in: Highlights - News | August 9, 2020 | by: Tim Jagat Review

Samsung Galaxy Note20 Series: Terbaru dari Lini Smartphone yang Selalu Menarik

Smartphone dari lini Galaxy Note bisa dikatakan merupakan produk yang unik. Banyak yang selalu menantikan kehadiran smartphone baru dari lini ini, tetapi tidak sedikit pula yang mempertanyakan mengapa hal tersebut selalu terjadi. Demikian pula untuk Galaxy Note20 Series, smartphone terbaru untuk keluarga Galaxy Note yang baru diperkenalkan Samsung beberapa hari lalu ini.

 

 

Apa yang membuat smartphone baru dari keluarga ini menarik dan berbeda? Mengapa banyak orang menantikan kehadiran produk baru untuk keluarga smartphone yang satu ini? Sebelum membahasnya, mari kita lihat dulu seperti apa perjalanan keluarga Galaxy Note ini.

Galaxy Note: Perjalanan Hampir 10 Tahun

Samsung Galaxy Note, diperkenalkan tahun 2011 lalu.

Samsung pertama kali memperkenalkan smartphone Galaxy Note pada tahun 2011, hampir 10 tahun lalu. Saat itu, Galaxy Note hadir dengan layar 5.29 inci, di era di mana smartphone dengan layar 4.5 inci saja sudah dipandang sebagai smartphone yang besar. RAM 1 GB yang digunakan saat itu juga sudah dipandang sebagai kapasitas yang besar. Tentu saja, Galaxy Note pertama itu hadir dengan ciri khas yang dipertahankan dan terus ditingkatkan kemampuannya hingga saat ini, yaitu stylus.

Galaxy Note II (kiri) diperkenalkan di tahun 2012, kemudian disusul Galaxy Note3 (kanan) di 2013.

Walaupun Galaxy Note pertama itu belum bisa dikatakan benar-benar sukses, ciri khas yang unik membuat banyak orang menaruh perhatian ke lini tersebut. Samsung pun melanjutkan lini tersebut dengan memperkenalkan Galaxy Note II di tahun 2012, dengan layar Super AMOLED 5.5 inci. Kemudian di tahun 2013, Galaxy Note3 hadir. Galaxy Note3 ini dilengkapi dengan fitur yang terbilang sangat menarik di era itu, yaitu dengan layar 1080p, kamera 13 MP, serta fitur lebih di S Pen, nama yang digunakan Samsung untuk menyebut stylus di keluarga Galaxy Note.

Galaxy Note4 dan Galaxy Note Edge diperkenalkan di tahun 2014.

Galaxy Note4 menyusul di tahun 2014, dan ini merupakan titik di mana keluarga Galaxy Note jadi makin diperhitungkan. Hadir dengan layar QHD dan fingerprint scanner, Galaxy Note4 ini juga mulai dibekali dengan aplikasi-aplikasi khusus yang memanfaatkan kelebihan S Pen. Di waktu yang sama, Samsung juga menghadirkan varian dari Galaxy Note4, dengan spesifikasi serupa, tetapi dengan layar ‘edge’, yang disebut sebagai Galaxy Note Edge.

Beralih ke tahun 2015, Samsung memperkenalkan Galaxy Note5, dengan sejumlah perbaikan lagi dari Galaxy Note4. Galaxy Note5 ini juga hadir dengan desain dan fitur premium, termasuk dengan heartbeat sensor, serta S Pen yang kemampuannya ditingkatkan lagi. Exynos 7420, SoC dengan fabrikasi 14 nm, terbaik di masanya, juga digunakan di smartphone ini. Di Galaxy Note5 ini juga, S Pen dengan desain yang memudahkan pengguna melepasnya dari smartphone, yang terus digunakan Samsung hingga saat ini, mulai digunakan.

Galaxy Note5 (2015 – kiri) dan Galaxy Note7 (kanan – 2016)

Lalu, di tahun 2016, Samsung merilis Galaxy Note7, dengan layar Super AMOLED 5.7 inci dengan desain dual edge dan fitur-fitur menarik seperti iris scanner dan always-on display. Smartphone ini memang sempat menimbulkan masalah yang untungnya sukses ditangani dengan baik oleh Samsung, dan hal itu tampaknya dijadikan pelajaran berharga oleh Samsung untuk peningkatan yang mereka hadirkan di lini Galaxy Note berikutnya, terkait dengan pengujian keamanan baterai. Galaxy Note7 sendiri akhirnya dirilis ulang di tahun 2017 sebagai Galaxy Note FE.

Galaxy Note8 (kiri – diperkenalkan di tahun 2017) dan Galaxy Note9 (kanan -diperkenalkan di tahun 2018).

Tahun 2017, Samsung merilis Galaxy Note8, dengan setup dual-camera. Smartphone ini melanjutkan tren menggunakan layar ukuran besar, dengan ukuran 6.32 inci. Galaxy Note8 ini juga dilengkapi dengan tombol khusus untuk Bixby. Smartphone ini menggunakan SoC dengan fabrikasi 10 nm, Exynos 8895, salah satu yang terkencang di era tersebut.

Galaxy Note10 dan Galaxy Note10+ hadir di tahun 2019.

Smartphone berikutnya dari keluarga Galaxy Note, Galaxy Note9, dirilis tahun 2018, kali ini dengan peningkatan dari sisi S Pen, di mana dengan memanfaatkan Bluetooth Low Energy, S Pen bisa digunakan sebagaimana sebuah remote control di aplikasi tertentu. Sementara untuk di tahun 2019 lalu, Galaxy Note10 dirilis dengan layar Dynamic AMOLED, Air Action untuk S Pen, serta ultrasonic fingerprint scanner. Smartphone tersebut juga datang dengan kemampuan menarik yang hanya bisa ditawarkan oleh Galaxy Note, yaitu kapabilitas Handwriting-to-Text.

Galaxy Note20 Series: Terbaik dari Samsung di Tahun 2020

Melanjutkan apa yang sudah mereka lakukan sejak tahun 2010, dengan berbagai peningkatan yang dihasilkan dari hal yang mereka pelajari dari lini Galaxy Note sebelumnya, beberapa hari lalu Samsung memperkenalkan Galaxy Note20 Series. Terdapat dua smartphone yang menjadi anggota Galaxy Note20 Series ini, yaitu Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra. Keduanya mengusung beberapa fitur baru, dengan peningkatan dari sisi performa, layar, baterai, hingga S Pen.

Galaxy Note20 Ultra

Berbagai hal yang dihadirkan di Galaxy Note20 Series ini membuatnya layak menyandang gelar terbaik yang ditawarkan Samsung di tahun 2020 ini. Mengapa? Bukankah dari dapur pacu, smartphone ini masih mirip dengan Galaxy S20 Series? Jawabannya adalah optimasi! Lini Galaxy Note biasanya hadir dengan penyempurnaan yang dirumuskan dari hal-hal yang dipelajari dari Galaxy S Series, yang memang dirilis lebih awal setiap tahunnya. Jadi, tidak salah kan kalau kita menyebut Galaxy Note20 Series sebagai yang terbaik dari Samsung di tahun 2020 ini.

Bila dibandingkan dengan Galaxy Note10 Series, Galaxy Note20 Series dengan Exynos 990 menawarkan peningkatan performa hingga 19% dari sisi CPU dan 13% dari sisi GPU. Optimasi AI yang dihadirkan oleh Exynos 990 dengan fabrikasi 7 nm ini juga membawa peningkatan di beberapa bidang, termasuk juga di kamera. Sementara penggunaan memori LPDDR5, selain mendukung dari sisi peforma, juga membuat multitasking di smartphone Galaxy Note20 Series terasa sangat nyaman.

Galaxy Note20

Sementara untuk layar, Galaxy Note20 Ultra dibekali dengan Dynamic AMOLED 2X, dengan tingkat brightness mencapai 1500 nits. Hal yang menarik adalah, layar ini mendukung refresh rate tinggi, hingga 120 Hz untuk penggunaan di resolusi FHD+, dengan touch sampling rate mencapai 240 Hz. Bila resolusi tinggi dibutuhkan, terdapat opsi untuk meningkatkan resolusi ke maksimal yang didukung layar Galaxy Note20 Ultra, yaitu QHD+. HDR10+ juga didukung oleh kedua smartphone baru ini.

Baterai juga jadi aspek yang diperhatikan Samsung di Galaxy Note20 Series. Galaxy Note20 Series ini hadir dengan baterai yang cukup besar, 4300 mAh untuk Galaxy Note20 dan 4500 mAh untuk Galaxy Note20 Ultra. Samsung menyebutkan bahwa daya tahan yang ditawarkan akan terbilang luar biasa, cukup untuk penggunaan mendukung aktivitas seharian.

Selain penyempurnaan di atas, Galaxy Note20 Series juga punya keunggulan dari sisi S Pen. Ya, apa yang ditawarkan oleh S Pen ini memang tidak bisa direplikasi di smartphone lain. S Pen ini tidak hanya bisa memberikan keluwesan input ke layar, tetapi juga presisi tinggi. Latency hanya 9 ms yang ditawarkan S Pen di Galaxy Note20 Ultra juga membuatnya menawarkan pengalaman terbaik menggunakan S Pen serupa dengan yang dirasakan ketika menggunakan pen di kertas. Tersedia juga beberapa gesture baru untuk Air Action, serta fitur Audio Bookmark di S Notes yang didukung oleh S Pen ini.

Smartphone “Murah” Terbaik, Bagi yang Bisa Memanfaatkannya

Samsung menyebut Galaxy Note20 Series ini sebagai ‘power-phone’, yang tampaknya menunjukkan bahwa smartphone tersebut punya kemampuan yang memadai untuk berbagai kebutuhan, baik itu terkait dengan pekerjaan maupun aktivitas sehari-hari lain. Bila dimanfaatkan kemampuannya secara maksimal, Galaxy Note20 dan Galaxy Note20 Ultra memang bisa menawarkan berbagai hal, yang bisa meningkatkan produktivitas penggunanya. Misalnya, untuk pembuatan video YouTube, Galaxy Note20 Series dilengkapi kamera yang terbilang mumpuni untuk pengambilan video, bahkan hingga resolusi 8K di 24 fps, dengan Pro-Grade Camera. Sementara untuk editing, layar besar, 6.9 inci di Galaxy Note20 Ultra, terbesar di jajaran smartphone Samsung hingga saat ini, dan 6.7 inci di Galaxy Note20, akan memudahkan editing, terlebih lagi dengan dukungan S Pen.

Jadi, dengan segala kelebihan dan kelengkapan fitur yang ditawarkan, Galaxy Note, khususnya Galaxy Note20 Series untuk tahun 2020 ini, benar-benar bisa jadi senjata yang sangat bisa diandalkan. Bila digunakan oleh yang bisa memanfaatkan kemampuannya, smartphone ini bahkan bisa dirasa murah, karena fungsi yang ditawarkan bahkan bisa menggantikan beberapa perangkat sekaligus. Dan ya, itu semua bisa didapatkan dalam sebuah perangkat yang nyaman digenggam, tidak terlalu besar, tidak terlalu berat, dan tentu saja hadir dalam penampilan yang menarik.

: , ,

COMMENTS