Review Bose QuietComfort Earbuds: TWS dengan Noise Cancelling Terbaik

Author
Irham
Reading time:
January 5, 2021

Bose Didirikan tahun 1964 dan sudah sangat terkenal dengan perangkat audionya. Mulai dari bookshelf speaker, speaker 2.1 dengan satelit kecil dan subwoofer besar, adalah beberapa produk ikonik Bose sejak lama. Saat ini, Bose juga punya produk bluetooth yg ikonik juga seperti Soundlink Mini. Disusul dengan Soundlink revolver yang dilengkapi baterai dan bisa dibawa-bawa, dengan suara yang lantang dan bisa dibawa kemana-mana.

Nah, untuk urusan headphone, Bose ini terkenal dengan teknologi ANC-nya. ANC = Active Noise Cancellation, atau di Bose dikenal dengan Acoustic Noise Cancelling ™. ANC bekerja dengan mendengarkan suara dari luar menggunakan mic, lalu mengeluarkan suara yang bentuk gelombang yang terbalik dari noise sekitar. Hal ini menghilangkan atau meng-cancel noise dari luar. Tujuannya adalah supaya kita bisa menikmati musik atau audio dengan baik, tanpa terganggu kebisingan noise dan tanpa harus meningkatkan volume terlalu tinggi, sehingga lebih aman bagi telinga pengguna.

Bose sudah meneliti ANC sejak tahun 80an untuk penggunaan di pesawat. Tahun lalu, Bose bahkan mengeluarkan model Noise cancelling Headphones 700 yang tidak hanya menyuguhkan kualitas suara tinggi, tapi juga penampilannya di-upgrade.

Lalu di penghujung 2020, Bose meluncurkan TWS pertama mereka yang dilengkapi dengan ANC. Ya, Quiet Comfort Earbuds ini adalah TWS pertama Bose yang menggunakan ANC. Simak review lengkapnya berikut ini.

Desain

Desain yang ditawarkan oleh Bose QuietComfort Earbuds mungkin tidak begitu compact seperti kebanyakan earphone TWS yang beredar di pasaran. Untuk casingnya saja, ini tergolong besar. Bahkan sangat besar, sehingga kurang cocok untuk dikantongi, jadi pengguna mungkin perlu menyimpan casing di tas jika ingin membawanya berpergian.

Pada case ini terdapat lampu indikator untuk baterai, dan di bagian belakang terdapat port USB Type C untuk pengisian daya. Charging case ini memiliki material plastik, namun tetap cukup elegan.

Bose QuietComfort Earbuds

Untuk membuka case ini kita harus menekan tombol yang ada di bagian depan. Pengunci ini membuatnya lebih aman, andai saja terjatuh. Di bagian dalam kita bisa melihat 2 TWS terpasang dengan jarak yang agak berjauhan dan sebuah tombol yang berfungsi untuk mengatur koneksi Bluetooth di tengah-tengah. Tombol ini juga berguna utk menghapus pairing dengan device.

Bose QuietComfort Earbuds

Sayangnya, hal ini memang harus dilakukan kalau kita mau berganti device utama. Saat pengujian, TWS ini belum bisa melakukan multi device pairing.

TWS ini dilengkapi pula dengan proteksi IPX4, yang berarti ada proteksi terhadap percikan air atau keringat. Ini tentunya cocok untuk Anda yang mau berolahraga sambil menggunakan TWS ini.

Baca Juga: Review Huawei Freebuds 3i: Lebih Murah, Tapi Lebih Bagus 

TWS ini memiliki bentuk ear tip yang unik, cenderung besar. Akan tetapi, ear tip ini tidak akan masuk sepenuhnya ke lubang telinga seperti ear tip pada TWS yang umum. Ear tip ini hanya menutup kanal telinga kalian, tanpa masuk jauh ke dalam. Hasilnya adalah isolasi yang mantap.

Bose QuietComfort Earbuds

Ear tip ini dilengkapi dengan sayap karet yang membantu mengukuhkan posisinya di telinga kita. Bose pun menyediakan 3 ukuran yaitu S,M dan L.

Bose QuietComfort Earbuds

TWS ini cenderung memiliki bobot yang berat, akan tetapi tidak ada masalah karena keduanya terpasang secara kokoh di telinga. Jika kalian bingung cara memakainya, Bose sudah menyediakan tutorialnya dalam app yang diinstalasi. Dalam paket penjualannya, tersedia unit TWS dalam charging case-nya, kabel untuk charging, eartips, dan buku panduan.

Pairing

Secara umum, kita bisa melakukan pairing via Bluetooth dari menu smartphone atau bisa juga memanfaatkan app Bose Music. Kami lebih menyarankan untuk melakukan pairing dengan aplikasi Bose Music.

Setelah terhubung, melalui aplikasi tersebut pengguna bisa melihat status baterai, serta juga dapat mengatur tingkat ANC-nya. Pada dasarnya, TWS ini memiliki default ANC hidup dalam setting maksimum. Jadi jangan kaget jika saat memasangnya pertama kali, Anda menemukan keheningan yang maksimal.

Hal yang cukup unik, TWS ini memiliki fitur Voice prompt yang mengingatkan kita saat terhubung dengan device dan menyebutkan nama device-nya. Ini sangat membantu memastikan kita tau device mana yang terhubung dengan TWS.

Untuk pengendalian, tersedia gesture sebagai berikut:

Earphone kanan:

  • 2X tap untuk play dan pause
  • Sentuh dan tahan, bisa untukvoice assistant
  • Swipe ke atas/bawah, untuk volume level

Earphone kiri

  • Sentuh dan tahan untuk cek baterai atau skip ke lagu berikutnya (bergantung setting pada app)
  • 2X tap untuk noise cancellation atau transparancy mode.
  • Ada pilihan dalam app untuk mengatur tingkat Noise Cancellation di dalam app Bose Music. Kita bisa mengatur 3 opsi double tap unit kiri ini dalam app tersebut.

Saat menggunakan, jika Anda tiba-tiba diajak berbicara orang lain, Anda bisa melakukan gesture mencabut salah satu unit dari telinga dan otomatis TWS ini memasuki tranparency mode. Jadi Anda bisa langsung mendengar semua pembicaraan yang tertuju ke Anda dan tentunya akan lebih menghormati lawan bicara dengan mencopot salah satu TWS ini.

Sementara itu, untuk menelepon saja, pengguna bisa juga hanya menggunakan salah satu unit, tidak perlu keduanya. Tapi, Anda hanya bisa memanfaatkan unit yang kanan.

Load Comments

Reviews

January 22, 2021 - 0

Review Poco M3: Layak Disebut Entry Level Killer?

Setelah sebelumnya merilis Poco F2 Pro sebagai “Flagship Killer”, Poco…
January 4, 2021 - 0

Review Samsung Galaxy A12: Kamera Keren, RAM dan Storage Besar

Tidak semua smartphone dirancang untuk menjadi smartphone gaming, seperti yang…
December 14, 2020 - 0

Review Smartphone Vivo Y51: Solusi Smartphone Serba Bisa!

Vivo baru saja meluncurkan salah satu produk terbarunya yang berada…
December 11, 2020 - 0

Review Mi 10T Pro: Murah, Tapi Beneran Flagship

Di pertengahan awal tahun 2020 lalu, Xiaomi telah meluncurkan smartphone…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Jika berurusan dengan barang gadget atau elektronik, pastinya Charger merupakan…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

January 5, 2021 - 0

Review Bose QuietComfort Earbuds: TWS dengan Noise Cancelling Terbaik

Bose Didirikan tahun 1964 dan sudah sangat terkenal dengan perangkat…
December 4, 2020 - 0

Review Casio G-Shock GA-900: Stylish, Tahan Banting, Baterai 7 Tahun

Jam tangan ini memang bukan smartwatch. Akan tetapi, Casio G-Shock…
November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Bagi kalian yang mungkin sedang mencari produk smart band murah,…