in: Reviews | September 17, 2020 | by: Irham

Review ASUS AI Noise Cancelling Adapter: Langsung Senyap!

Di artikel review kali ini kami akan membahas produk aksesori audio yaitu ASUS AI Noise Cancelling Adapter. Aksesori yang satu ini bisa dibilang cukup relevan untuk kebutuhan komunikasi kita saat pandemi dan physical distancing saat ini.

Aktivitas video conference saat pandemi meningkat, guna menghindari interaksi fisik. Kini orang-orang telah terbiasa melakukan Video conference baik menggunakan perangkat smartphone maupun perangkat PC/Laptop.

Namun sering kali video conference juga terganggu oleh satu dua hal. Misalnya dari segi audio, video conference jadi terganggu karena audio kurang maksimal. Contohnya karena suara bising dari latar.

Untuk menghindari hal tersebut, sebenarnya ada teknologi ANC (Active Noise Cancelling) yang tersedia di beberapa perangkat audio. Tapi bagi pengguna dengan perangkat audio, khususnya microphone pada headset yang belum mendukung ANC, kini tersedia solusi berupa ANC Adapter secara eksternal.

Baca Juga: Review ASUS ROG Strix GO 2.4, Headset + Mikrofon Anti Noise: Komunikas & Gaming Lancar

ASUS menyediakan produk berupa AI Noise Canceling Adapter, yang berfungsi mengubah perangkat headset audio standar, menjadi headset berteknologi mic ANC. Kali ini kita telah kedatangan produk ASUS AI Noise Cancelling Adapter untuk pengujian review, simak hasilnya berikut ini.

Desain & Spesifikasi

ASUS AI Noise Cancelling Adapter ini memiliki konektor USB Type C to Jack 3,5mm. Perangkat beserta kabel memiliki panjang kabelnya sekitar 13cm, untuk memberikan fleksibilitas saat digunakan. Bobotnya hanya sebesar 8gram, sangat mudah untuk dibawa kemanapun di kantong pengguna.

Review ASUS AI Noise Cancelling Adapter

Modul yang berada di bagian ujung dengan konektor USB Type C ini memiliki microphone lengkap dengan teknologi AI Noise Cancelling. Microphone. Teknologi ini menggunakan chipset AI, yang akan bekerja dengan mudah mengenali suara yang ada disekitar dengan lebih dari 50 juta data AI, dan mengeleminasi bising suara yang tidak diperlukan. Sehingga hanya suara pengguna saja yang akan terdengar jelas.

Review ASUS AI Noise-Cancelling Mic Adapter

Pengguna bisa memasangkan perangkat ini ke earphone kabel yang tidak memiliki microphone sehingga bisa mendapatkan fungsi microphone lewat adapter ini. Atau pengguna juga bisa memasangkannya dengan headset yang dilengkapi earphone untuk memberikan kualitas microphone multi directional.

Review ASUS AI Noise-Cancelling Mic Adapter

Microphone ini dapat menangkap suara dengan sensitivtas 90dB. Selain itu juga mampu memberikan suara lebih bertenaga ke earphone hingga 150 Ohm. ASUS juga membekali dengan DAC 96Khz/ 24-bit yang terpasang secara built in, serta teknologi Hyper-Grounding untuk mencegah interferensi elektromagnetik, sehingga dapat mengirimkan kualitas audio yang jernih dan maksimal.

Di dalam paket penjualan, terdapat pula dongle adapter USB Type C to USB 2.0. Dengan adapter tersebut, pengguna bisa memasangkannya ke perangkat PC maupun di perangkat gadget lain dengan konektor USB 2.0 Type A.

Untuk pengguna PC Windows, ASUS juga memberikan software khusus untuk kontrol perangkat AI Noise-Cancelling Adapter ini yang dapat diunduh melalui website resmi mereka. Dengan software ini pengguna bisa mengatur lebih lanjut fitur AI Noise Cancelling bahkan dengan konfigurasi microphone serta frekuensi yang ingin dieleminasi secara lebih detail.

Pengalaman Penggunaan

Untuk review ASUS AI Noise Cancelling Adapter, tentunya kami langsung mengujinya dengan melakukan panggilan suara dan juga panggilan video. Pertama kami mengujinya dengan menggunakan perangkat smartphone.

Baca Juga: Review ROG Cetra: Cetar Membahana!

Dengan dua buah smartphone yang saling terhubung lewat panggilan telepon/video call, kami melakukan panggilan di dalam ruangan dengan suara bising pada background yang berasal dari TV. Terbukti suara bising dari volume TV tidak terdengar saat melakukan percakapan. Penerima panggilan suara hanya dapat mendengarkan suara vocal dari lawan bicara.

Review ASUS AI Noise Cancelling Adapter

Pengujian lainnya kami mencoba membawa perangkat ini ke luar ruangan. Kami melakukan percakapan dengan berada di pinggir jalan, dalam kondisi banyak kendaraan yang lalu lalang sehingga menimbulkan suara background yang juga sangat bising untuk perangkat yang dipasangkan dengan AI Noise Canceling Adapter.

Baca Juga: Review Sennheiser CX 400BT TWS: Harga Tak Bohong!

Sementara lawan bicara berada di dalam ruangan untuk mendengarkan hasil suara. Dan lagi-lagi terbukti, suara bising di latar sama sekal tidak terdengar. Hanya terdengar suara vocal si pengguna saat sedang berbicara.

Kecanggihan AI Noise-Canceling Adapter rupanya terbukti bukan hanya sekedar klaim belaka. Dengan teknologi yang dihadirkan, perangkat ini mampu menghasilkan suara yang sangat optimal saat sedang melakukan panggilan suara.

Pengalaman yang sama juga bisa didapatkan saat menggunakan AI Noise Cancelling Adapter pada perangkat PC. Bahkan, kita bisa lebih detail mengatur eliminasi suara lewat software yang tersedia.

Review ASUS AI Noise Cancelling Adapter

Misalnya saat suara bising dari background didominasi oleh suara dengan frekuensi tinggi, misalnya suara mesin air atau dari televisi, maka suara tersebut akan dieliminiasi lebih detail. Begitu juga jika misalnya suara dengan frekuensi rendah, seperti knalpot motor dan mesin kendaraan, pengguna bisa mengatur eliminasi suara di frekuensi low.

Dan tentunya yang sangat menarik, teknologi ini dapat digunakan secara plug and play. Bahkan tidak seperti headset dengan teknologi ANC yang beredar, perangkat ini tidak membutuhkan lagi daya tambahan dari baterai. Cukup menggunakan daya yang terbilang sangat minim dari konektor audio jack 3,5mm.

Ini tentunya akan sangat memudahkan pengguna, karena tidak perlu lagi mengisi daya untuk menikmati fitur Noise Cancelling. Dan bahkan, fitur ini dapat bekerja di semua model headset kabel dengan sangat baik. Jadi pengguna tidak perlu lagi membeli produk headset ANC hanya untuk mendapatkan pengalaman anti bising.

Kami juga menguji AI Noise Cancelling Adapter ini saat digunakan bermain game. Apakah adapter ini akan menyebabkan delay pada suara karena mengalami proses tambahan atau tidak. Dan ternyata Adapter ini dapat bekerja dengan baik tanpa menyebabkan delay pada suara. Bahkan saat bermain game, suara yang dihasilkan dapat lebih maksimal karena perangkat ini juga memiliki DAC dan amplifier yang terpasang secara built-in.

Kami membandingkan suara tembakan yang terdengar saat bermain game PUBG, ketika menggunakan adapter dan tanpa adapter, maka suara tembakan terdengar lebih bergemuruh saat menggunakan adapter. Jadi selain fungsi Noise Cancelling yang ditawarkan, fitur amplifier juga menjadi nilai tambah pada perangkat ini.

Kesimpulan

Setelah melakukan pengujian review untuk perangkat ASUS AI Noise Cancelling Adapter, bisa dibilang kalau perangkat kecil ini cukup ‘Jagoan’. Karena meski ukurannya kecil, namun bisa memberikan fungsi yang cukup maksimal dan beragam.

Fitur Noise Cancelling yang ditawarkan benar-benar dapat menghilangkan suara bising di latar dengan sangat maksimal saat melakukan panggilan suara. Pemakaiannya yang “plug-and-play” serta ukurannya yang sangat minimalis, membuat perangkat ini sangat portabel. Selain itu kompatibilitasnya ke beragam perangkat gadget membuat pengguna tak perlu pusing saat menggunakannya.

Perangkat ini juga tak perlu daya tambahan, jadi tak perlu repot mengisi daya. Dan lagi, AI Noise Canceling Adapter bisa meningkatkan kualitas audio pada headset/earphone yang digunakan berkat DAC yang terpasang didalamnya.

Untuk harganya, produk ini mungkin memang masih terbilang tinggi, yaitu Rp 659.000. Namun dengan fungsi maksimal serta kompatibilitas ke semua perangkat, sepertinya perangkat ini cukup layak dengan banderol harga tersebut. Bagaimana menurut kalian?

Produk ASUS AI Noise-Cancelling Mic Adapter
Dimensi 1.8 x 0.8 x 13.5 cm
Berat 8 gram
Sample Rate Output: 96/88.2/48/44.1 KHz
Input: 48/44.1 KHz
Kompatibilitas – PC (Windows)
– Mobile device (Android)
– Mac
– Nintendo Switch
Konektivitas – USB Type C to Jack 3,5mm

– Dongle Adapter USB Type C to USB Type A 2.0

Fitur – AI Noise Cancelling Mic

– DAC 96Khz/ 24-bit, HyperGrounding

– Software for Windows

– Plug & Play

Harga Rp 659.000
: , , , ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | September 17, 2020 | Comments

realme 7 dan 7i Resmi Dirilis, Harga Rp 3 jutaan

News | October 6, 2020 | Comments

Oppo Reno4 F Segera Meluncur, Tawarkan Keunggulan Kamera dan Desain

News | September 21, 2020 | Comments

Segera Dirilis, Ini Keunggulan V20 dan V20 SE

News | October 2, 2020 | Comments

Google Umumkan Chromecaset with Google TV