Review Galaxy Tab S7+: Tablet Android Terbaik 2020

Author
Irham
Reading time:
August 28, 2020

Perangkat tablet Android, belakang ini memang tidak begitu banyak variannya. Dan kalau menyebut tablet Android flagship, lagi-lagi yang muncul hanya produk Galaxy Tab S series dari Samsung. Samsung baru saja merilis Galaxy Tab S7 series, diantaranya yaitu Galaxy Tab S7 dan S7+. Kedua perangkat ini tentu menjadi suksesor dari generasi sebelumnya yaitu Galaxy Tab S6 series. Namun kali ini di Galaxy S7 Series, Samsung membawa peningkatan spesifikasi yang lebih banyak, bahkan dengan dua varian yang berbeda ukuran layar ini. Dan kali ini kami telah kedatangan salah satu variannya yaitu Galaxy Tab S7+ untuk di review.

Samsung semakin mengarahkan seri Galaxy Tab S series mereka sebagai perangakt produktivitas dan multimedia yang tak sekedar bisa digunakan untuk bekerja dan bermain, tapi bahkan menjadikan perangkat ini sebagai alat kerja dan bermain “terbaik” baik pengguna. Hal tersebut tampak dari desain, spesifikasi hingga segudang fitur baru yang ditawarkan.

Apa saja kemampuan yang ditawarkan oleh produk yang satu ini, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Desain

Secara kasat mata, desain dari Galaxy Tab S7 series sebenarnya tidak banyak berubah jika dibandingkan dengan seri sebelumnya yaitu Galaxy Tab S6, hanya saja ukurannya memang lebih besar. Perangkat ini kembali mengusung body dengan frame aluminium, dengan back panel berbahan metal dan front panel berlapis kaca pelindung.

Review Samsung Galaxy Tab S7+

 

Secara presisi, untuk Galaxy Tab S7+ yang kami review ini memiliki ukuran dimensi 285 x 185 x 5.7mm. Sedangkan bobotnya yaitu sebesar 575 gram. Tentunya ini lebih ringan dibandingkan dengan laptop seukuran. Oh, iya untuk Galaxy Tab S7+ ini memiliki ukuran layar 12,4 inci, sedangkan untuk Galaxy Tab S7 standar memiliki ukuran 10,5 inci.

Baik penampang bagian depan maupun belakang memiliki permukaan yang datar, di bagian belakang terdapat magnet strip yang berfungsi untuk pengisian daya S Pen. Tidak seperti pada seri Galaxy Tab S6 yang memiliki lengkungan, di Tab S7 series tempat S Pen ini datar namun tetap memberikan rekat magnet yang kuat pada S Pen.

Review Samsung Galaxy Tab S7+ Review Samsung Galaxy Tab S7+

Di sisi atas, terdapat magnet yang pengguna juga bisa meletakan S Pen. Hanya saja tidak memiliki fungsi pengisian. Di sisi tersebut juga ada Tray Sim Card dan tombol power serta tombol volume. Untuk tray SIM card, perangkat ini hanya menyediakan satu slot SIMCard namun dengan dukungan microSD.

Disisi bagian kanan terdapat port USB Type C. Melalui port USB Type C ini pengguna bisa menghubungkan perangkat Tab ke periferal lain menggunakan USB Hub.

Di sisi kanan dan kiri Galaxy Tab terdapat empat buah speaker dengan tuning khas AKG. Lalu pada sisi bagian bawah, tentunya juga terdapat pogo pin untuk konektor keyboard.

 

Panel bagian depan dilindungi dengan kaca pelindung Gorilla Glass 3. Layar tablet ini juga sudah didukung dengan fingerprint sensor dibawah layar. Pada bagian bezel atas, terdapat kamera selfie.

Tiga pilihan warna dari Galaxy Tab S7+ antara lain Mystic black, Mystic silver, Mystic Bronze. Pada paket penjualannya, Galaxy Tab S7+ dilengkapi dengan Unit Tablet, S Pen, Charger 15W, Kabel USB Type C dan earphone.

Review Samsung Galaxy Tab S7+

Spesifikasi

Galaxy Tab S7+ memiliki layar berukuran 12.4 inci dengan resolusi 2800 x 1752 dengan rasio 16:10. Berbeda dengan Galaxy Tab S7 standar yang menggunakan panel LTPS, untuk Galaxy Tab S7+ menggunakan panel Super AMOLED yang juga telah mendukung HDR 10+ dan DCI-P3. Samsung juga meningkatkan refresh rate hingga 120Hz.

Untuk dapur pacunya, varian tertinggi dari Galaxy Tab S7 Series ini juga telah menggunakan SoC Snapdragon 865+, yang dipasangkan dengan RAM berkapasitas 8GB dan storage 256GB. Pengguna bisa menambahkan storage melalui slot MicroSD yang tersedia hingga 1 TB.

Perangkat ini juga memiliki kamera belakang dengan dual sensor yaitu 13MP F/2.0 dan Ultrawide 5MP F/2.2. Sedangkan kamera selfienya yaitu 8MP F/2.0. Kapasitas baterai yang disematkan sangat besar yaitu 10500mAh. Meski mendukung pengisian hingga 45W, sayangnya perangkat ini hanya dibekali dengan charger 15W pada paket penjualannya.

Konektivitas di Galaxy Tab S7+ mulai dari LTE, WiFi 6, dan Bluetooth 5.0. Meskipun SoC Snapdragon 865 sendiri sudah dibekali dengan modem 5G, namun mengingat ketersediaan 5G di tanah air belum ada, maka 5G di perangkat ini belum diaktifkan. Sayangnya NFC juga belum tersedia di perangkat tablet ini.

Sistem operasi yang digunakan tentunya adalah Android 10 dengan kustom UI One UI 2.5. Pengguna bisa memilih navigasi normal maupun gesture, serta terdapat pula Edge Panel yang akan memudahkan pengguna mengatur shortcut aplikasi.

 

review Galaxy Tab S7+

Pengguna juga bisa melakukan multitasking hingga 3 windows secara bersamaan. Tentunya ini juga akan semakin meningkatkan produktivitas pengguna. Ada pula fitur Samsung DeX yang dapat menampilkan tablet secara mode PC, baik langsung pada layar tablet maupun saat terhubung ke layar monitor/TV.

Load Comments

Reviews

November 24, 2020 - 0

Review MediaTek Helio P95: G Series Kalah Kencang?

Kali ini tim Jagat Review akan kembali membahas soal SoC,…
November 14, 2020 - 0

Review Infinix Note 8: Murah, Kencang, Besar dan Lengkap

Infinix belakangan ini cukup gencar meluncurkan produk terbaru mereka. Setelah…
November 11, 2020 - 0

Review Vivo Y20s: Hadir dengan Chipset Snapdragon Terbaru

Tidak lama ini, Vivo baru saja mengumumkan smartphone Vivo Y20s…
November 10, 2020 - 0

Review Realme Narzo 20 Pro: Gaming Kencang, Harga Rp 3 Jutaan

realme kembali merilis seri Narzo terbaru yaitu Narzo 20 dan…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Jika berurusan dengan barang gadget atau elektronik, pastinya Charger merupakan…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Bagi kalian yang mungkin sedang mencari produk smart band murah,…
September 24, 2020 - 0

Review Huawei Freebuds 3i: Lebih Murah, Tapi Lebih Bagus

Selain produk smartphone, Huawei juga gencar meluncurkan produk gagdet lainnya.…
September 16, 2020 - 0

Hands-On Samsung Galaxy Watch3: Premium, Kaya Fitur

Pada hari Rabu (16/9), Samsung Indonesia baru saja memperkenalkan secara…