Review ROG Phone: Gadget Gaming Mobile Mewah dengan Aksesoris Melimpah

Author
Irham
Reading time:
June 10, 2019

ROG Phone menjadi salah satu premium smartphone yang meluncur di Indonesia di akhir tahun 2018 lalu. Perangkat ini sendiri sudah diperkenalkan di ajang COMPUTEX 2018 lalu. Berbekal pengalaman dalam menghadirkan laptop-laptop gaming premium ROG, ASUS mulai melirik gaming mobile sebagai pasar yang cukup menjanjikan.

ROG Phone sendiri juga hadir dengan segala fitur penunjang gaming yang sangat lengkap. Satu koper penuh, perangkat smartphone ini hadir dengan segudang akesoris dalam paket yang total harganya berkisar Rp. 30 jutaan. Paket lengkap gaming mobile ROG Phone ini benar-benar ditujukan untuk para gamer di level kompetisi.

DSCF9947 e1560320856313

Hadir dengan desain dan spesifikasi kelas atas, ROG Phone menjanjikan pengalaman gaming mobile penuh bagi penggunanya. Cukup lama bagi kami untuk menguji perangkat ini, sembari menunggu penyempurnaan lewat beberapa update OTA. Dan ini hasil pengujian kami untuk ASUS ROG Phone.

Desain

Tak seperti kebanyakan smartphone, ROG Phone memang membawa kesan gaming mobile sejak peratama kali melihatnya. Perangkat ini memiliki kesan padat dan kokoh materaial dasar yang membalut perangkat ini adalah kaca, dengan Gorilla Glass 6 di penampang bagian depan serta Gorilla Glass 5 di bagian belakang. Kontur garis yang ada di seluruh penampang body perangkat terlihat sangat tegas dan mengesankan perangkat ini sebagai ‘’senjata pamungkas’’ bagi para gamer.

ROG

 

Dua warna yang menjadi tampilan utama dari ROG Phone yaitu dominan hitam dan juga aksen berwarna tembaga, yang terdapat di bezel atas dan bawah, juga dilubang udara bagian belakang.Untuk menambah kesan eye catching, ASUS menambahkan lampu RGB pada logo ROG di bagian belakang. Warna lampu pada Logo ROG ini dapat dikustomasi oleh pengguna melalui pengaturan yang tersedia di aplikasi Game Center.

DSCF9005

Selain itu dibagian belakang Fingerprint dibagian tengah, dan dual kamera yang tersusun dengan posisi horizontal dengan bentuk polygonal dan lampu flash. Sedikit menilik kebagian dalam, di body yang memiliki ketebalan sekitar 8,3 mm ini terdapat Vapor Chamber Cooler, sistem pendingin berupa ruangan vapor berlapis tiga yang dapat menyebarkan panas dan menjamin smartphone tidak kepanasan saat bermain game ataupun aktivitas tinggi lainnya.

DSCF9027 1

ROG Phone menggunakan layar dengan konsep desain FullView dengan rasio 18:9. Tidak ada notch dibagian atas, bahkan perangkat ini “pede” tampil dengan bezel yang cukup tebal jika dibandingkan smartphone kekinian. Karena perangkat ini sendiri hadir untuk para gamer, bezel tebal sepertinya tak akan menjadi masalah. Bahkan dengan bezel tebal, terutama untuk bagian atas dan bawah, ASUS bisa menghadirkan speaker stereo yang terpasang dibagian atas dan bawah layar.

DSCF9029 1

Beralih ke penempatan tombol fisik, Tombol power dan volume diletakan di sisi sebelah kanan. Tak hanya itu, untuk mendukung pengalaman bermain game pengguna, ASUS menambahkan tombol – Air trigger, berfungsi sebagai kontrol sentuh tambahan saat bermain game. Untuk mengatur Air Trigger dapat dilakukan menggunakan fitur Game Genie, saat mulai bermain game. Pengguna bisa melakukan mapping tombol yang ada di layar untuk disinkronisasikan ke tombol Air Trigger.

DSCF9015 1 Air Trigger Air Trigger 2

Di sisi kiri terdapat slot Side Mount Connector, yang merupakan gabungan antara Slot USB Type C dan slot khusus ROG Phone. Side mount Connector berfungsi sebagai konektor smartphone ke perangkat-perangkat aksesoris ROG Phone, seperti diantaranya kiri, berfungsi sebagai konektor ke berbagai aksesoris seperti TwinDock View, Mobile Desktop Dock, ASUS Professional Dock. Selain itu di sisi kiri juga terdapat Tray SIMCard, dengan 2 slot SIMCard Nano yang tersedia. Tidak ada slot MicroSD karena ASUS juga sudah membekali seluruh model ROG Phone dengan media penyimpanan internal yang besar.

DSCF9011 1 e1560324937323

Di sisi bagian bawah, terdapat USB Type C dan juga jack 3,5mm. Untuk penempatan microphone terdapat di tiga sisi, atas, bawah dan sisi kanan. Sedangkan tombol navigasiterdapat di dalam layar, dengan susunan recent app, home, dan back.

Spesifikasi

ASUS ROG Phone dibekali dengan Layar AMOLED 6.0 inci dengan resolusi FullHD+ 1080×2160 pixels. Layar terlihat jernih dan cerah dengan kualitas warna yang sangat baik. Layar ASUS ROG memiliki kemampuan refresh reate maksimal hingga 90HZ  yang juga didukung dengan kemampuan visual HDR, dan konstras rasio 100.000 : 1 (salah satu tertinggi saat ini). Selain itu untuk tone warna, layar ROG Phone juga memiliki dukungan Wide Color Gamut, dengan cakupan DCI-P3 108.6% dan SRGB 145%.

CPU Z

Beralih ke bagian dapur pacu, smartphone ini tentunya ditenagai dengan SoC Qualcomm, Snapdragon 845 (10 nm) CPU Octa-core (4×2.96 GHz Kryo 385 Gold & 4×1.7 GHz Kryo 385 Silver) & GPU Adreno 630. Untuk varian yang kami uji yaitu dengan memori RAM 8GB dan Internal storage 512 GB.

DSCF9086

Sedangkan untuk fitur kamera, ROG Phone dibekali dengan kamera utama 12 MP ( f/1.8, 24mm (wide), 1/2.55″, 1.4µm, 4-axis OIS, dual pixel PDAF) dan sensor wide angle 8 MP (F/2.0 12mm, no AF). Kamera ROG memiliki kualitas perekaman video dengan maksimal 4K 60FPS, dan didukung dengan sistem stabilisasi 3 axis-gyro + EIS.

Untuk kapasitas baterainya, ROG Phone dibekali dengan baterai berkapasitas 4000mAh, serta dibekali dengan pengisian daya Quick Charge 4+ dengan output 10V/3A atau setara dengan 30W. Sensor di perangkat ini terbilang lengkap dimana tersedia sensor seperti acceleration, ambience, proximity, compass, gyroscope hingga fingerprint.

Agar pengalaman gaming semakin immersive, ROG Phone juga dibekali dengan DAC Hi-Fi dengan output Hi-Res 192kHz / 24-bit , serta dukungan DTS (Digital Theater Sistem. Bermain game maupun memutar video menggunakan ROG Phone terasa memuaskan karena perangkat ini juga didukung dengan speaker stereo.

Sedangkan untuk urusan koneksi, tentunya ROG Phone sudah dibekali dengan jaringan selular 4GLTE, jaringan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/ad dual-band,yang juga mendukung jaringan Wi-Gig, jaringan Bluetooth 5.0, A2DP, LE, aptX HD, pemetaan lokasi dengan A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO, QZSS, serta koneksi kabelUSB 3.1Type-C 1.

Load Comments

Reviews

October 18, 2021 - 0

Review Infinix Zero X Pro: Smartphone Aneh dan Gokil!

Sedang mencari smartphone di rentang harga Rp 4 jutaan tetapi…
October 8, 2021 - 0

Review vivo X70 Pro: Dingin, Kencang, Kamera Zeiss, Tipis & Ringan

Vivo baru saja meluncurkan vivo X70 Pro, di mana smartphone…
October 7, 2021 - 0

(VIDEO) 20 Hal Penting Seputar Samsung Galaxy Z Flip3 5G

Samsung Galaxy Z Flip3 5G, untuk sebuah smartphone dengan layar…
October 5, 2021 - 0

Video: Menjawab 50 Pertanyaan Samsung Galaxy Z Fold3 5G

Setelah penggunaan sekitar satu bulan lamanya, akhirnya ini adalah rangkuman…

Accessories

September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
August 30, 2021 - 0

Review Sony WF-1000XM4: Karakter Bisa Diatur, Fitur Berlimpah

Bicara soal TWS atau True Wireless Stereo earphone, Sony sejak…
July 13, 2021 - 0

Video – Review OPPO Enco Buds: Baterai Awet, Tahan Air, Bass Kencang

Produk earphone TWS tentu sudah sangat beragam saat ini, dengan…
May 25, 2021 - 0

Review Sudio Nio: Vocal Dominan, Cocok Buat Meeting Online

Earphone TWS ini cocok untuk kebutuhan komunikasi baik saat panggilan…

Wearables

October 19, 2021 - 0

Tech Uncensored: Smartphone Belum Lengkap Tanpa Smartwatch dan TWS?

Memiliki satu atau lebih smartphone di masa sekarang nampaknya sudah…
September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 5, 2021 - 0

Review OPPO Enco X: TWS Mantap dari Dynaudio dan OPPO

Oppo baru saja memperkenalkan TWS terbarunya, yang diberi nama sebagai…