Review Sudio Nio: Vocal Dominan, Cocok Buat Meeting Online

Author
Irham
Reading time:
May 25, 2021

Beragam model dan jenis TWS saat ini telah membanjiri pasaran. Mulai dari harga yang terjangkau hingga yang paling tinggi. Semuanya memiliki karakterisik dan fitur unggulan yang berbeda.

Review sudio Nio TWS

Seperti TWS yang akan kami review berikut ini yaitu Sudio Nio. TWS ini mengutamakan kenyamanan pakai dan performa untuk aktivitas panggilan suara. Selain itu desain yang ditawarkan juga sangat mengedepankan ergonomi dan menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan, sebagaimana misi dari Sudio, menghasilkan produk yang 100% bebas karbon.

Dibanderol dengan harga Rp 1 jutaan, simak review TWS Sudio Nio berikut ini.

Desain & Spesifikasi

Sudio Nio adalah earphone TWS dengan desain semi in-ear. Bentuk earphone ini masih mirip dengan beberapa earphone TWS lain, terutama Airpods milik Apple.

Namun yang membuatnya cukup unik, earphone TWS ini memiliki eartips silicon yang membuatnya lebih kokoh di telinga pengguna. eartips silicon ini juga akan memberikan isolasi lebih saat pengguna mendengarkan audio. Selain itu, eartips silicon juga akan membuat pengguna lebih nyaman saat menggunakan earphone dalam waktu lama, dan tidak merasa sakit.

Review Sudio Nio

Bentuk charging casenya juga bisa dibilang mirip dengan Airpods, yaitu dengan bentuk kotak yang cenderung oval.

Pengisian dari charging case ke earphone TWS menggunakan Pogo pin, yang terletak di bagian dalam charging case, dan dikedua pangkal TWS. Sementara untuk pengisian daya charging case-nya sendiri menggunakan konektor USB Type C.

Baca Juga: Review JLab GO Air True Wireless Earbuds: Ringan dan Praktis!

Tersedia lima pilihan warna antara lain, white, black, green, sand dan aurora. Untuk unit Sudio Nio yang kami review adalah warna aurora.

Sudio Nio juga telah dibekali dengan sertifikasi IP X4, yang membuatnya cukup tahan akan percikan air. Pengguna bisa beraktivitas di segala kondisi tanpa khawatir rusak apabila terkena keringat atau percikan air hujan.

Sudio Nio review - IPX4

Perangkat ini kompatibel dengan sistem operasi Android dan juga iOS. Adapun konektivitasnya yaitu menggunakan Bluetooth 5.0.

Terdapat microfon ganda adaptif yang diklaim dapat memberikan suara yang jernih saat berkomunkasi pada panggilan suara maupun video. Microfon ganda ini berfungsi menyaring frekuensi suara bising di latar agar membuat suara obrolan terdengar lebih jelas. Sayangnya belum tersedia fitur ANC untuk earphone TWS yang satu ini.

Review Sudio Nio

Disamping itu, dukungan Codec yang tersedia hanya sebatas SBC, belum ada dukungan codec lain seperi Aptx dan AAC yang tentunya akan memberikan suara yang lebih baik.

Pada paket penjualannya, selain earphone dan juga charging case Sudio Nio menyediakan kabel USB type C, serta empat pasang eartips.

Paket Penjualan Sudio Nio - Review

 

Pengalaman penggunaan

Untuk pemasangan atau pairingnya terbilang sangat simple, yaitu pengguna hanya cukup mencari perangkat Sudio Nio pada menu koneksi Bluetooth, lalu lakukan pairing. Setelah terhubung, earphone langsung bisa digunakan. Tidak ada aplikasi pendukung untuk earphone TWS yang satu ini.

Beralih ke karakteristik suara, Sudio Nio memiliki karakter suara dimana vocal akan terasa sangat menonjol. Frekuensi mid dan high terasa sangat dominan di earphone yang satu ini.

Review sudio Nio TWS

Untuk mendengarkan musik, pengguna perlu menyesuaikan lagi menggunakan equalizer. Seperti yang kami lakukan saat  mendengarkan musik menggunakan Spotify. Equalizer diatur dengan menurunkan frekuensi mid dan high, agar suara yang dihasilkan tidak terdengar melengking dan terlalu bising di telinga.

Akan tetapi karakter suara dengan frekuensi mid dan high yang tinggi ini cocok digunakan saat melakukan panggilan suara maupun video conference. Ini membuat suara lawan bicara terdengar jernih dan terdengar jelas.

Sayangnya earphone ini juga belum dibekali dengan fitur ANC untuk microphone yang terpasang. Hanya ada fitur peredam kebisingan dengan filter frekuensi suara bising, dimana ini berbeda dengan ANC.

Baca Juga: Review Huawei FreeBuds 4i: Fitur Lengkap di Harga Rp 1 Jutaan

Review sudio Nio TWS

ANC (Active Noise Cancellation) mengunakan white noise di frekuensi tertentu untuk meredam bising di latar. Sementara untuk peredam kebisingan yang ada di earphone TWS ini hanya mengeleminasi frekuensi kebisingan yang ada, sehingga jika suara bising terlalu keras, suara vocal juga ikut teredam dan membuat kualitasnya ikut menurun.

Untuk ketahanan baterainya, perangkat ini diklaim dapat digunakan selama sekitar 20 jam, bersama dengan charging case. Sementara untuk pengisian dayanya yaitu sekitar 2 jam.

Kesimpulan

Review Sudio Nio

Dari pengujian review Earphone TWS Sudio Nio, kami menyimpulkan bahwa perangkat ini memang lebih cocok digunakan untuk berkomunikasi ketimbang menikmati musik maupun multimedia lainnya. Karakteristik suaranya yang sangat menonjolkan vocal akan membantu pengguna menyimak obrolan dengan jernih dan jelas.

Desainnya yang dilengkapi dengan eartips silicon juga membuatnya lebih nyaman digunakan dalam waktu yang lama saat melakukan panggilan suara dan video. Dilengkapi dengan IPX4, membuatnya bisa digunakan di berbagai aktivitas tanpa khawatir terkena cipratan air.

Akan tetapi untuk menikmati musik, pengguna akan perlu sedikit repot mengatur equalizer untuk menyesuaikan frekuensi agar lebih nyaman di dengar. Dengan semua kemampuannya yang ditawarkan  earphone TWS Sudio Nio ini dibanderol dengan harga Rp 1.250.000

Load Comments

Reviews

July 19, 2024 - 0

Review HUAWEI MatePad SE 11: Tablet Terjangkau untuk Keluarga dari HUAWEI

Ini adalah tablet terjangkau HUAWEI yang dirancang untuk hiburan keluarga,…
July 15, 2024 - 0

Review Baseus Bowie E19: TWS Terjangkau, SUPERBASS KENCANG!

TWS Terjangkau ini tahan air IPX5, Fitting-nya mantep, baterainya awet,…
July 12, 2024 - 0

Preview Samsung Galaxy Z Flip6: Upgrade Signifikan! Smartphone Flip Terbaik 2024?

Selain Samsung Galaxy Z Fold6 yang diluncurkan dalam acara Samsung…
July 12, 2024 - 0

Samsung Galaxy Z Fold6: HP Lipat TERBAIK 2024?

Ya, Jagat Review lagi di Paris untuk membahas Samsung Galaxy…

Accessories

June 18, 2024 - 0

Review Kiip TH90: Wireless Headphone Over-Ear Rp 300 ribuan, Suara Makin Lama Makin Bagus

Mencari headphone berkualitas dengan harga terjangkau sering kali menantang, tapi…
April 23, 2024 - 0

Dua Speaker Bluetooth Tahan Air Xiaomi Terindikasi Akan Masuk Indonesia

Beberapa waktu lalu Xiaomi memperkenalkan dua speaker Bluetooth untuk keperluan…
December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…