Tips & Trik Agar Internet Smartphone Kita Lancar! Feat. Smartfren Unlimited Nonstop

Author
Friska
Reading time:
June 23, 2022
Tips & Trick Hape Lancar Internetan feat Smartfren

Tentunya, kita semua sudah pernah mengalami masalah dengan koneksi Internet pada smartphone kita ya. Padahal, smartphone sudah jadi perangkat nomor 1 untuk mengakses Internet saat ini. Kali ini kita akan bahas mengenai beberapa tips dan trik yang bisa membantu melancarkan konektivitas Internet pada smartphone.

Perlu diingat juga, buat para gamers yang udah siap-siap mau komentar, Ping di game kalian itu, memang bergantung pada kelancaran konektivitas atau sinyal ke provider jaringan Internet seluler. Tapi, Ping itu juga sangat dipengaruhi konektivitas provider Internet seluler ke server game. Jadi, bukan hanya masalah smartphone atau lokasi saja.

Mari kita mulai bahas apa saja yang bisa dilakukan untuk membantu memperoleh kelancaran Internet yang lebih baik di smartphone.

Sebagian tips ini mungkin kalian sudah tahu, tapi bisa saja ada yang belum tahu. Jadi, kami akan mulai dari yang paling sederhana.

1. Keluar dan Masuk lagi ke Jaringan

tips trik with smartfren 1

Mungkin, smartphone kita “nyangkut” ke tower atau tiang pemancar yang agak jauh, membuat konektivitas jadi kurang baik. Jadi, keluar dari jaringan seluler dan masuk lagi, bisa jadi tindakan pertama kita. Cara paling mudahnya adalah dengan mengaktifkan ke Airplane mode, tunggu beberapa detik, lalu aktifkan lagi Airplane mode.

2. Restart Smartphone

tips trik with smartfren 2

Ini sederhana sekali ya. Bisa pakai opsi restart, atau dengan mematikan lalu menghidupkan smartphone kembali. Metode ini, meski terkadang makan waktu, tapi bisa membereskan beberapa masalah sekaligus.

Sama dengan tips pertama, kita kemungkinan akan bisa memperoleh koneksi yang lebih baik ke pemancar yang lebih tepat. Selain itu, jika permasalahannya ada di software yang mungkin mengganggu, kemungkinan besar itu juga akan otomatis diperbaiki.

3. Cek Pengaturan Mode Jaringan

tips trik with smartfren 3

Yang ini bisa jadi masalah yang mungkin terlewatkan. Bisa saja, karena satu dan lain hal, mode jaringan kita berada di posisi yang lebih buruk untuk lokasi kita. Tentunya, coba dulu pastikan bahwa sudah menggunakan opsi yang terbaik yang tersedia ya. Misalnya, smartphonenya maksimum 4G, pindahkan ke setting 4G. 

Selain itu, cek juga APN jika berpindah jaringan atau saat roaming. Terkadang, kalau salah APN, konektivitas bisa lamban, atau bahkan bisa tidak mendapatkan konektivitas Internet sama sekali. Cek detail setting APN di website provider seluler yang kalian gunakan.

4. Pindah ke lokasi dengan sinyal lebih baik

tips trik with smartfren 4

Ya, kami tahu, ini adalah solusi yang sangat basic sekali. Akan tetapi, kami masih sering melihat ada yang melewatkan tips super sederhana ini. Terkadang, hanya karena ada lemari besar saja, sinyal bisa memburuk. Jadi, kadang kami saat hendak meeting di sebuah cafe, memilih untuk melihat dulu, apakah sinyal seluler di meja yang akan digunakan itu baik atau tidak. Karena kan, tidak semua orang mau menggunakan WiFi di ruang publik, demi keamanan data.

Bahkan, beberapa jenis pelapis kaca bisa menghambat sinyal juga. Ini pernah kami alami di dalam mobil. Ada kondisi di mana membuka kaca jendela mobil, membuat kami bisa memperoleh sinyal yang lebih kuat, untuk Internetan. Untuk di rumah, coba membuka jendela dan dekatkan smartphone ke jendela tersebut.

5. Bersihkan SIM Card

tips trik with smartfren 5

SIM card memiliki konektor dari bahan metal. Di mana sebuah jenis metal bertemu dengan metal yang lain, kemungkinan korosi akan timbul. Jika terganggunya Internet adalah karena SIM card terkadang tidak terdeteksi, bisa jadi konektor ini masalahnya. Bersihkan konektor ini dengan lap yang bersih. Jika ada contact cleaner, akan lebih baik. Tapi jangan pakai amplas ya. 

6. Kontak Provider

Ya, tentunya, kalau semua sudah tidak bisa dilakukan, mengontak provider seluler yang digunakan, bisa jadi solusi terbaik. Terkadang, bisa saja ada hal yang perlu dibenahi dari sisi provider.

7. Gunakan Provider yang Tepat untuk Lokasimu

Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat besar. Jangan bandingkan negara ini dengan Singapura misalnya. Karena meng-cover Singapura dengan Internet adalah hal yang sangat mudah dibandingkan Indonesia ya.

Jadi, di wilayah yang berbeda, tentunya bisa ada provider Internet seluler atau operator yang lebih dominan. Tentunya, akan ada juga daerah di mana semua operator itu punya jangkauan yang sama. Pelajari apa yang tersedia untuk daerahmu, dan sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Kalau kami pakai yang internetnya Unlimited Nonstop! Cari yang punya coverage stabil dimanapun dan kapanpun!

Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…