Review Galaxy M51: Baterai Badak, Dipakai Enak!

Author
Irham
Reading time:
October 23, 2020

Sepertinya memang akan selalu ada segmen pengguna yang menginginkan smartphone dengan kapasitas baterai besar. Dengan kapasitas baterai besar, ditambah sistem yang hemat daya, pengguna tidak perlu repot-repot untuk sering mengisi daya smartphone. Seperti produk yang datang ke meja pengujian Jagat Review ini, yaitu Galaxy M51.

Galaxy M51 diperkenalkan oleh Samsung sebagai smartphone kelas menengah dengan kapasitas baterai terbesar saat ini yaitu 7000mAh. Namun tak cuma mengunggulkan baterai saja, smartphone ini rupanya juga menawarkan spesifikasi yang sangat bersaing untuk kelas harga yang ditawarkan.

Desain

Samsung Galaxy M51 menghadirkan desain yang terbilang sederhana, seperti pada seri Galaxy M Series lainnya. Material body yang digunakan yaitu polycarbonate, dengan finishing glossy di bagian belakang.

Modul kamera dengan bentuk L juga terpampang dibagian belakang. Sementara pada bagian depan, layar Galaxy M51 mengusung punch hole yang terpasang di tengah atas layar. Lalu di bezel bagian atas terdapat earpiece untuk speaker saat menelpon.

Baca Juga: Samsung Galaxy M51 Bakal Hadir Lagi Secara Flash Sale

review Galaxy M51

Yang sedikit mencolok pada desain Galaxy M51 tentunya ada pada ketebalan body perangkat. Karena mengusung baterai berkapasitas sangat besar, body perangkat menjadi lebih tebal yaitu dengan ketebalan mencapai 9,5mm. Biasanya smartphone lain dengan kapasitas baterai sekitar 4000mAh hanya akan memiliki ketebalan 7,8mm.

Ini pastinya juga membuat perangkat jadi lebih berbobot di genggaman. Mungkin akan sedikit mempengaruhi kenyamanan ergonomi bagi pengguna. Disamping itu body bagian belakang yang licin juga membuat perangkat ini sedikit riskan digenggaman.

Review Samsung Galaxy M51

Apalagi Samsung tidak menyediakan jelly case pada paket penjualan. Sedikit saran, bagi kalian yang ingin memiliki perangkat ini pastikan segera membeli aksesoris casing agar mengihindari dari kejadian yang tidak diinginkan.

Tidak banyak keistimewaan yang ditawarkan pada desain Galaxy M51 karena perangkat ini sejatinya masih mirip-mirip dengan seri kelas menengah Samsung lainya. Untuk port dan tombol, di bagian sisi terdapat tombol volume dan power.

Disisi bagian kiri terdapat tray SIMCard, dengan dua slot SIM dan satu slot MicroSD. Pengguna bisa menambahkan memori hingga kapasitas 512GB.

Di bagian bawah terdapat port USB Type C 2.0, lalu ada grill speaker dan juga lubang jack 3,5mm. Sementara di bagian atas hanya tedapat lubang kecil untuk microphone kedua.

Untuk unit produk Galaxy M51 yang kami uji yaitu berwarna putih, disamping warna lainnya yang tersedia yaitu Hitam. Pada paket penjualannya, Galaxy M51 hanya dilengkapi dengan paket dokumen, adaptor charger, kabel USB Type C-to-Type C, serta Pin Ejector.

Review Samsung Galaxy M51

Namun khusus untuk masa promo, Samsung juga menawarkan bonus pembelian yaitu berupa masker dari Uniqlo, yaitu AIRism.

Spesifikasi

Galaxy M51 membawa spesifikasi yang terbilang cukup mumpuni untuk smartphone kelas harga Rp Jutaan. Apalagi bagi penguna yang butuh baterai berkapasitas besar untuk kebutuhan entertainment tanpa batas.

Diantaranya yaitu layar berukuran 6,7 inci dengan resolusi FullHD+ serta panel Super AMOLED Plus. Dapur pacu yang digunakan juga cukup mumpuni yaitu dengan SoC Snapdragon 730G. SoC ini tentunya masih sangat mumpuni untuk kebutuhan pengguna dikelas menengah, bahkan untuk bermain game dengan grafis cukup tinggi sekalipun.

Untuk perangkat yang dijual di Indonesia ini memiliki RAM dengan kapasitas 8GB serta internal storage 128GB. Untuk penyimpanan tambahan, pengguna juga masih bisa menyematkan microSD melalui slot yang tersedia.

Lalu untuk spesifikasi kamera, Galaxy M51 menggunakan kamera yang masih mirip dengan Galaxy M31. Yaitu dengan Quad Camera 64MP F/1.8 yang didukung ultrawide 12MP F/2.2, serta dengan dua sensor tambahan lainnya yaitu 5MP F/2.4 macro dan 5MPF/2.4 depth sensor. Sementara kamera selfienya menggunakan sensor 32MP.

Review Samsung Galaxy M51

Tentunya kapasitas baterai yang besar harus didukung dengan sistem pengisian yang cepat. Smartphone ini juga memilki dukungan pengisian cepat 25W, disamping kapasitas baterai 7000mAh yang ditawarkan. Dengan kapasitas baterai yang sangat besar ini, pengguna juga bisa membagikan daya ke perangkat lain layaknya powerbank.

Review Samsung Galaxy M51

Untuk sistem keamanannya, perangkat ini menggunakan sensor fingerprint yang terletak di bagian sisi bersama dengan tombol power. Side Mounted fingerprint memang telah menjadi tren di smartphone kelas menengah saat ini. Selain itu juga didukung dengan Samsung Knox, yang menjamin keamanan tak hanya dari segi software tapi juga hingga Hardware.

Review Samsung Galaxy M51

Galaxy M51 telah didukung dengan tentunya jaringan 4GLTE, WiFi AC Dual Band (2,4GHz dan 5GHz), Bluetooth 5.0, serta tak ketinggalan teknologi NFC. Ini membuat Galaxy M51 menjadi sebuah paket lengkap untuk smartphone kelas menengah saat ini.

Untuk pengguna yang suka menonton film lewat Netflix, smartphone ini sudah mendukung Widevine L1 dengan maksimal resolusi yang ditampilkan yaitu FulHD.

Galaxy M51 tentunya juga telah berjalan menggunakan sistem operasi Android 10 dengan antarmuka One UI khas milik Samsung. Terdapat fitur-fitur seperti AOD, Dark Mode, dan Seperate Audio. Sayangnya untuk fitur Edge Panels tidak tersedia, sepertinya masih dikhususkan untuk perangkat seri Galaxy A dan Flagship Samsung.

Load Comments

Reviews

November 26, 2020 - 0

Gaming Test Snapdragon 665: Masih Layakkah di 2020?

Snapdragon 665 adalah SoC kelas menengah yang cukup berjaya di…
November 24, 2020 - 0

Review MediaTek Helio P95: G Series Kalah Kencang?

Kali ini tim Jagat Review akan kembali membahas soal SoC,…
November 14, 2020 - 0

Review Infinix Note 8: Murah, Kencang, Besar dan Lengkap

Infinix belakangan ini cukup gencar meluncurkan produk terbaru mereka. Setelah…
November 11, 2020 - 0

Review Vivo Y20s: Hadir dengan Chipset Snapdragon Terbaru

Tidak lama ini, Vivo baru saja mengumumkan smartphone Vivo Y20s…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Jika berurusan dengan barang gadget atau elektronik, pastinya Charger merupakan…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Bagi kalian yang mungkin sedang mencari produk smart band murah,…
September 24, 2020 - 0

Review Huawei Freebuds 3i: Lebih Murah, Tapi Lebih Bagus

Selain produk smartphone, Huawei juga gencar meluncurkan produk gagdet lainnya.…
September 16, 2020 - 0

Hands-On Samsung Galaxy Watch3: Premium, Kaya Fitur

Pada hari Rabu (16/9), Samsung Indonesia baru saja memperkenalkan secara…