Nokia Perkenalkan Dua Smartphone Murah Terbaru

Reading time:
September 22, 2020

Nokia, merek perangkat telekomunikasi ternama yang kini ada di bawah HMD Global, baru saja memperkenalkan produk smartphone baru mereka. Terdapat dua smartphone yang diperkenalkan melalui acara online bertajuk “#OnlyGadgetYouNeed” yang ditayangkan di YouTube. Keduanya diposisikan untuk bersaing di menengah dan menengah-bawah, menjadi tawaran smartphone murah terbaru dari merek yang satu ini.

Nokia
CEO Nokia membuka acara perkenalan smartphone baru mereka.

Nokia 2.4: Usung AI Camera dan Layar “Cinematic Format”

Varian yang lebih terjangkau ini disebut Nokia hadir sebagai smartphone murah yang “Android 11 Ready”, yang tampaknya berarti ke depan smartphone ini akan mendapatkan update ke versi Android terbaru itu. Di smartphone ini Nokia menawarkan layar 6.5″ HD+ dengan “cinematic format“, yaitu rasio 21:9. Sementara untuk baterai, Nokia menyebutkan daya tahan lebih dari sehari akan didapatkan di smartphone ini. Terdapat fingerprint scanner di bodi belakang dari smartphone ini.

Nokia 2.4
Nokia 2.4

Kamera utama di Nokia 2.4 ini menggunakan konfigurasi dual-camera, dengan sensor utama dan depth sensor. Fitur AI disematkan ke dalam kamera ini, salah satunya untuk Night Mode yang diharapkan memberikan peningkatan kualitas saat pengambilan foto di lingkungan gelap atau dengan pencahayaan yang tidak merata. Tersedia juga kemampuan untuk melakukan pengaturan efek bokeh setelah gambar diambil. Kedua hal ini disebut pertama kalinya hadir di Nokia 2 Series.

Opsi warna Nokia 2.4
Opsi warna Nokia 2.4

Harga yang disebutkan Nokia untuk smartphone ini adalah EUR 119. Belum diketahui detail spesifikasi lengkap dari smartphone ini. Opsi warna yang tersedia untuk smartphone ini adalah charcoal, fyord, dan dusk, yang disebut merupakan warna-warna yang datang dari tempat asal Nokia, kawasan Skandinavia.

Nokia 3.4: Snapdragon 460 dan Triple Camera

Beralih ke varian yang diposisikan di kelas yang lebih tinggi, smartphone yang satu ini hadir dengan Android One dan layar 6.39″, juga dengan resolusi HD+. Snapdragon 460 diandalkan Nokia sebagai dapur pacu dari Nokia 3.4 ini. Menurut mereka, ini merupakan peningkatan performa yang sangat besar untuk Nokia 3 Series, mencapai 70% dibandingkan dengan pendahulunya. Tidak heran, karena Snapdragon 460 sendiri mengusung core kelas performance, Cortex A73, yang sebelumnya memang tidak ada di SoC yang digunakan di produk Nokia 3 Series.

Nokia 3.4
Nokia 3.4

Untuk kamera, smartphone ini hadir dengan konfigurasi triple camera, dengan kamera ultra-wide dan depth sensor menemani sensor utama. Ketiga kamera, beserta dengan LED Flash-nya, disusun dalam lingkaran yang ada di sisi belakang smartphone. Juga hadir dengan fitur AI, konfigurasi seperti ini pertama kalinya hadir di Nokia 3 Series. Sementara untuk kamera selfie, Nokia menggunakan desain “hole-in“, atau biasa juga disebut sebagai “punch hole”.

Opsi warna Nokia 3.4
Opsi warna Nokia 3.4

Nokia menyebutkan bahwa smartphone ini dipasarkan dengan harga EUR 159. Nokia 3.4 ini akan hadir dalam warna charcoal, fyord, dan dusk seperti Nokia 2.4. Sayangnya, detail lengkap spesifikasi yang ditawarkan smartphone ini juga belum tersedia.

Jajaran Aksesori Baru: Melengkapi Pengalaman Menggunakan Smartphone Nokia

Selain kedua smartphone baru itu, Nokia juga mengumumkan jajaran aksesori baru mereka. Pertama adalah Nokia Power Earbuds Lite, sebuah TWS dengan sertifikasi IPX7. Earbud ini dilengkapi dengan charging case yang membuatnya bisa bertahan hingga 35 jam penggunaan. Ada juga Portable Wireless Speaker, yang dilengkapi dengan microphone sehingga bisa digunakan sebagai handsfree. Speaker ini juga dibekali kemampuan untuk menjadi speaker stereo, dengan menghubungkan dua buah speaker ini ke satu perangkat.

Nokia Power Earbuds Lite
Nokia Power Earbuds Lite

Terdapat juga beberapa case baru untuk Nokia 2.4 dan Nokia 3.4. Case pertama merupakan clear case dengan perlindungan ekstra untuk kedua smartphone baru tersebut. Sementara varian case lain yang juga ditawarkan Nokia adalah leather case dengan stand, yang dapat digunakan untuk memposisikan smartphone di posisi yang memudahkan pengguna menikmati konten.

Sayangnya, belum ada informasi terkait apakah Nokia akan membawa kedua smartphone ini, atau juga Nokia 8.3 5G yang diumumkan segera dipasarkan oleh Nokia, ke Indonesia. Namun, melihat bahwa Nokia juga mengundang perwakilan media dari Indonesia untuk menonton acara peluncuran kali ini, bisa jadi akan ada produk yang hadir ke Indonesia. Mari kita tunggu saja kabar dari Nokia selanjutnya.

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…