in: Featured - Highlights - Reviews | August 25, 2020 | by: Irham

Review realme X50 Pro 5G: Flagship Mumpuni, Siap Untuk Era 5G

realme kembali menghadirkan smartphone anyar mereka yang kali ini datang dengan slogan Speed of the Future. Smartphone yang satu ini tampaknya memang bisa dibilang smartphone masa depan, karena diproyeksikan sebagai realme’s First 5G Flagship Phone. Kali ini Jagat Gadget telah kedatangan smartphone realme X50 Pro 5G untuk di review.

realme X50 Pro 5G mengedepankan fitur 5G sebagai keunggulan utamanya, disamping performa kencang, layar memukau dan kamera mumpuni. Meskipun saat ini 5G sendiri belum tersedia di Indonesia, namun realme ingin menjadikan realme X50 Pro 5G sebagai perangkat yang turut mempelopori hadirnya 5G di tanah air.

Langsung saja kita simak ulasan lengkap realme X50 Pro 5G berikut ini.

Desain

realme X50 Pro 5G dengan konsep desain saturasi warna yang rendah, tidak terlalu mencolok, dan terlihat berbeda dari perangkat smartphone realme seri lainnya. Dua warna yang ditawarkan yaitu Moss Green dan Rust Red. Warna ini justru terinspirasi dari karat dan lumut, namun tetap dipoles dengan finishing yang glossy.

Unit realme X50 Pro 5G yang kami uji dalam review ini dibalut dengan material kaca Gorilla Glass 5 (depan) dan AG (Asahi Glass) Technology dibagian belakang, seperti klaim realme. Permukaanya memiliki tekstur 0,15 micron, yang membuat permukaan matte dan memberikan grip yang baik bagi pengguna. Lebih dari itu, tekstur ini juga tidak menyebabkan sidik jari pengguna menempel pada body.

realme juga menyebutkan bahwa untuk mendapatkan tampilan dan polesan tersebut, membutuhkan enam proses pelapisan dan pengecatan selama 21 hari untuk mendapatkan warna dan tekstur yang terbaik. Sedangkan pada bagian framenya menggunakan material aluminium.

Untuk dimensinya, secara presisi perangkat ini memiliki ukuran 158.96mm x 74.24mm dan tebal 8.9mm. Sedangkan beratnya yaitu sekitar 205gram. Ukuran layar dari realme X50 Pro 5G yaitu sebesar 6,44 inci. Layar ini memiliki dual notch di sisi kanan atas, untuk penempatan kamera selfie dual sensor.

Tak hanya itu, layar smartphone ini juga telah dibekali dengan in Display fingerprint, sensor sidik jari yang tertanam di dalam layar. Sensor ini menggunakan teknologi terbaru G3.0 yang meningkatkan sensitivtas sebesar 40%, dan memiliki respon yang cepat yaitu 0,27 detik untuk membuka layar.

Beralih ke slot dan tombol, perangkat ini memiliki tombol power di sisi bagian kanan. Sedangkan untuk tombol volumenya terletak di sisi bagian kiri. Di sisi bagian bawah terdapat slot USB Type C, grill Speaker, Microphone dan juga Tray SIM Card.

Ya, kali ini realme menghadirkan tray SIMCard berada di bagian bawah, dengan dua buah slot SIMCard. Tidak ada slot MicroSD pada smartphone yang satu ini. Sedangkan di sisi bagian atas hanya terlihat lubang microphone kedua. Tidak ada pula lubang jack 3,5mm di smartphone ini.

Spesifikasi

Spesifikasi yang ditawarkan oleh realme X50 Pro 5G, tentunya sudah berada di standar smartphone flagship terkini. Dimana perangkat ini memiliki layar Super AMOLED dengan ukuran 6,44 inci beresolusi FHD+, tingkat kecerahan 1000nits, serta rasio screen to body sebesar 92%.

Layar memiliki visibilitas yang sangat baik dikondisi cerah, dan juga memiliki mode perlindungan untuk mata ketika malam hari. Layar ini juga telah mendukung refresh rate 90Hz , touch sampling rate 180Hz, HDR10+, 100% DCI-P3 serta 105% NTSC color gamuts.

Review realme X50 Pro

Untuk dapur pacunya, realme X50Pro mengandalkan SoC flagship dari Qualcomm tahun ini yaitu Snapdragon 865 Octa-core 2,8GHz 7nm (1×2.84 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.8 GHz Kryo 585), dengan GPU Adreno 650. SoC ini digandengkan dengan RAM berkapasitas 12GB LPDDR5, serta internal storage sebesar 256GB UFS 3.0.

Secara teori, LPDDR5 2x lebih cepat dari versi versi sebelumnya-LPDDR4, dan hampir 50% lebih cepat dari versi high-frequency LPDDR4. Lalu storage UFS 3.0 memiliki kecepatan baca  mencapai 1700-1900MB/detik.

realme juga meningkatan sistem pendingin dengan vapor chamber dan Multi-layer Solid Graphite, yang memiliki performa pembuangan panas 3 kali lipat lebih baik dibandingkan dengan heat pipe generasi sebelumnya.

Pada aspek daya, smartphone ini memiliki baterai berkapasitas 4500mAh. realme menggunakan adaptor pengisian cepat SuperDart, yang memiliki output 65W. Kemampuan daya akan dibahas lebih lengkap di halaman berikutnya.

Untuk fitur kameranya, sensor yang ditawarkan tidak jauh berbeda dari seri flagship realme lainnya yaitu dengan sensor utama 64MP F/1.8, serta sensor Telephoto 12MP F/2.5 (2X Optical Zoom), Ultra Wide 8MP F/2.3 dan Depth B/W 2MP. Sedangkan kamera selfienya menggunakan dual sensor 32MP F/2.5 dan ultra wide 8MP F/2.2.

review realme X50 Pro 5G

Fitur-fitur kamera yang tersedia untuk kebutuhan fotografi yaitu Koreksi Distorsi Portrait, Hyper Text, Mode Ultra 64MP,Ultra Nightscape, Super Nightscape, Panorama, Mode Pakar, Timelapse, Mode Portrait, HDR, Mode Ultra wide, Mode Ultra Makro, Pengenalan Adegan berbasis AI, AI Beauty, Filter, Chroma Boost, Slo-Mo, dan Kontrol Efek Bokeh.

Sedangkan untuk fitur video, daiantaranya seperti Stabilisasi Video UIS, UIS Max, Video Ultra Wide-angle, Video Efek Bokeh Real-time dan perekaman Video hingga 1080/60FPS atau 4K/30FPS.

Sensornya pun lengkap, mulai dari Magnetic induction sensor, Light sensor, Proximity sensor, Gyro-meter, dan Acceleration sensor.review realme X50 Pro 5G

Di sisi software, realme mengandalkan realme UI berbasis Android 10, yang memiliki beberapa fitur unggulan seperti Dual Mode Music Share, Mode Fokus, Screenshot dengan gesture 3 jari, Dark Mode, dan perlindungan data pribadi.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4 5
: , , , , , , , ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | October 15, 2020 | Comments

Harga Rp 2 Jutaan, realme C17 Usung Memori 256GB

News | October 6, 2020 | Comments

realme Leap to Next Gen, Tampilkan Smart TV Hingga Sikat Gigi

News - Reviews | September 14, 2020 | Comments

Review Helio G25 & G35: Beneran SoC Gaming Murah?

News | October 2, 2020 | Comments

Google Umumkan Chromecaset with Google TV