Qualcomm Snapdragon Academy: Apa yang Baru Di Snapdragon 865?

Author
Friska
Reading time:
April 9, 2020
Screenshot 251

Pada hari Kamis (9/4), Qualcomm mengadakan Snapdragon Academy kembali yang kali ini akan membahas lebih lanjut tentang fitur unggulan dari chipset flagship terbaru mereka, Snapdragon 865, yang baru dirilis akhir tahun 2019 kemarin. Dari kelas yang diadakan secara online untuk para media ini, Qualcomm sekaligus membahas secara garis besar akan fitur apa saja yang tergolong baru, serta ditingkatkan jauh untuk bisa menunjang kebutuhan perangkat flagship.

Qualcomm yang diwakilkan oleh Dominikus Susanto selaku Senior Business Development Manager menyebutkan setidaknya, ada tiga hal yang menjadi garis besar keunggulan di Snapdragon 865 ini, antara lain termasuk dari sisi kamera, Elite Gaming, serta teknologi AI yang terkandung di dalamnya.

Screenshot 252

Pada Snapdragon 865, Qualcomm menggunakan Spectra 880 CV-ISP yang merupakan ISP unggulannya untuk seri flagship, di mana memungkinkan chipset untuk memberikan kecepatan Gigapixel dan hasil kualitas tangkapan gambar yang lebih terlihat layaknya profesional. ISP ini juga akan membantu smartphone dalam mengambil hasil tangkapan foto dan video yang terbaik, dengan mampu memberikan 16% power capture lebih rendah, menghasilkan tekstur 18% lebih baik, serta mengurangi noise hingga 40%. Selain itu, ISP terbaru ini memungkinkan smartphone untuk mengambil video kualitas 4K 10-bit HDR, dengan dukungan sensor kamera beresolusi hingga 64MP.

Screenshot 253

Dari segi gaming, Qualcomm Snapdragon 865 mengusung GPU Adreno 650 yang memungkinkan rendering grafis 25% lebih cepat dengan efisiensi daya hingga 35%. Lewat chipset terbarunya ini, Qualcomm juga menyebutkan keberadaan Elite Gaming, di mana chipset Snapdragon 865 memungkinkan dukungan dalam memberikan Ultra Smooth Gaming dengan performa tinggi dan refresh rate tinggi hingga 144Hz, dengan proses kualitas HDR tertinggi yang bisa dihasilkan oleh chipset, serta beragam fitur kelas Desktop yang bisa dilakukan di perangkat flagship dengan chipset Snapdragon 865 ini.

Screenshot 254

Terakhir, Qualcomm juga menjabarkan tentang teknologi AI yang didukung berkat AI Engine Qualcomm generasi ke-5 yang dimiliki oleh Snapdragon 865, di mana performa AI pada chipset ini lebih baik dua kali lipat dibandingkan dengan Snapdragon 855 sebelumnya. Hal baru yang ada pada teknologi AI pada chipset Snapdragon 865 ini termasuk di antaranya Qualcomm Sensing Hub dan Low Power Camera yang akan berguna dalam penggunaan di aktivitas kesehatan, sekuritas, keamanan, konteks, dan lain sebagainya.

Untuk di Indonesia sendiri, belum banyak smartphone flagship yang menggunakan Snapdragon 865, misalnya perangkat Oppo Find X2 Pro dan Find X2 yang sudah resmi hadir untuk pasar smartphone di Indonesia. Dalam Snapdragon Academy yang sama, Qualcomm turut mengundang Aryo Meidianto selaku Publik Relations Manager Oppo untuk berbincang mengenai keunggulan dari Oppo Find X2 Series yang telah menggunakan Snapdragon 865 sebagai dapur pacunya.

Screenshot 255

Selain memiliki layar Ultra Vision yang terbaik di industrinya dengan refresh rate 120Hz dan HDR10+, Oppo Find X2 Series juga memiliki teknologi kamera yang terbaik, dengan hasil tangkapan kamera dari Find X2 Pro hampir mirip layaknya sebuah foto yang ditangkap menggunakan kamera profesional. Beliau juga mengatakan bahwa kedua seri Oppo Find X2 ini sama-sama memiliki Ultra Vision Screen dengan 65W SuperVOOC Flash Charging dan tentu saja berdapur pacu Snapdragon 865. Bedanya, Find X2 Pro ditargetkan untuk mereka yang menginginkan sebuah perangkat flagship pendukung 5G yang mampu menawarkan pengalaman smartphone terbaik, sementara Find X2 menawarkan pengalaman smartphone terbaik di harga yang lebih terjangkau.

Selengkapnya tentang Snapdragon 865, kami sempat membahasnya secara lengkap yang bisa ditonton di video berikut ini:

Load Comments

Reviews

July 19, 2024 - 0

Review HUAWEI MatePad SE 11: Tablet Terjangkau untuk Keluarga dari HUAWEI

Ini adalah tablet terjangkau HUAWEI yang dirancang untuk hiburan keluarga,…
July 15, 2024 - 0

Review Baseus Bowie E19: TWS Terjangkau, SUPERBASS KENCANG!

TWS Terjangkau ini tahan air IPX5, Fitting-nya mantep, baterainya awet,…
July 12, 2024 - 0

Preview Samsung Galaxy Z Flip6: Upgrade Signifikan! Smartphone Flip Terbaik 2024?

Selain Samsung Galaxy Z Fold6 yang diluncurkan dalam acara Samsung…
July 12, 2024 - 0

Samsung Galaxy Z Fold6: HP Lipat TERBAIK 2024?

Ya, Jagat Review lagi di Paris untuk membahas Samsung Galaxy…

Accessories

June 18, 2024 - 0

Review Kiip TH90: Wireless Headphone Over-Ear Rp 300 ribuan, Suara Makin Lama Makin Bagus

Mencari headphone berkualitas dengan harga terjangkau sering kali menantang, tapi…
April 23, 2024 - 0

Dua Speaker Bluetooth Tahan Air Xiaomi Terindikasi Akan Masuk Indonesia

Beberapa waktu lalu Xiaomi memperkenalkan dua speaker Bluetooth untuk keperluan…
December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…