VIDEO: Teknologi Kacamata “Langsung Pas” ala VIUUM

Author
Friska
Reading time:
December 9, 2021
viuum

Menyuguhkan pengalaman membeli kacamata yang super cepat dan langsung nyaman rasanya akan susah. Tapi VIUUM sepetinya jadi yang pertama di Indonesia, yang sukses menawarkan hal tersebut dengan dibantu teknologi 3D face scanning dan 3D printing.

viuum 3dprinting 4

Dalam video kali ini, dipandu oleh Dedy Irvan, kami akan bercerita lebih banyak soal VIUUM dan teknologinya. Kacamata custom ini tergolong sangat menarik karena ukurannya bisa dipastikan pas untuk penggunanya berkat teknologi tinggi yang diterapkan ketika proses pembuatan kacamata berlangsung. Menariknya lagi, proses ini tidak memakan waktu lama, hanya sekitar 30 menit saja hingga kacamata bisa dipakai!

Proses Preskripsi Kacamata Viuum

viuum 3dprinting 7

Ketika mengunjungi VIUUM yang hadir di Pondok Indah Mall 2 Jakarta ini, mereka menggunakan tablet yang terpajang di depan tokonya untuk bisa melihat-lihat model kacamata mana yang kira-kira pas untuk kebutuhan penggunanya.

viuum 3dprinting 6

Software yang dikembangkan VIUUM pada tablet Ini memanfaatkan teknologi truedepth yang tersedia di iPad yang digunakan. Jadi, wajah kita akan di-scan lalu secara realtime, kita akan langsung diberikan saran ukuran kacamata beserta bentuknya. Ini yang membuat kacamata VIUUM bisa langsung pas ke penggunanya.

viuum 3dprinting 9

Tersedia opsi untuk 4 ukuran bingkai kacamata, 4 ukuran gagang kacamata (temples), dan 8 variasi nosepad atau bantalan penyangga di hidung. Jadi, total ada 128 variasi kacamata, hanya melihat dari ukurannya saja. Dan variasi ini masih ada untuk bentuk frame dan warna frame juga. Setelah proses scan, kita akan melalui proses pengecekan parameter mata untuk lensanya.

viuum 3dprinting 8

Setelah selesai cek parameter mata, hanya perlu menunggu sebentar atau bahkan tidak menunggu sama sekali, untuk mencoba fitting frame kacamata.

viuum 3dprinting 10

VIUUM bisa merakit kacamata sesuai dengan yang disarankan aplikasinya dengan cepat, agar konsumen bisa mencobanya terlebih dahulu. Tentunya kalau konsumen menginginkan perubahan di parameter tertentu, konsumen juga bisa langsung mencobanya. Karena semua komponen di tahap ini dapat cepat dilepas-pasang. Tentunya, sebelum diserahkan ke konsumen untuk mencoba, kacamata yang baru dirakit, didesinfeksi dulu dengan sinar UV.

viuum 3dprinting 3

Cukup mengejutkan bahwa dari pengalaman kali ini, frame bisa langsung pas di mata, hidung dan gagang pun terasa nyaman dipakai langsung. Jadi, tidak ada proses memilih frame yang lama akibat mencocokkan ukuran dengan kenyamanan pakai.

Aplikasi VIUUM sebenarnya sudah menyarankan tipe bentuk model frame depan seperti apa yang mungkin akan cocok. Akan tetapi, di sini Dedy memilih frame model yang sedikit berbeda. Ini tidak mengubah kenyamanan fitting kacamatanya, hanya masalah preferensi pribadi saja.

viuum 3dprinting 13 viuum 3dprinting 12 viuum 3dprinting 11

Frame kacamata VIUUM ini benar-benar super ringan. Di depan mata kami selaku tim Jagat Review, VIUUM memperlihatkan perbandingan beratnya yang memang setara selembar kertas A4. Ini untuk frame ukuran small. Namun frame yang ukuran XL yang kami coba ini terasa sangat ringan dan nyaman dipakai.  Ringannya frame ini, dikarenakan penggunaan bahan polyamide di bagian frame depan yang diproses dengan 3D printing!. Sementara, gagangnya menggunakan beta titanum.

viuum 3dprinting 15

VIUUM memaparkan bahwa, mengatas namakan kesederhanaan pemilihan, semua lensa yang dipakai adalah yang diproduksi oleh Essilor atau yang didistribusikan oleh Essilor. Jadi, kualitas terjamin tinggi,  tapi pilihan tetap beragam dan harga tetap bisa disesuaikan dengan daya beli konsumen. Lensa default di VIUUM sudah menggunakan blue light filter, UV 420 protection, anti scratch, anti smudge dan anti glare.

viuum 3dprinting 14 viuum 3dprinting 16

Untuk proses selanjutnya, lama penyelesaian sangat bergantung pada tipe lensa dan parameter mata pengguna tentunya. Jika lensanya tersedia, konsumen tidak menggunakan tipe progresif, kacamata bisa langsung dibawa pulang dalam waktu singkat. Dalam kondisi ini, total proses hanya membutuhkan waktu 30 menit sampai paling lama 1 jam, mulai dari proses scanning awal tadi lho. Sangat cepat kan?

viuum 3dprinting 17

Mau tahu lebih lanjut lagi proses dan pengalaman kami selama membuat kacamata dari VIUUM dan kami gunakan ketika sedang mengunjungi acara liputan di Hawaii? Simak selengkapnya di video berikut ini:

Load Comments

Reviews

April 29, 2022 - 0

Review itel Vision 3: Baterai Besar + Charger 18W, Harga Rp 1,1 Jutaan

Mungkin banyak dari kita yang belum mengenal brand itel. Ini…
April 29, 2022 - 0

Membahas MediaTek Dimensity 9000: Chipset Terbaik MediaTek untuk Smartphone Kelas Premium!

SoC/prosesor/chipset ini memang sengaja dibangun untuk menjadi dapur pacu smartphone…
April 28, 2022 - 0

Gaming Pakai MediaTek Helio G96: Sekencang Apa? (feat. Redmi Note 11 Pro)

MediaTek Helio G96 dikenal sebagai SoC terbaik dari Helio G…
April 26, 2022 - 0

Review Samsung Galaxy M33 5G: Kamera 4K, Performa Lebih Tinggi

Kita sudah melihat ada banyak smartphone yang diluncurkan dalam 4…

Accessories

February 11, 2022 - 0

Review Jabra Elite 4 Active: Suara Mantap, Fitur Lengkap dan Tahan Air

Jabra kembali meluncurkan TWS terbaru mereka untuk pasar Indonesia yaitu…
December 30, 2021 - 0

Review Gamen Cooler Siberia: Gaming Berat Jadi Lancar!

Buat kalian yang hobi main game berat berlama-lama di smartphone,…
October 26, 2021 - 0

Review Vivo TWS 2 ANC & Vivo TWS 2e

Bertepatan dengan perilisan Smartphone Vivo X70 Pro, Vivo juga meluncurkan…
September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…

Wearables

October 29, 2021 - 0

Review HUAWEI Watch GT3 dengan HarmonyOS: Smartwatch Sejati, Mewah dan Irit Baterai

Sudah hadir di dalam lab pengujian Jagat Gadget, adalah smartwatch…
October 25, 2021 - 0

IT Luncurkan Produk-Produk Smart Home di Indonesia, Apa Saja?

IT: Immersive Tech, resmi menghadirkan produk smart home premium dengan…
October 19, 2021 - 0

Tech Uncensored: Smartphone Belum Lengkap Tanpa Smartwatch dan TWS?

Memiliki satu atau lebih smartphone di masa sekarang nampaknya sudah…
September 18, 2021 - 0

Video – Review: TWS Vivan Liberty T300NC

Mungkin semua tidak asing lagi bila mendengar kata Vivan. Ya,…