuh. Di sisi memori, perangkat yang kami uji memiliki RAM dengan kapasitas 4GB dan internal storage 64 GB. Pengguna masih bisa menambahkan memori melalui slot MicroSD yang tersedia, namun dengan slot hybrid bersama SIMCard 2.

CPU Z

Beralih ke fitur kamera, Smartphone ini mengusung kamera utama dual sensor 12MP+ 5MP dengan sensor Sony IMX 363, piksel berukuran 1,4 micron serta aperture F/1.9, yang juga dibekali dengan teknologi Dual Pixel AutoFocus, fitur-fitur Fotografi AI seperti AI Studio Lighting, AI Scene Detection, AI Potrait Mode, AI Dynamic Bokeh dan AI Adjustable Bokeh. Sedangkan pada kamera depan dilengkapi dengan single sensor kamera 24MP Sony IMX 576 dengan teknologi Super Pixel 1.8 Micron 4-in-1. Fitur yang tersedia di kamera depan antara lain HDR AI Potrait Mode AI Beautify dan AI Video Beautify.

Mi 8 Lite ditenagai dengan baterai berkapasitas 3350mAh yang juga sudah mendukung pengisian cepat Quick Charge 3.0. Hanya saja, pada paket penjualan hanya menggunakan adaptor charger standar dengan output 5V/2A.

Xiaomi menghadirkan UI andalan mereka di perangkat ini, yaitu MIUI 10 dengan basis Android Oreo 8.1.0. Tak banyak peningkatan berarti dari UI tersebut, namun justru yang mungkin akan dikeluhkan pengguna adalah iklan-iklan yang sering muncul di notifikasi mereka.

Di sisi konektivitas, perangkat ini sudah mendukung Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, bluetooth 5.0, dan menggunakan konektor Type C 1.0. Sayangnya Xiaomi harus mengorbankan sensor infra red yang menjadi andalannya, dan juga perangkat ini belum memiliki NFC. Untuk komponen sensor lengkap mulai dari Accelerometer, Ambience Light, Proximity, Compass, Gyroscope hingga fingerprint.

14 Mi 8 Lite

Pada paket penjualannya, smartphone ini dibekali dengan buku manual & kartu garansi, adaptor charger & kabel USB Type C, serta akesori Jelly Case.

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…