Sambut Natal dan Tahun Baru 2021, Telkomsel Siapkan Jaringan Reliable

Author
Irham
Reading time:
December 14, 2020

Menyambut momen perayaan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (NARU), Telkomsel menggelar sejumlah aktivitas dan program perusahaan yang dtujukan untuk menghadirkan Semangat untuk Semua bagi masyarakat Indonesia.

Beragam aktivitas yang dilakukan Telkomsel diantaranya mulai dari pengamanan dan peningkatan kualitas jaringan broadband, program loyalitas beserta promo produk digital unggulan, hingga aktivitas berbagi untuk sesama melalui program tanggung jawab sosial perusahaan. Keseluruhannya diadakan untuk memberikan semangat serta optimisme yang positif dalam menyongsong tahun yang baru di tengah pandemi.

Baca Juga: Beli Pulsa/Data di My Telkomsel kini Bisa Pakai Shopee Pay

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, “Kami menyadari bahwa momen perayaan Hari Natal dan Tahun Baru saat ini masih harus dijalani dengan suasana masa pandemi yang penuh tantangan. Dengan komitmen ‘Semangat untuk semua,’ Telkomsel berupaya mendampingi seluruh lapisan masyarakat melalui kontribusi nyata yang diharapkan dapat memberi dampak positif bagi masyarakat, khususnya pelanggan setia Telkomsel.

Telkomsel Tahun Baru 2021

Pada momen NARU yang berada di tengah pandemi COVID 19,Telkomsel menghadirkan rangkaian program corporate social responsibility (CSR), antara lain dengan memberikan berbagai bantuan seperti paket sembako/makanan dan bingkisan untuk 15.000 anak negeri yang terdiri dari yatim piatu, kelompok tidak mampu, dan masyarakat prasejahtera serta bantuan paket sembako dan alat kebersihan untuk 250 yayasan/panti asuhan/gereja.

Persiapan Jaringan Telkomsel di Momen Natal dan Tahun Baru 2021

Selain itu Telkomsel juga menyiapkan layanan yang reliable selama liburan momen Natal dan Tahun Baru 2021, dengan memperkuat dan meningkatkan keamanan akses jaringan broadband. Telkomsel memprediksi trafik layanan data akan mengalami peningkatan sebesar 10,19% pada momen NARU di banding hari biasa.

Jika dibandingkan dengan Natal dan Tahun Baru sebelumnya, Telkomsel memprediksi trafik data akan tumbuh 49,3%. Hal tersebut tentunya didasari juga oleh perubahan perilaku pelanggan selama pandemi. Semua akses layanan digital mulai dari komunikasi (chat, video conference), Streaming video, mobile gaming, browsing hingga e-commerce mengalami peningkatan yang sangat pesat.

Telkomsel Tahun Baru 2021

Untuk itu, Telkomsel telah menyiapkan langkah antisipatif, yaitu dengan melakukan optimalisasi jaringan, khususnya pada konektivitas broadband, di 550 point of interest (POI) yang tersebar di seluruh Indonesia.

POI tersebut mencakup 304 area residensial, 23 wilayah rumah sakit utama penanganan COVID-19, serta 223 titik strategis utama lainnya di tiap provinsi (meliputi titik jalur distribusi logistik seperti bandara, pelabuhan, jalan, serta fasilitas umum lain).

Sebagai upaya penguatan kualitas dan kapasitas jaringan di POI yang telah ditentukan, Telkomsel menambahkan 587 BTS 4G LTE baru, dan 69 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) serta menambah kapasitas gateway internet menjadi 6.880 Gbps untuk menjamin kelancaran akses layanan data bagi pelanggan di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Telkomsel DigiAds Tawarkan Solusi Advertising Relevan di Tengah Pandemi

Hingga November tahun ini, Telkomsel juga telah mengoperasikan teknologi 4G LTE di seluruh BTS USO yang tersebar di wilayah 3T (tertinggal, terdepan, dan terluar), termasuk perbatasan negara hingga pelosok negeri, sekaligus melengkapi lebih dari 233.000 BTS Telkomsel yang sudah beroperasi melayani lebih dari 95% wilayah populasi di Indonesia.

Selain itu, Telkomsel juga menjalankan drive test atau uji jaringan, dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku di setiap wilayah. Total jarak tempuh uji jaringan kali ini mencapai 14.008 km, yang mencakup 26 ruas tol (termasuk yang baru beroperasi) di wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

Telkomsel menggunakan enam parameter dalam menilai kualitas jaringan, yaitu Coverage, Call Setup Success Rate (CSSR), Call Completion Success Rate (CCSR), Call Setup Time (CST), Mean Opinion Score (MOS), dan Data Throughput. Berdasarkan parameter tersebut, drive test yang dilakukan memberikan hasil yang baik, dengan perolehan data Coverage 100%; CSSR 98,73%; CCSR 99,26%; CST 6,61 detik; MOS ≥ 3 90,99%; dan rata-rata Data Throughput mencapai 12,92 Mbps.

Pengawasan dan  pengamanan rutin pada jaringan dilakukan Telkomsel secara virtual operation dan virtual monitoring. Upaya ini dilakukan mengikuti arahan pemerintah akan physical distancing, yang rupanya juga teruji efektif dan efisien setelah sukses dijalankan pada Ramadan dan Idul Fitri 1441H lalu. Di momen NARU ini akan digelar 59 Posko Virtual yang dikawal langsung oleh 1.350 personel dari internal Telkomsel dan didukung 35 tim mitra strategis beranggotakan 767 orang.

Hendri lebih lanjut menjelaskan bahwa Telkomsel juga terus memantapkan peta jalan (roadmap) implementasi 5G di Indonesia dengan memperluas cakupan jaringan VoLTE, yang kini dapat dinikmati pelanggan di 48 kabupaten/kota yang tersebar di wilayah Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga Sulawesi.

 

Load Comments

Reviews

February 15, 2021 - 0

Review Infinix Hot 10 Play: Baterainya Jagoan!

Memasuki tahun 2021, Inifnix kembali merilis produk terbaru mereka Yaitu…
February 4, 2021 - 0

Review Oppo Reno5 5G: Smartphone 5G Termurah Saat Ini

Kali ini tim Jagat Review telah kedatangan smartphone Oppo Reno5…
January 22, 2021 - 0

Review Poco M3: Layak Disebut Entry Level Killer?

Setelah sebelumnya merilis Poco F2 Pro sebagai “Flagship Killer”, Poco…
January 4, 2021 - 0

Review Samsung Galaxy A12: Kamera Keren, RAM dan Storage Besar

Tidak semua smartphone dirancang untuk menjadi smartphone gaming, seperti yang…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Jika berurusan dengan barang gadget atau elektronik, pastinya Charger merupakan…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

January 5, 2021 - 0

Review Bose QuietComfort Earbuds: TWS dengan Noise Cancelling Terbaik

Bose Didirikan tahun 1964 dan sudah sangat terkenal dengan perangkat…
December 4, 2020 - 0

Review Casio G-Shock GA-900: Stylish, Tahan Banting, Baterai 7 Tahun

Jam tangan ini memang bukan smartwatch. Akan tetapi, Casio G-Shock…
November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Bagi kalian yang mungkin sedang mencari produk smart band murah,…