Fitur Unik yang Membuat Samsung 1 jutaan Jadi Beda: Feat Galaxy A03s

Author
Friska
Reading time:
September 28, 2021

Sebuah kesalahan besar saat kita menilai smartphone hanya dari spesifikasi dasar semata. Karena, ini jadi mirip dengan menilai motor hanya dari CC-nya atau dari tenaga kudanya saja. Padahal ada hal-hal lain yang penting dalam mendukung kenyamanan penggunaan sehari-hari.

samsung galaxy a03s

Kali ini kita akan membahas beberapa fitur yang khas pada smartphone Samsung, yang tadinya tersedia pada seri premium saja. Sekarang, fitur-fitur ini sudah tersedia, bahkan hingga seri paling terjangkaunya ini, A03s. Sebagian fitur yang kami bahas bisa membuat pola penggunaan smartphone ini jadi sangat berbeda jika dibandingkan dengan smartphone lainnya yang sejenis.

Samsung Galaxy A03s

samsung galaxy a03s 3

Setiap brand smartphone akan memiliki keunikannya masing-masing. Untuk kali ini, kami akan mengupas sedikit lebih jauh mengenai sebagian keunikan yang bisa ditemui di smartphone Samsung.

Untuk memastikan bahwa fitur-fitur ini bisa diperoleh di semua Smartphone Samsung, kami menggunakan Samsung Galaxy A03s. Dengan angka awalan 0, berarti ini adalah seri terjangkaunya ya. Kalau pada seri ini beragam fitur yang kami sebutkan ada di smartphone ini, otomatis di seri atasnya tentu sudah ada juga.

samsung galaxy a03s 4

Samsung Galaxy A03s sendiri sebenarnya adalah smartphone yang cukup unik meskipun harganya berada di kisaran Rp 1,8 juta. RAM relatif besar, 4GB dengan storage 64GB yang masih bisa diekspansi dengan MicroSD sampai 1TB, adalah keunikan tersendiri. Tentunya, slot MicroSD ini tidak berbagi dengan 2 slot SIM card yang membuatnya semakin menarik untuk mereka yang ingin menyematkan 2 SIM card + 1 Micro SD card sekaligus.

samsung galaxy a03s 5

Tersedianya finger print sensor di tombol power, membuatnya penggunaannya jadi lebih nyaman dan aman.Memiliki kamera utama 13MP f/2.2 dan dilengkapi kamera Macro 2MP serta Depth camera 2MP, smartphone ini juga memiliki kamera selfie 5MP. Baik kamera depan maupun belakangnya, mampu merekam video hingga 1080p 30 fps.

samsung galaxy a03s 6

Lalu layar tipe PLS beresolusi HD+ ini juga cukup besar, 6.5”. Membuatnya nyaman untuk menonton, maupun untuk aktivitas lainnya. Sementara itu, bobotnya yang di kisaran 196 gram, tergolong tidak berat, mengingat baterainya yang 5000 mAh.

Tapi, yang mau kami bahas kali ini adalah bagian unik yang tersedia di semua smartphone Samsung terkini, yang bahkan fitur unik tersebut sudah tersedia di Samsung Galaxy A03s.

Edge Panel

samsung galaxy a03s 7 samsung galaxy a03s 8

Jika kita masuk ke tampilan atau display lalu scroll sedikit ke bawah, kita akan menemukan menu Panel Edge atau Edge Panel. Hidupkan menu ini, dan kita bisa menemukan ada sebuah tab atau gagang yang bisa pertama kali muncul di sisi kanan, sedikit ke atas.

samsung galaxy a03s 11

Posisi tab ini bisa kita atur melalui menu untuk ditempatkan di posisi kiri atau kanan. Kita juga bisa mengatur posisinya dengan menekan dan menahan tab tersebut untuk menggesernya ke atas, bawah, kanan, atau kiri. Warna transparan pada tab juga bisa diagnti, ukuran juga bisa disesuaikan dengan selera penggunanya.

samsung galaxy a03s 9

Tapi, Edge Panel ini sebenarnya apa?

Ini adalah tab yang memungkinkan kita memanggil menu shortcut. Kita bisa memilih panel ini bisa berisikan shortcut apa saja. Jadi, kita bisa membuka aplikasi apapun yang biasa dipakai, terlepas posisi kita sedang berada di mana dalam menu.

Menariknya lagi, panel ini memudahkan kita untuk membuka beberapa app sekaligus. Pengguna hanya perlu membuka saja aplikasi pertama yang ingin digunakan, kemudia pilih app berikutnya dari edge panel ini. Tahan dan tarik ke arah app yang sudah dibuka.

samsung galaxy a03s 1

Kita akan memperoleh pilihan untuk meletakkannya berdampingan dengan aplikasi tadi, atau bahkan di atasnya. Kita bisa menukar posisi atas bawahnya. Bisa diatur juga ukuran atas atau bawah yang mau lebih besar. Lalu kita bisa menyimpan pasangan ini, supaya nantinya bisa “dipanggil” bersamaan lagi, seperti ini misalnya.

samsung galaxy a03s 12

Jika kita sudah membuat 2 aplikasi tampil bersamaan, masih bisa menambah 1 lagi untuk tampil di atas keduanya, di bagian tengah, seperti ini.
Ya, tampilan multitasking seperti pada tablet Samsung dan dulu terkenal saat Fold pertama diluncurkan, sudah ada di seri A03s ini juga.

Tapi ini baru 1 fitur dari Edge Panel. Buka lagi Edge Panel dan tekan tombol roda gigi di bawah itu. Dan, kita bisa menambahkan beragam Edge Panel lainnya!

samsung galaxy a03s 10

Yang tersedia adalah panel untuk:

  • Aplikasi
  • Alat
  • Orang
  • Pilih cerdas
  • Tugas
  • Cuaca
  • Reminder
  • Clipboard

Mau tahu lebih lanjut terkait fitur Samsung Edge Panel yang satu ini? Yuk tonton pembahasan lengkap kami dalam format video berikut ini:

Load Comments

Reviews

December 1, 2022 - 0

Xiaomi 12T vs 20+ Game Pilihan Kalian: Sekencang Apa? Sestabil Apa?

Kali ini kita akan tes mainkan ga kurang dari 20…
November 28, 2022 - 0

Review TWS JBL Live Pro 2 dan JBL Reflect Aero: Suara Berkualitas, Fitur Kelas Atas, dan Tahan Air

Buat kalian yang sedang mencari TWS kelas atas yang cocok…
November 24, 2022 - 0

Review Xiaomi 12T: Premium Tapi Lebih Murah, Gaming Mantap

Ini adalah Xiaomi 12T, seri lebih terjangkau dari keluarga flagship…
November 22, 2022 - 0

Review POCO M5s: Fitur Lebih Lengkap di Harga 2 Jutaan

Awal bulan ini, Poco menghadirkan smartphone baru mereka, Poco M5.…

Accessories

October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…
February 11, 2022 - 0

Review Jabra Elite 4 Active: Suara Mantap, Fitur Lengkap dan Tahan Air

Jabra kembali meluncurkan TWS terbaru mereka untuk pasar Indonesia yaitu…
December 30, 2021 - 0

Review Gamen Cooler Siberia: Gaming Berat Jadi Lancar!

Buat kalian yang hobi main game berat berlama-lama di smartphone,…

Wearables

June 7, 2022 - 0

Review Huawei Watch Fit 2: Smartwatch Segudang Fitur, Baterai Super Awet!

Cari smartwatch terkini yang canggih, fitur berlimpah, tapi maunya bisa…
October 29, 2021 - 0

Review HUAWEI Watch GT3 dengan HarmonyOS: Smartwatch Sejati, Mewah dan Irit Baterai

Sudah hadir di dalam lab pengujian Jagat Gadget, adalah smartwatch…
October 25, 2021 - 0

IT Luncurkan Produk-Produk Smart Home di Indonesia, Apa Saja?

IT: Immersive Tech, resmi menghadirkan produk smart home premium dengan…
October 19, 2021 - 0

Tech Uncensored: Smartphone Belum Lengkap Tanpa Smartwatch dan TWS?

Memiliki satu atau lebih smartphone di masa sekarang nampaknya sudah…