Review Sony WF-1000XM4: Karakter Bisa Diatur, Fitur Berlimpah

Author
Irham
Reading time:
August 30, 2021

Pengalaman Penggunaan

Kenyamanan pakai dalam aktivitas

Selama beraktivitas kami merasa bahwa eartips pada Sony WF-1000XM4 ini akan menerima komentar yang beragam. Untuk memory foam, eartip ini tidak seempuk memory foam third party yang umum dijual. Membuat beberapa pengguna merasa sedikit kurang nyaman di hari pertama pengunaan.

Review SONY WF-1000XM4

Kemungkinan alasannya yaitu pada daya tahannya. Memory foam third party biasanya umurnya agak pendek. Sehingga untuk perangkat Sony WF-1000XM4 dibuat lebih durable, namun sedikit mengurangi kenyamanannya dibanding eartip memory foam umummnya.

SONY WF 1000XM4 16

Namun secara subjektif, kami tidak merasakan masalah berarti karena suka dengan isolasi yang ditawarkan. Overall, ringannya unit kanan-kiri dan isolasi yang mantap, membuat penggunaannya nyaman dalam jangka panjangnya.

Kami tidak merasa bahwa TWS ini mudah jatuh. Akan tetapi, memang tidak ada wing khusus untuk menguncinya ke telinga. Sementara itu, bentuknya yang membulat ini membuatnya juga lebih enak digunakan sambil tiduran, dibandingkan model yang ada tangkainya.

Audio

Perlu diingat bahwa kami bukan menggunakan acuan audiophille. Kami mewakili penikmat audio biasa, mungkin sama dengan sebagian besar penonton kami. Akan tetapi, kami sudah cukup banyak mencoba beragam TWS serta earphone mulai dari yang terjangkau hingga level 5-6 jutaan. Jadi pengalaman kami tersebut yang akan kami gunakan untuk menggambarkan kualitas Sony WF-1000XM4 ini.

Satu hal yang perlu diperhatikan. WF-1000XM4 ini sangat “bunglon” sekali. Dia bisa menyesuaikan diri dengan kondisi ruangan sekitar dan aktivitas kita. Terlebih lagi, TWS ini juga memiliki beragam pengaturan karakter suara, yang membuatnya bisa kita atur semau kita sendiri. Tentu saja, ini berlaku kalau kalian menginstal software untuk TWS ini, yang menurut kami adalah sebuah kewajiban.

Baca Juga: Review Bose QuietComfort Earbuds: TWS dengan Noise Cancelling Terbaik

SONY WF 1000XM4 33

Menggunakan iPhone, TWS ini seperti biasa akan terkoneksi dengan pakai codec AAC. Kualitasnya, seperti biasa, akan sedikit lebih baik dibandingkan penggunaan codec AAC di Android.

Menggunakan Android, kami terkesan dengan penambahan detail saat menggunakan codec LDAC. Kami sampai mencoba dengan menggunakan Deezer untuk kualitas lebih tinggi, dan memang menemukan detail lebih banyak. Terutama, di nada-nada tinggi.

Bass

Tanpa pengaturan, Bass akan terdengar sedikit kuat. Terasa ada boosting. Namun, karena pengaturan yang fleksibel, kita bisa memilih, apakah bass yang standar, atau ingin bass yang mendentum besar. Uniknya, kami tidak menyangka bahwa driver 6mm ini bisa menghasilkan bass super besar seperti di WF-100XM4 ini.

Mid

Tanpa pengaturan, sisi mid dari WF-1000XM4 terdengar cukup natural bagi kami. Detail pun terasa mantap. Tentu saja, pengguna bisa melakukan tuning untuk memperoleh hasil yang paling pas untuk kebutuhan personalnya.

High

Untuk frekuensi high, default-nya adalah agak sedikit kurang lantang untuk frekuensi tinggi yang mengarah ke mid. Tapi lagi-lagi, ini juga bisa diatur karakternya. Jadi tinggal mainkan EQ dalam app-nya saja.

Sebagai catatan, kami menemukan bahwa menggunakan LDAC dengan sumber yang High resolution, sisi suara dengan nada tinggi ini bisa lebih banyak detailnya. Bagi kalian yang menyukai “treble” lebih tinggi namun tetap memberikan detail, Sony WF-1000XM4 bisa memberikannya. Sayangnya, ini belum bisa diperoleh di produk Apple.

Secara keseluruhan, TWS ini siao untuk berbagai genre musik dan video. Mau tekno, R&B, Rock, nonton Drama, apalagi nonton film action, semua bisa dilibas.

Kualitas suara mikrofon

Terlepas dari fitur speak to chat yang sangat baik dan responsif, kami merasa bahwa kualitas mikrofon dari WF-1000XM4 ini memang tidak terlalu luar biasa. Terdengar adanya upaya menekan noise dari luar, akan tetapi memang hasilnya belum serapih dibandingkan saat microphone ada di dekat mulut kita.

SONY WF-1000XM4

Meski demikian, kami merasa bahwa hasil ini masih sangat berguna untuk penggunaan keseharian dan tergolong wajar untuk sebuah TWS.

ANC

Untuk ANC-nya, kualitasnya sangat baik. Dengan isolasi dari eartips yang sudah baik, ditambah lagi dengan teknologi ANC yang disematkan didalamnya, membuat suara menjadi sangat kedap.

Fitur-fitur lain

Spatial Audio

Ini adalah salah satu keunggulan dari WF-1000XM4. Kita bisa mengaktifkannya dalam menu khusus dan bisa untuk memanfaatkan layanan dari Tidal, Deezer, Amazon Music HD.

Sementara itu, untuk gaming, kami memang tidak merasakan ada perbaikan yang signifikan dari sisi latensi. Tidak buruk, tapi juga tidak hebat. Biasa saja. TWS ini tidak bisa dianggap sebagai TWS untuk gamer.

Speak to chat

Ini adalah fitur yang sangat menyenangkan untuk penggunaan keseharian. Dengan kemampuannya bertahan hidup selama 8 jam dan adanya speak to chat, kita bisa pakai TWS ini dan mendengarkan musik terus-menerus. Saat kita berbicara karena memanggil atau menanggapi orang lain, audio langsung diheningkan dan TWS langsung masuk dalam Ambient mode, mendengarkan suara dari luar. Jadi, kita tidak perlu membuka TWS untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain.

Banyak juga pertanyaan ke kami, apakah TWS ini bisa digunakan hanya 1 saja? Jawabannya adalah bisa. Karena dia menggunakan simultaneous connectivity.

Load Comments

Reviews

October 25, 2021 - 0

Review Samsung Galaxy M52 5G: Smartphone Kelas 4 Jutaan Paling Menarik

Uji Performa Kami menguji smartphone ini dengan set benchmark yang…
October 24, 2021 - 0

Review ASUS Zenfone 8: Snapdragon 888 Termurah dan Paling Mungil

Suhu Genshin Impact Highest 60 FPS, Wifi, Brightness 50%, High…
October 18, 2021 - 0

Review Infinix Zero X Pro: Smartphone Aneh dan Gokil!

Uji Performa Benchmark untuk smartphone ini menggunakan set benchmark yang…
October 8, 2021 - 0

Review vivo X70 Pro: Dingin, Kencang, Kamera Zeiss, Tipis & Ringan

Uji Performa Sebetulnya kemarin kami sempat membuat video untuk Dimensity…

Accessories

September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
August 30, 2021 - 0

Review Sony WF-1000XM4: Karakter Bisa Diatur, Fitur Berlimpah

Pengalaman Penggunaan Kenyamanan pakai dalam aktivitas Selama beraktivitas kami merasa…
July 13, 2021 - 0

Video – Review OPPO Enco Buds: Baterai Awet, Tahan Air, Bass Kencang

Produk earphone TWS tentu sudah sangat beragam saat ini, dengan…
May 25, 2021 - 0

Review Sudio Nio: Vocal Dominan, Cocok Buat Meeting Online

Earphone TWS ini cocok untuk kebutuhan komunikasi baik saat panggilan…

Wearables

October 25, 2021 - 0

IT Luncurkan Produk-Produk Smart Home di Indonesia, Apa Saja?

IT: Immersive Tech, resmi menghadirkan produk smart home premium dengan…
October 19, 2021 - 0

Tech Uncensored: Smartphone Belum Lengkap Tanpa Smartwatch dan TWS?

Memiliki satu atau lebih smartphone di masa sekarang nampaknya sudah…
September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…
April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…