Review realme X50 Pro 5G: Flagship Mumpuni, Siap Untuk Era 5G

Author
Irham
Reading time:
August 25, 2020

Kamera

realme X50 Pro 5G menawarkan fitur fotografi kelas flagship lewat konfigurasi empat kamera di belakang. Diantarnya yaitu kamera utama 64MP, 12MP lensa telefoto dengan 20x hybrid zoom, 8MP 119° lensa ultra wide-angle makro dan 2MP lensa B&W portrait. Dengan keempat sensor ini, pengguna bisa mendapatkan pengalaman fotografi yang cukup beragam.

Untuk kualitas kamera utama, terbilang sudah sangat mumpuni dikelasnya. Dengan sensor Samsung GW1 64MP, f/1.8 large aperture, dan lensa 6P, kualitas foto yang dihasilkan memiliki detail, pewarnaan dan yang cukup baik serta pencahayaan yang baik.

Fitur HDR membuat gambar terlihat lebih hidup. Dikondisi backlight, kamera secara pintar bisa mendeteksi objek dengan baik sehingga tidak terlihat siluet. Di kondisi minim cahaya pun tidak terlihat noise yang mengganggu. Apalagi realme juga membekali kamera X50 Pro 5G dengan fitur NightScape, untuk kondisi yang sangat gelap pengguna bisa mengaktifkan fitur tersebut agar mendapatkan eksposur lebih banyak.

realme X50 Pro 5G juga memiliki kemampuan Zoom Hybrid hingga 20X lipat dengan kamera Telephoto 12MP. Teknologi Hybrid Zoom menggabungkan teknologi optical Zoom yang ada pada hardware sensor dan juga Digital Zoom menggunakan sensor. Dengan kemampuan tersebut, smartphone bisa memberikan kemampuan Zoom yang lebih jauh.

Dalam proses men-zoom gambar, realme memiliki teknologi baru yaitu Smooth Zoom Technology untuk memperhalus proses zooming, memungkinkan pengguna mengambil foto atau video seolah-olah menggunakan lensa yang sama.

Untuk sensor ultrawide 8MP 119° yang digunakan masih mirip dengan yang ada pada realme 6 series. Kamera ultrawide sudah cukup memuaskan, apalagi juga telah dibekali dengan sistem autofokus. Meskipun untuk kualitas detail dari kamera ultrawide ini tidak sama dengan kamera utama, namun dengan kamera ultrawide ini pengguna sudah dapat mengabadikan foto dengan perspektif yang lebih luas untuk kebutuhan dokumentasi.

Sensor depth sensor B/W memberikan pengalaman tambahan pada kamera realme X50 Pro 5G. Sensor ini membantu kamera utama untuk mendapatkan detail serta Dynamic Range yang lebih baik. Saat digunakan dalam mode potrait, depth sensor B/W juga akan merekam ruang pada objek, untuk memberikan tracing pada area blur dan fokus secara tepat.

Kamera selfie realme X50 Pro menggunakan sensor 32MP F/2.5 dan ultra wide 8MP F/2.2. konfigurasi ini mirip dengan yang ada pada realme 6 Pro maupun X3 SuperZoom. Untuk kualitasnya tetap memuaskan, memiliki detail dan warna yang baik, dan autofokus yang baik. Hanya saja untuk dynamic range masih kurang maksimal terutama untuk perekaman video. Dengan lensa ultra wide, pengguna bisa mengabadikan foto selfie dengan angle background yang lebih luas. Berbagai fitur yang tersemat di kamera utama juga tersedia pada kamera selfie.

Untuk perekaman video, realme X50 Pro memiliki kemampuan perekaman 1080/60FPS hingga 4K/60FPS. Yang menarik, realme X50 Pro juga dibekali dengan teknologi UIS (Ultra Image Stabilizer) dan UIS Max, sehingga pengguna bisa merekam video dengan lebih stabil.

Untuk UIS Max, smartphone akan merekam menggunakan sensor Ultrawide 8MP untuk menghasilkan video yang jauh lebih stabil lagi. Namun meskipun lebih stabil, kualitas video UIS Max tidak sebagus UIS standar yang menggunakan kamera utama 64MP.

Video bokeh realtime kini juga hadir di realme X50 Pro 5G. Dengan fitur ini, pengguna bisa mengabadikan video bokeh secara langsung, juga dengan beragam filter-filter tambahan yang akan membuat video semakin estetik. Baik fitur UIS, UIS Max dan Video Bokeh realtime dapat digunakan pada kamera selfie maupun kamera utama. Berikut hasil video menggunakan kamera realme X50 Pro.

Berikut Sample video menggunakan realme X50 Pro:

FullHD – 30FPS

FullHD – 60FPS

Video UIS

Video UIS Max

Smooth Zoom Technology

Video Selfie FHD – 30FPS

Video Realtime Bokeh

*Untuk perekaman video 4K bisa dilihat di review lengkap realme X50 Pro di channel youtube Jagat Review TV.

Baterai

Pada pengujian baterai di review realme X50 Pro 5G kali ini, seperti biasa kami melakukannya dengan memutar video secara playback dari kondisi baterai penuh hingga kosong. realme X50 Pro dengan kapasitas baterai 4200mAh yang diusungnya mampu bertahan selama 16 jam, 58 menit.

Tidak begitu istimewa, dan terbilang standar untuk kapasitas baterainya yang ditawarkan. Dengan kapasitas baterai yang tidak begitu besar tersebut, namun smartphone ini juga masih dapat digunakan selama seharian, tergantung dengan jenis penggunaannya.

Namun untuk pengisian dayanya, smartphone ini sangatlah memuaskan. Untuk mengisi baterai dari kondisi habis hingga penuh 100%, hanya membutuhkan waktu sekitar 38 menit. Tentunya ini berkat pengisian daya cepat realme SuperDart Flash Charge yang memiliki output 65W.

Load Comments

Reviews

November 14, 2020 - 0

Review Infinix Note 8: Murah, Kencang, Besar dan Lengkap

Harga Untuk harga, Infinix Note 8 datang dengan dua pilihan…
November 11, 2020 - 0

Review Vivo Y20s: Hadir dengan Chipset Snapdragon Terbaru

Hasil Uji Performa Untuk menguji performa dari Vivo Y20s, kami…
November 10, 2020 - 0

Review Realme Narzo 20 Pro: Gaming Kencang, Harga Rp 3 Jutaan

Kesimpulan Dari keseluruhan pengujian review realme Narzo 20 Pro, kami…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Baterai Untuk daya tahan baterai, dalam pemakaian selama 5 jam,…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Kesimpulan Berdasarkan pengalaman kami selama review TWS QCY T7 ini,…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Baterai Untuk daya tahan baterai, dalam pemakaian selama 5 jam,…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Pengujian Charger Baseus – Smartphone Dalam menguji seluruh charger Baseus…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Kesimpulan Berdasarkan pengalaman kami selama review TWS QCY T7 ini,…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Kesimpulan Dari keseluruhan pengujian review, Mi Smart Band 5 terbilang…
September 24, 2020 - 0

Review Huawei Freebuds 3i: Lebih Murah, Tapi Lebih Bagus

Kesimpulan Dari keseluruhan hasil pengujian review, Huawei Freebuds 3i menghadirkan…
September 16, 2020 - 0

Hands-On Samsung Galaxy Watch3: Premium, Kaya Fitur

Fitur Unggulan Galaxy Watch3 telah dilengkapi dengan dukungan Watch Faces…