Perbandingan Kamera Huawei P30 vs P30 Lite: Lebih Murah, Ada Kualitas Serupa?

Author
Irham
Reading time:

P30 Lite yang digadang-gadang menjadi alternatif dari kelas flagship Huawei P30 series, baik P30 dan P30 Pro, dimana smartphone yang satu ini diharapkan memiliki fitur yang mirip dengan kakak kelasnya tersebut. Meskipun secara keseluruhan, spesifikasi yang dimilikinya tentu tidak benar-benar sebanding. Namun sebagaimana seri P30 flagship menjadi perangkat pamungkas yang sangat handal di bidang fotografi, tentunya hal yang sama juga diharapkan ada pada di Huawei P30 Lite sebagai pilihan smartphone fotografi handal yang lebih terjangkau. Paling tidak, beberapa fitur yang tersedia di seri flaghip P30 juga bisa dinikmati di Huawei P30 Lite. Untuk kualitas, kalau pun smartphone yang harganya sekitar setengah harga dari P30 dan P30 Pro ini bisa memiliki kualitas yang serupa di beberapa aspek, pastinya akan menjadi nilai jual tersendiri bagi Huawei P30 Lite.

Oleh karena itu kita mencoba mengeksplore lebih jauh dan membandingkan antara seri P30 ” Murah” Lite dan P30, untuk mencari tahu apakah P30 Lite bisa menjawab ekspektasi konsumen untuk perangkat alternatif P30 dan P30 Pro. Sebelum membandingkan kedua produk secara langsung, kita bisa membandingkan spesifikasi kamera antara P30 Lite dengan Huawei P30 yang menjadi pembanding. Meskipun diatas kertas, spesifikasi kamera antara keduanya memang terlihat berbeda jauh, namun ada beberapa hal yang memiliki kemiripan, baik dar sisi hardware maupun software.

PerbandinganHuawei P30 LiteHuawei P30 
Kamera UtamaModul– 24 MP, f/1.8, (wide), PDAF
– 8 MP, 13mm (ultrawide)
– 2 MP, f/2.4, depth sensor
40 MP, f/1.8, 27mm (wide), 1/1.7″, PDAF/Laser AF
16 MP, f/2.2, 17mm (ultrawide), PDAF/Laser AF
8 MP, f/2.4, 80mm (telephoto), 1/4″, 3x optical zoom, PDAF/Laser AF, OIS
FiturLED flash, HDR, panoramaLeica optics, dual-LED dual-tone flash, panorama, HDR
Video1080p@30fps (gyro-EIS)2160p@30fps, 1080p@60fps, 1080p@30fps (gyro-EIS), 720p@960fps
Kamera SelfieModul32 MP, f/2.0, 0.8µm32 MP, f/2.0, (wide), 0.8µm
FiturPanoramaHDR
Video1080p@30fps1080p@30fps

Masuk ke pembahasan perbandingan, untuk menu kamera, meski tak selengkap seri flagship P30 dan P30 Pro, Huawei P30 Lite juga memiliki beragam menu kamera yang cukup lengkap untuk smartphone sekelasnnya. Dan dari fitur-fitur yang tersedia, beberapa diantaranya merupakan fitur ekslusif yang ada di seri flagship P30. Adapun fitur-fitur ekslusif yang ada di menu kamera P30 Lite tersebut adalah sebagai berikut:

AI Scene Recognition

AI Scene recognition adalah fitur yang memungkinkan untuk kamera, melakukan pengaturan secara otomatis dengan AI yang menyesuaikan dengan objek foto yang diambil. Sama seperti P30 dan P30 Pro yang telah dibekali dengan AI Scene Recognition, Huawei P30 Lite memiliki kamera utama dengan kemampuan mendeteksi 22 kategori adegan yang berbeda saat mengambil foto. Sedangkan untuk kamera selfie memiliki mampu mendeteksi 8 kategori adegan.

Ultra Wide Angle

Tak kalah dengan seri flagshipnya yaitu Huawei P30 dan P30 Pro, Huawei P30 Lite juga memiliki fitur Ultra Wide Angle. P30 Lite dibekali dengan sensor kamera berlensa ultra wide 8 MP, dengan focal length 13mm yang memiliki sudut perspektif 120 derajat. Dengan kamera ultra wide, tentunya pengguna bisa mengabadikan foto dengan sudut yang lebih luas. Sehingga pengguna tidak perlu repot mengambil gambar dengan jarak yang lebih jauh, cukup menggunakan fitur ultra wide.

Hasil foto Ultra Wide menggunakan Huawei P30 Lite:

Aperture

Pengaturan aperture di sebuah smartphone mungkin menjadi hal yang wajib di smartphone-smartphone terbaru saat ini. Dengan mode aperture yang dapat diubah, pengguna bisa mengabadikan foto dengan beragam kreasi. Terutama untuk mengabadikan foto bokeh, dengan aperture yang dapat diatur sesuai kebutuhan, hasil foto akan terlihat maksimal.

Huwei P30 Lite menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna mengatur aperture, sama seperti di kelas flagship mereka yaitu P30 dan P30 Pro. Tak hanya mengatur aperture sebelum foto diambil, pengguna juga tetap dapat melakukan retouch saat foto telah diambil di menu gallery. Kualitas bokeh yang dihasilkan juga terlihat baik dan maksimal.

Pro Mode

Mode Professional atau mode manual menjadi penting di fotografi smartphone saat ini. Dengan pengaturan parameter-parameter yang tersedia  akan sangat memudahkan bagi pengguna untuk mengabadikan foto sesuai dengan keinginan mereka. Apalagi bagi pengguna yang akrab dengan kamera digital professional, Pro Mode menjadi hal paling mereka butuhkan. Huawei P30 Lite menawarkan Pro Mode yang lengkap. Mulai dari ISO, Shutter Speed, Exposure, Focus, hingga White Balance tersedia di menu kamera Huawei P30 Lite.

Potrait

Huawei P30 Lite juga memiliki mode Potrait, dimana fitur ini tentunya sangat pas digunakan untuk fotografi dengan objek manusia. Ada beberapa fitur lighting untuk potrait mode diantaranya Soft Lighting, Butterfly Lighting, Split Lighting, Stage Lighting dan Classic Lighting.

Fitu-fitur diatas tentunya akan sangat membantu pengguna untuk mengabadikan beragam momen dalam foto, dan tak kalah dengan smartphone flagship diatasnya. Meskipun secara kualitas memang belum sebanding, karena seperti yang telah kita uraikan di bagian awal, kedua smartphone ini memiliki spesifikasi yang cukup jauh berbeda untuk masin-masing harga yang ditawarkan.

Namun selain memiliki kesamaan pada fitur-fitur yang tergolong premium, ternyata Huawei P30 Lite juga memiliki kesamaan kualitas di beberapa mode kamera yang dimilikinya. Tak hanya sekedar fitur saja yang mirip,  Penasaran mode apa saja yang memilki kualitas sebanding, simak lebih lanjut di halaman berikutnya.

Load Comments

Reviews

February 15, 2021 - 0

Review Infinix Hot 10 Play: Baterainya Jagoan!

Memasuki tahun 2021, Inifnix kembali merilis produk terbaru mereka Yaitu…
February 4, 2021 - 0

Review Oppo Reno5 5G: Smartphone 5G Termurah Saat Ini

Kali ini tim Jagat Review telah kedatangan smartphone Oppo Reno5…
January 22, 2021 - 0

Review Poco M3: Layak Disebut Entry Level Killer?

Setelah sebelumnya merilis Poco F2 Pro sebagai “Flagship Killer”, Poco…
January 4, 2021 - 0

Review Samsung Galaxy A12: Kamera Keren, RAM dan Storage Besar

Tidak semua smartphone dirancang untuk menjadi smartphone gaming, seperti yang…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Jika berurusan dengan barang gadget atau elektronik, pastinya Charger merupakan…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

January 5, 2021 - 0

Review Bose QuietComfort Earbuds: TWS dengan Noise Cancelling Terbaik

Bose Didirikan tahun 1964 dan sudah sangat terkenal dengan perangkat…
December 4, 2020 - 0

Review Casio G-Shock GA-900: Stylish, Tahan Banting, Baterai 7 Tahun

Jam tangan ini memang bukan smartwatch. Akan tetapi, Casio G-Shock…
November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Bagi kalian yang mungkin sedang mencari produk smart band murah,…