VIDEO: Teknologi Kacamata “Langsung Pas” ala VIUUM

Author
Friska
Reading time:
December 9, 2021
viuum

Menyuguhkan pengalaman membeli kacamata yang super cepat dan langsung nyaman rasanya akan susah. Tapi VIUUM sepetinya jadi yang pertama di Indonesia, yang sukses menawarkan hal tersebut dengan dibantu teknologi 3D face scanning dan 3D printing.

viuum 3dprinting 4

Dalam video kali ini, dipandu oleh Dedy Irvan, kami akan bercerita lebih banyak soal VIUUM dan teknologinya. Kacamata custom ini tergolong sangat menarik karena ukurannya bisa dipastikan pas untuk penggunanya berkat teknologi tinggi yang diterapkan ketika proses pembuatan kacamata berlangsung. Menariknya lagi, proses ini tidak memakan waktu lama, hanya sekitar 30 menit saja hingga kacamata bisa dipakai!

Proses Preskripsi Kacamata Viuum

viuum 3dprinting 7

Ketika mengunjungi VIUUM yang hadir di Pondok Indah Mall 2 Jakarta ini, mereka menggunakan tablet yang terpajang di depan tokonya untuk bisa melihat-lihat model kacamata mana yang kira-kira pas untuk kebutuhan penggunanya.

viuum 3dprinting 6

Software yang dikembangkan VIUUM pada tablet Ini memanfaatkan teknologi truedepth yang tersedia di iPad yang digunakan. Jadi, wajah kita akan di-scan lalu secara realtime, kita akan langsung diberikan saran ukuran kacamata beserta bentuknya. Ini yang membuat kacamata VIUUM bisa langsung pas ke penggunanya.

viuum 3dprinting 9

Tersedia opsi untuk 4 ukuran bingkai kacamata, 4 ukuran gagang kacamata (temples), dan 8 variasi nosepad atau bantalan penyangga di hidung. Jadi, total ada 128 variasi kacamata, hanya melihat dari ukurannya saja. Dan variasi ini masih ada untuk bentuk frame dan warna frame juga. Setelah proses scan, kita akan melalui proses pengecekan parameter mata untuk lensanya.

viuum 3dprinting 8

Setelah selesai cek parameter mata, hanya perlu menunggu sebentar atau bahkan tidak menunggu sama sekali, untuk mencoba fitting frame kacamata.

viuum 3dprinting 10

VIUUM bisa merakit kacamata sesuai dengan yang disarankan aplikasinya dengan cepat, agar konsumen bisa mencobanya terlebih dahulu. Tentunya kalau konsumen menginginkan perubahan di parameter tertentu, konsumen juga bisa langsung mencobanya. Karena semua komponen di tahap ini dapat cepat dilepas-pasang. Tentunya, sebelum diserahkan ke konsumen untuk mencoba, kacamata yang baru dirakit, didesinfeksi dulu dengan sinar UV.

viuum 3dprinting 3

Cukup mengejutkan bahwa dari pengalaman kali ini, frame bisa langsung pas di mata, hidung dan gagang pun terasa nyaman dipakai langsung. Jadi, tidak ada proses memilih frame yang lama akibat mencocokkan ukuran dengan kenyamanan pakai.

Aplikasi VIUUM sebenarnya sudah menyarankan tipe bentuk model frame depan seperti apa yang mungkin akan cocok. Akan tetapi, di sini Dedy memilih frame model yang sedikit berbeda. Ini tidak mengubah kenyamanan fitting kacamatanya, hanya masalah preferensi pribadi saja.

viuum 3dprinting 13 viuum 3dprinting 12 viuum 3dprinting 11

Frame kacamata VIUUM ini benar-benar super ringan. Di depan mata kami selaku tim Jagat Review, VIUUM memperlihatkan perbandingan beratnya yang memang setara selembar kertas A4. Ini untuk frame ukuran small. Namun frame yang ukuran XL yang kami coba ini terasa sangat ringan dan nyaman dipakai.  Ringannya frame ini, dikarenakan penggunaan bahan polyamide di bagian frame depan yang diproses dengan 3D printing!. Sementara, gagangnya menggunakan beta titanum.

viuum 3dprinting 15

VIUUM memaparkan bahwa, mengatas namakan kesederhanaan pemilihan, semua lensa yang dipakai adalah yang diproduksi oleh Essilor atau yang didistribusikan oleh Essilor. Jadi, kualitas terjamin tinggi,  tapi pilihan tetap beragam dan harga tetap bisa disesuaikan dengan daya beli konsumen. Lensa default di VIUUM sudah menggunakan blue light filter, UV 420 protection, anti scratch, anti smudge dan anti glare.

viuum 3dprinting 14 viuum 3dprinting 16

Untuk proses selanjutnya, lama penyelesaian sangat bergantung pada tipe lensa dan parameter mata pengguna tentunya. Jika lensanya tersedia, konsumen tidak menggunakan tipe progresif, kacamata bisa langsung dibawa pulang dalam waktu singkat. Dalam kondisi ini, total proses hanya membutuhkan waktu 30 menit sampai paling lama 1 jam, mulai dari proses scanning awal tadi lho. Sangat cepat kan?

viuum 3dprinting 17

Mau tahu lebih lanjut lagi proses dan pengalaman kami selama membuat kacamata dari VIUUM dan kami gunakan ketika sedang mengunjungi acara liputan di Hawaii? Simak selengkapnya di video berikut ini:

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…