Review realme Narzo 20: Murah, Kencang dan Irit

Author
Irham
Reading time:
December 2, 2020

Kapasitas baterai yang besar pada sebuah perangkat smartphone memang akan selalu menjadi salah satu pertimbangan saat memilih smartphone. Apalagi jika memiliki performa yang mumpuni dan harga yang terjangkau. Berbagai brand mencoba menawarkan formula tersebut. Salah satunya adalah realme yang hadir dengan Narzo 20, yang datang ke meja pengujian Jagat Review kali ini.

Narzo 20 mengandalkan baterai berkapasitas 6000mAh, sebagai salah satu daya tarik utamanya. Selain itu performa SoC MediaTek Helio G85 menjadi bekal realme Narzo 20 untuk bersaing di pasar smartphone 2 jutaan.

Bagi kalian yang penasaran dengan kemampuan realme Narzo 20 secara keseluruhan, simak langsung review lengkapnya berikut ini.

Desain

Realme Narzo 20 datang bodi belakang bermatrialkan polycarbonat, yang mengusung konsep “V for Victory”. Tampilan pola “V” di bodi belakang dibentuk dari garis-garis diagonal yang disebut realme terinspirasi dari “gestur kemenangan”. Tampilan berbentuk “V’ ini juga memiliki tekstur yang agak menonjol di permukaan, sehingga memberikan grip yang baik bagi pengguna.

review realme Narzo 20

Untuk unit Narzo 20 yang kami review ini memiliki warna Silver Sword, sementara warna lainnya yang tersedia yaitu Blue Blade. Meski menggunakan material polycarbonat, namun Narzo 20 diklaim realme memiliki build quality yang sangat baik. Dimana perangkat ini telah melalui uji 28 ribu kali tes jatuh, 200 ribu kali penekanan untuk tombol power, dan 100 ribu kali penekanan tombol volume.

Baca Juga: Review Realme Narzo 20 Pro: Gaming Kencang, Harga Rp 3 Jutaan 

Dimensinya sendiri memang agak cukup tebal yaitu dengan ukuran presisi 164.5 x 75.9 x 9.8 mm. Tentunya karena smartphone ini juga mengandalkan kapasitas baterai yang besar sebagai keunggulan utamanya.

review realme Narzo 20

Untuk port dan tombol, realme Narzo 20 memiliki tombol power dan tombol volume up/down di sisi bagian kana, lalu SIM Tray (Non Hybrid, 2 Nano SIM + Micro SD) di bagian kiri, dan di bagian bawah ada audio jack 3.5 mm, microphone, USB Type C, speaker. Sementara di sisi bagian atas hanya terlihat kosong.

Secara kasat mata, perangkat ini masih banyak kemiripan dengan realme C Series, seperti realme C15 misalnya. Mulai dari bentuk notch dengan waterdrop, frame kamera di bagian belakang, hingga penempatan fingerprint di bagian belakang. Hanya saja untuk spesifikasi yang ditawarkan tentunya sangat berbeda.

Pada paket penjualannya, realme Narzo 20 dilengkapi dengan Charger 18 Watt, Kabel USB Type C, Screen Protector (terpasang di layar), SIM Tray Ejector, dan Paket Dokumen.

Spesifikasi

Spesifikasi yang ditawarkan oleh realme Narzo 20 terbilang menarik untuk kelas harga yang disasar. Mulai dari layar berukuran 6,5 inci “Mini-drop Fullscreen dengan resolusi HD+, yang telah dilapisi dengan pelindung layar Corning Gorilla Glass. Resolusi yang ditawarkan mungkin memang masih belum FHD+, tetapi ini juga memberikan nilai lebih pada perangkat karena akan lebih ringan dalam mengolah gambar.

Sementara untuk dapur pacunya menggunakan Mediatek Helio G85 (12 nm) yang memiliki konfigurasi CPU Octa-Core (2x Cortex A75 2.0 GHz + 6x Cortex A55 1.8 GHz) dan GPU Mali-G52 MC2, 1 GHz. SoC ini juga memiliki fitur Mediatek HyperEngine yang akan meningkatkan performa smartphone saat bermain game.

Kapasitas RAM yang tersedia yaitu 4 GB, dengan storage internal sebesar 64 GB. Jika ingin menambah media penyimpanan, bisa menggunakan slot MicroSD yang tersedia.

Baca Juga: Review realme 7 Pro: Alternatif Baru di Kelas Menengah

Di sektor kamera, realme Narzo 20 mengandalkan “48 MP AI Triple Camera”,yang terdiri dari Kamera Utama 48 MP, f/1.8, kamera Wide-Angle 8 MP, f/2.3, FoV 119° dan sensor Macro 2 MP, F/2.4, (focal distance 4 cm).

Kamera utama mampu merekam video up to 1080p 60 fps, Slow-mo 720p 120 fps, serta juga dilengkapi fitur-fitur seperti Super Nightscape, 48 MP, Time-Lapse, dan Expert Mode. Sedangkan kamera selfienya menggunakan sensor 8 MP, f/2.0 dengan kemampuan perekaman Video up to 1080p 30 fps.

review realme Narzo 20

Lalu untuk kapasitas baterai tentunya menjadi keunggulan utama pada realme Narzo 20, karena perangkat ini memiliki baterai 6000mAh. Dengan kapasitas baterai yang besar tersebut,pengguna tentunya bisa beraktifitas lebih lama tanpa harus sering-sering mengisi daya. Sedangkan untuk pengisian dayanya tersedia adaptor charger 18W.

Untuk konektivitas yang tersedia yaitu 4G, Wi-Fi: 802.11 b/g/n/ac (Wi-Fi 5), dan Bluetooth 5.0. Belum ada NFC, dan memang biasanya realme baru menyediakan NFC di smartphone kelas 3 jutaan ke atas. Sensornya lengkap ada accelerometer, proximity, light, dan e-compass. Hanya saja untuk gyroscope masih menggunakan virtual gyro/software-gyro.

Perangkat ini berjalan menggunakan sistem oprerasi Android 10 dengan antarmuka realme UI. Selain fingerprint, sistem keamanan biometrik lainnya yaitu ada face unlocked. Untuk Netflix, hanya tersedia Widevine L3, atau hanya dapat memutar konten SD. Menariknya terdapat fitur WiFi Sharing, dimana kita bisa membagi WiFi yang terhubung ke smartphone ke perangkat lain menggunakan menu Wi-Fi Tethering. Namun untuk Wifi sharing in hanya bisa di 2.4 GHz saja.

Haptic Feedback untuk Keyboard secara default tidak aktif. Pengguna bisa mengaktifkannya melalui menu pengaturan keyboard. Hanya saja untuk konfigurasi di mana getaran masih terasa akurat, kekuatan getaran terasa sangat lemah.

Load Comments

Reviews

January 22, 2021 - 0

Review Poco M3: Layak Disebut Entry Level Killer?

Setelah sebelumnya merilis Poco F2 Pro sebagai “Flagship Killer”, Poco…
January 4, 2021 - 0

Review Samsung Galaxy A12: Kamera Keren, RAM dan Storage Besar

Tidak semua smartphone dirancang untuk menjadi smartphone gaming, seperti yang…
December 14, 2020 - 0

Review Smartphone Vivo Y51: Solusi Smartphone Serba Bisa!

Vivo baru saja meluncurkan salah satu produk terbarunya yang berada…
December 11, 2020 - 0

Review Mi 10T Pro: Murah, Tapi Beneran Flagship

Di pertengahan awal tahun 2020 lalu, Xiaomi telah meluncurkan smartphone…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Jika berurusan dengan barang gadget atau elektronik, pastinya Charger merupakan…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

January 5, 2021 - 0

Review Bose QuietComfort Earbuds: TWS dengan Noise Cancelling Terbaik

Bose Didirikan tahun 1964 dan sudah sangat terkenal dengan perangkat…
December 4, 2020 - 0

Review Casio G-Shock GA-900: Stylish, Tahan Banting, Baterai 7 Tahun

Jam tangan ini memang bukan smartwatch. Akan tetapi, Casio G-Shock…
November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Bagi kalian yang mungkin sedang mencari produk smart band murah,…