Review Nokia 5.1 Plus: Harga Rp. 2 Jutaan, Masihkah Layak Bersaing?

Author
Irham
Reading time:
May 1, 2019

Nokia 5.1 Plus mungkin menjadi satu produk Nokia yang paling banyak direkomendasikan oleh para netizen saat seseorang mencari produk smartphone Nokia terbaru. Ya, untuk smartphone yang satu ini Nokia memang bisa dibilang memberikan spesifikasi yang paling menarik dari semua line-up menengah ke bawah mereka.

Perangkat ini sendiri sebenarnya telah dirilis Nokia secara global di akhir tahun 2018, dan baru masuk di Indonesia di awal 2019. Kami berkesempatan menguji produk Nokia 5.1 Plus meskipun agak sedikit terlambat untuk merilis tulisan ini, namun tentunya kita ingin mengetahui apakah smartphone ini masih layak dimiliki, di tengah rivalitas smartphone kelas menengah kebawah yang cukup ramai. Ingin tahu lebih lanjut mengenai produk yang satu ini, simak ulasan kami berikut ini!

Desain

Nokia 5.1 Plus memiliki layar dengan ukuran yang tidak terlalu besar yaitu 5,8 inci. Ukurannya paling cocok untuk pengguna yang senang dengan smartphone dengan layar yang tidak terlalu besar. Perangkat ini memiliki material body kaca, dengan kontur 2,5D dan material frame berbahan aluminium. Seperti perangkat Nokia pada umumnya, Nokia 5.1 Plus terasa sangat padat dan kokoh dalam genggaman. Pilihan warna yang ditawarkan juga simple namun elegan, seperti salah satunya yang kami uji saat ini yaitu berwarna Baltic Sea Blue. Disamping dua warna lainnya yaitu Glacier White dan Night Black.

Dengan penampang bagian belakang menggunakan material kaca, tentu saja perangkat ini terasa licin digenggaman. Ya, perangkat ini bahkan bisa dibilang terasa sangat licin di dalam genggaman. Sehingga pengguna perlu berhati-hati saat menggenggam. Sayangnya, perangkat ini belum dilengkapi dengan jelly case pada paket penjualannya. Penguna perlu mencari aksesoris cover jika ingin perangkat ini lebih aman digenggaman.

Disamping ergonominya yang sedikir beresiko karena licin dalam genggaman, perangkat ini punya tampilan yang cukup orisinil. Tanpa banyak mengikut desain smartphone yang kebanyakan tren saat ini, Nokia 5.1 Plus punya gayanya tersendiri. Seperti penempatan kamera dan fingerprint di bagian tengah dan juga notch yang terlihat lebih lebar.

Logo Nokia dengan pede terpampang di bagian bezel depan perangkat yang terlihat tebal dan juga di bagian belakang. Di bagian belakang, dual kamera diletakan secara vertikal bertumpuk dengan sensor fingerprint.

Tombol volume dan power terletak di sisi bagian kanan. Sedangkan di sisi bagian kiri terdapat tray SIMCard yang terpasang hybrid dengan microSD. Dibagian bawah terdapat slot USB Type C dan Grill Speaker. Type C bisa dibilang sebagai sebuah keunggulan untuk smartphone di harga 2 jutaan ini, dibanding para rivalnya yang masih menggunakan microUSB. Sementara di sisi bagian atas terdapat lubang jack 3,5mm dan microphone sekunder.

Spesifikasi

Seperti yang kami informasikan di awal, spesifikasi Nokia 5.1 Plus memang terbilang paling menarik dibanding line up Nokia yang lain. Dimana smartphone ini telah dibekali layar 5,8 inci IPS beresolusi HD+ 1520x720p. SoC yang digunakan pada smartphone ini adalah MediaTek Helio P60 dengan clock speed sedikit diturunkan menjadi 1.8GHz (Octa-core 4×1.8 GHz Cortex-A73 & 4×1.8 GHz Cortex-A53 + GPU Mali-G72 MP3). Tampaknya Nokia ingin mengejar efisiensi daya untuk produknya yang satu ini. Padahal kita ketahui Helio P60 sebenernya mampu bersaing dengan SoC sekelas Snapdragon 660.

Nokia 5.1 Plus dibekali dengan kamera utama dual sensor, 13 MP F/2.0 + 5MP. Sedangkan untuk kamera depannya dibekali sensor 8MP. Untuk perangkat yang kami uji memiliki kapasitas RAM 3GB dan internal storage 32GB. Perangkat ini ditenagai baterai dengan kapasitas yang tidak terlalu besar yaitu 3060mAh. Bahkan terbilang kecil dibandingkan dengan kebanyakan smarpthone saat ini. Namun Nokia tetap menjanjikan daya tahan baterai yang baik meski dengan kapasitas yang tidak terlalu besar tersebut.

Nokia 5.1 Plus juga mengandalkan sistem operasi Android One dengan basis Android Pie 9.0. Dengan sistem operasi asli dari Google, Nokia menjanjikan keamanan lebih dengan adanya patch security yang update lebih awal. Selain itu terdapat fitur unggulan seperti Google Assistant dan Google Lens, dan juga penyimpanan lebih besar lewat Google Photos yang semuanya sudah terpasang secara pre-installed.\

Untuk sensor, cukup lengkap dimana Nokia 5.1 Plus menyediakan sensor seperti Accelerometer, Ambience Light, Compass, Proximity hingga Gyroscope. Untuk konektivitas, perangkat ini mendukung jaringan selular 4GLTE dengan dual SIM yang tersedia secara hybrid, jaringan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac hingga FMRadio. Namun sayangnya untuk konektivitas NFC yang belum tersedia di produk yang satu ini. Sementara untuk sistem keamanan, tersedia sensor fingerprint, namun belum tersedia face unlocked. Untuk sensor fingerprint smartphone ini bisa dibilang sangat responsive, dan juga memiliki akurasi yang tinggi. Bahkan setup pertama fingerprint bisa dilakukan hanya sekitar 5 kali sentuhan.

Untuk sistem suara, speaker Nokia 5,1 plus bisa dibilang  memiliki suara yang sangat memuaskan. Untuk memutar audio, suara terdengar jernih dan juga memiliki equalizer yang terdengar seimbang. Tidak terdengar pecah bahkan saat volume yang tinggi. Selain itu untuk kebutuhan multimedia juga sudah dibekali dengan fitur Dolby Atmos, yang membuat suaranya terdengar lebih megah.

Pada paket penjualannya Nokia 5.1 Plus, dibekali dengan adaptor charger dengan output standar yaitu 5V/2A, kabel USB Type C, buku panduan dan kartu garansi, sim ejector, serta headset. Ketersediaan headset menjadi nilai lebih dari paket penjualan Nokia 5.1 Plus, meskipun aksesoris casing bawaan tidak tersedia dan menjadi kekurangan dari sisi paket penjualan.

Load Comments

Reviews

January 4, 2021 - 0

Review Samsung Galaxy A12: Kamera Keren, RAM dan Storage Besar

Tidak semua smartphone dirancang untuk menjadi smartphone gaming, seperti yang…
December 14, 2020 - 0

Review Smartphone Vivo Y51: Solusi Smartphone Serba Bisa!

Vivo baru saja meluncurkan salah satu produk terbarunya yang berada…
December 11, 2020 - 0

Review Mi 10T Pro: Murah, Tapi Beneran Flagship

Di pertengahan awal tahun 2020 lalu, Xiaomi telah meluncurkan smartphone…
December 2, 2020 - 0

Review realme Narzo 20: Murah, Kencang dan Irit

Kapasitas baterai yang besar pada sebuah perangkat smartphone memang akan…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Jika berurusan dengan barang gadget atau elektronik, pastinya Charger merupakan…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

January 5, 2021 - 0

Review Bose QuietComfort Earbuds: TWS dengan Noise Cancelling Terbaik

Bose Didirikan tahun 1964 dan sudah sangat terkenal dengan perangkat…
December 4, 2020 - 0

Review Casio G-Shock GA-900: Stylish, Tahan Banting, Baterai 7 Tahun

Jam tangan ini memang bukan smartwatch. Akan tetapi, Casio G-Shock…
November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Bagi kalian yang mungkin sedang mencari produk smart band murah,…