Hands-On Samsung Galaxy Z Fold2: Mevvah.

Author
Irham
Reading time:
September 28, 2020

Tim Jagat review telah kedatangan produk terbaru Samsung yaitu Galaxy Z Fold2, dan telah melakukan Hands on untuk produk gadget kelas atas yang satu ini. Ya, untuk kesempatan ini kami baru hanya bisa memberikan hasil pengujian hands on lantaran waktu peminjaman yang singkat.

13 Handson Galaxy Z Fold2
Hands on Samsung Galaxy Z Fold2

Samsung Galaxy Fold2 mungkin adalah salah satu gadget paling mewah yang banyak ditunggu kehadirannya oleh para antusias gadget di tahun ini. Namun sepertinya perangkat ini bukan hanya dinantikan oleh para penggila teknologi, melainkan juga oleh para penikmat produk lifestyle. Tak heran, karena Samsung menghadirkan kemewahan tinggi lewat produknya yang satu ini.

Langsung saja, simak hands on singkat Samsung Galaxy Z Fold2 berikut ini.

Desain

Galaxy Z Fold2 memang dihadirkan oleh Samsung sebagai produk gadget yang mewah. Kemewahan menjadi bagian yang sama pentingnya bagi pengguna, sebagaimana pentingnya keunggulan teknologi.

Handson Galaxy Z Fold2

Perangkat ini membawa desain elegan dengan bodi ramping memberikan tampilan dan feel yang premium, dimana Galaxy Z Fold2 juga didukung oleh kehadiran Samsung Ultra Thin Glass pada bagian layar utama. Sehingga dapat memberikan tampilan yang cantik namun kokoh.

 Handson Galaxy Z Fold2

Peningkatan yang paling utama pada desain Galaxy Z Fold2 yaitu pada sistem engsel, yaitu menggunakan desain engesel tersembunyi (hideaway hinge) yang mendukung Flex Mode. Desain ini pertama kali digunakan pada Galaxy Z Flip, yaitu menggunakan teknologi Cam, menggantikan teknologi Ball yang digunakan sebelumnya.

 Handson Galaxy Z Fold2

Dengan teknologi ini, memungkinkan pengguna untuk memposisikan layar dengan sudut sebebas mungkin tanpa mengalami magnetic interference, atau kesan tertutup dengan cepat seperti tertarik gaya magnet.

Dalam kondisi tertutup dan terbuka, Galaxy Z Fold2 menghadirkan tampilan dan penggunaan yang nyaman dan berkelas. Ketika digenggam menggunakan satu tangan, melalui layar cover Super AMOLED Infinity-O sebesar 6,2-inci, pengguna dapat dengan mudah mengecek email, mencari petunjuk arah, atau bahkan menikmati konten favorit tanpa perlu membuka device.

Saat dibuka, pengguna dimanjakan dengan layar utama Dynamic AMOLED 2X seluas 7,6-inci yang membentang dengan bezel yang diperkecil dan kamera depan tanpa notch. Cocok digunakan untuk menemani waktu luang pengguna yang dimanfaatkan untuk membaca e-book favorit, atau konten visual dengan lebih menyenangkan.

Screenshot 20200925 180900 Settings

Dengan refresh rate 120Hz yang dapat disesuaikan untuk scrolling dan aktivitas gaming yang mulus. Didukung dengan speaker terbaru serta suara yang lebih jernih, dan dihasilkan dari speaker ganda berdinamis tinggi.

Baca Juga: Review Galaxy Tab S7+: Tablet Android Terbaik 2020

Namun yang menurut kami masih perlu ditingkatkan yaitu penempatan tombol power dan volume. Disini, Galaxy Fold 2 masih menggunakan tombol power dan volume pada sisi yang sama. Sehingg agak menyulitkan untuk menekan tombol saat layar dalam posisi terbentang. Akan lebih nyaman jika tombol volume diletakan di sisi kiri saat layar dibentangkan, sehingga lebih mudah dinavigasikan.

 Handson Galaxy Z Fold2

Tapi yang menarik, adalah layout keyboard saat posisi smartphone dibentangkan. Keyboard seakan terpisah dibagian kiri dan kanan guna memudahkan pengguna mengetik menggunakan kedua ibu jari meski dengan layar lebar.

Untuk port, USB Type C dan microphone berada di bagian bawah, sisi sebelah kanan posisi membentang. Terdapat pula grill speaker di sisi bawah, bagian kiri. Tidak ada lubang Jack 3,5mm untuk earphone bagi pengguna, karena untuk earphone yang tersedia di paket penjualan juga telah menggunakan USB Type C.

8. Handson Galaxy Z Fold2

Dan sepertinya pengguna memang harus all out tampil full techy dengan earphone TWS/ bluetooth speaker jika memang perlu menggunakan perangkat audio lain.

Galaxy Z Fold2 hanya menyediakan satu slot SIMCard dengan tipe Nano, yang tersedia di sisi bagian kiri. Pengguna bisa menambahkan SIM lainnya melalui fitur E-SIM yang tersedia.

 Handson Galaxy Z Fold2

Spesifikasi

Galaxy Z Fold2 dipacu dengan SoC Snapdragon 865 Octa-Core 7nm 64 bit 3.09GHz + 2.40GHz + 1.8GHz & GPU Adreno 650). SoC tersebut dipasangkan dengan RAM LPDDR5 berkapasitas 12GB serta media penyimpanan dengan pilihan 256GB dan 512GB.

Galaxy Z Fold2 memiliki spesifikasi kamera yang diantaranya yaitu 12MP Ultra Wide Camera F/2.2 , 12MP Wide-angle Camera F/1.8,(Super Speed Dual Pixel AF, OIS) serta 12MP Telephoto Camera F/2.4 (PDAF, OIS). Kamera utama Galaxy Z Fold2 memiliki fitur dianaranya Dual OIS, 0.5x out and 2x in optical zoom, Up to 10x digital zoom, HDR10+ recording,  dan Tracking AF.

 Handson Galaxy Z Fold2

Sedangkan untuk kamera depan yang terletak di bagian penutup memiliki sensor 10MP F/2.2, sensor yang juga sama diletakan pada selfie kamera di Galaxy Z Fold2. Jadi keseluruhan, smartphone ini memiliki total 5 sensor kamera.

 Handson Galaxy Z Fold2

Kapasitas yang ditawarkan di Galaxy Z Fold2 tidak begitu besar yaitu 4500mAh. Namun Samsung mengklaim ini akan memberikan daya yang cukup pada pemakaian Galaxy Z Fold2. Samsung menggunakan mekanisme dual battery pada smartphone layar lipat terbarunya ini.

Daya tersebut didukung dengan pengisian cepat serta pengisian wireless. Untuk konektivitasnya perangkat ini sudah mendukung jaringan 5G, 4G, WiFi 6 (ax), NFC dan juga Bluetooth 5.0.

Pertanyaan yang mungkin banyak dilemparkan terkait apakah Galaxy Z Fold2 dilengkapi dengan S Pen layaknya Galaxy Note Series, sayangnya perangkat ini belum dilengkapi dukungan aksesori tersebut.

Samsung menyebutkan bahwa untuk S Pen dapat berjalan optimal, maka layar akan membutuhkan lapisan tambahan yang bisa membuat respon layar menjadi lebih tinggi. Sayangnya di layar fleksibel Galaxy Z Fold2 ini, teknologi tersebut masih belum memungkinkan.

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…