Review Huawei MatePad Air: Standar Baru Tablet Terjangkau?

Author
Friska
Reading time:
July 7, 2023
Review Huawei MatePad Air 1

Ini adalah Huawei Matepad Air, sebuah tablet kelas menengah atas dari Huawei. Belum lama ini kami pernah membuat video tentang Huawei Matepad 11 yang digadang-gadang menawarkan PC-Level Productivity. Nah, Matepad Air ini merupakan versi lebih premium dan menawarkan perbaikan-perbaikan dari apa yang belum terpenuhi di Matepad 11 kemarin plus diharapkan mampu menjadi standar baru tablet di kelas harganya.

AIR itu ada kepanjangannya yaitu Aesthetic, Innovation, Refreshing. Kalau kata Huawei tablet ini membawa desain yang stylish, terobosan baru, dan kombinasi software dan hardware yang khas.

Review Huawei MatePad Air 2

Kita lihat dulu dari isi paket penjualannya. Paket pembeliannya sangat lengkap ya. Selain tablet, kita juga dapat keyboard case versi slim. Lalu ada Stylusnya yang huawei namakan M-Pencil generasi kedua, dan kita dapet bluetooth mouse juga disini. Praktis! jadi kita tidak perlu beli lagi aksesorisnya, langsung lengkap.

Review Huawei MatePad Air 3

Yang bikin berbeda dibandingkan Huawei MatePad 11 kemarin ada di keyboard casenya ini. Yang ini menggunakan magnet, jadi tinggal ditempel aja seperti ini, dan bentuknya juga jauh lebih slim. Koneksi keyboardnya menggunakan Pogo Pin. Bagian keyboard dan belakang case nya detachable atau bisa dicopot seperti ini. Menariknya ketika sudah connect, keyboard ini tetap bisa digunakan tanpa harus nempel ke pogo pinnya karena dia bisa langsung connect via bluetooth. Jadi lebih flexibel.

Review Huawei MatePad Air 4

Untuk isi box tabletnya sendiri standard, ada tabletnya tanpa screen protector, lalu ada kabel usb type c, dan charger 40W. Jadi masih ada chargernya, masih ada chargernya, masih ada chargernya. Tidak perlu beli terpisah.

Review Huawei MatePad Air 5

Desain dan Spesifikasi

Untuk tabletnya sendiri seperti ini desainnya, hitam polos, dengan modul kamera melingkar seperti ini, cukup beda dibanding tablet-tablet yang ada di pasaran sekarang. Ada juga varian warna lain yang warna silver.

Review Huawei MatePad Air 6

Bobotnya ada di kisaran gram 511g, dan jika digabungkan dengan case dan stylusnya, bobotnya sekitar 900 gram. Lebih ringan dibandingkan rata-rata laptop di kelasnya yang biasanya sekitar 1.2kg.

Layarnya sendiri berukuran 11.5 inci, resolusi 2.8k dengan aspect ratio lebih lebar di 3:2. Aspect Ratio seperti ini membuat konten lebih banyak dimuat di layarnya ini, misalnya baris artikel lebih banyak, atau kalau kerja di excel, row nya jadi lebih panjang.

Review Huawei MatePad Air 7

Color gamut P3, dan refresh ratenya up to 144Hz dipadukan teknologi Dynamic Refresh Rate yang bisa naik turun dari 30-144Hz. Untuk konsumsi konten sudah sangat asik, ditambah lagi ada 4 speaker disini, jadi lebih mantap lagi. Untuk kerja, scrolling-scrolling, 144Hz nya ini memberikan pengalaman yang mulus sekali, ukurannya yang besar membuat pengalaman multi tasking, buka beberapa app sekaligus juga jadi asik.

Review Huawei MatePad Air 9

Untuk Netflix sudah widevine L1, untuk aplikasi nonton video lainnya seperti WeTV, Vidio, iQiyi, semua berjalan normal. Dipadukan dengan quad speakernya, tablet ini memang memberikan pengalaman entertainment yang mantap.

Review Huawei MatePad Air 10

Ada sebuah fitur canggih yang biasa hanya kita temukan di tablet kelas flagship yakni fitur Display Out via USB Portnya. Di sini sekarang bisa, jadi misalnya mau share presentasi ke layar yang lebih besar bisa nih, kalau di MatePad 11 kemarin belum bisa.

Review Huawei MatePad Air 11

Dari segi OS, Matepad Air ini menggunakan HarmonyOS 3.1. Untuk SoC, tablet ini menggunakan Snapdragon 888, meskipun bukan SoC paling baru, tapi karena ini kelas flagship, performanya masih terhitung kencang bahkan sampai sekarang. Dipakai multitasking banyak app sekaligus juga lancar-lancar aja.

Dengan specs begini, main Mobile Legends atau Genshin Impact masih playable tentunya.

Review Huawei MatePad Air 12

Beberapa fitur menarik terkait multitasking ada yang namanya SuperHub dan juga Take Snippet 2.0. Kita bisa extract konten dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya dengan cepat. Misalnya kita mau ambil foto hp ini dari sebuah website, tinggal hold, lalu gambarnya akan bisa kita pindahkan ke app lain, kita contohkan disini menggunakan Huawei Notes.

Untuk RAM Storage hanya ada satu varian saja, yaitu RAM 8GB dengan Storage 128GB.

Review Huawei MatePad Air 13

Untuk baterai kapasitasnya adalah 8300mAh. Dipakai video playback dia habis dalam waktu 26 Jam, luar biasa untuk sebuah tablet layar besar seperti ini Sedangkan untuk charging menggunakan charger bawaannya, butuh sekitar 1 Jam 17 menit untuk mengisi dari 0-Full. Ini pengingkatan yang sangat signifikan jika dibanding Matepad 11 kemarin.

Salah satu keunggulan tablet dibanding laptop pada umumnya ada di kemampuan kameranya. Huawei Matepad Air ini dilengkapi kamera depan 8MP, dan kamera Belakang 13MP.

Load Comments

Reviews

May 13, 2024 - 0

Review Huawei Watch Fit 3: Stylish, Tipis dan Ringan, Kaya Fitur, Harga Lebih Terjangkau

Ini adalah Huawei Watch Fit 3, smartwatch yang punya daya…
May 10, 2024 - 0

Review Xiaomi Pad 6S Pro 12.4: Semua Game LANCAR, Tablet Xiaomi Terbaik 2024

Tablet terbaru Xiaomi ini sudah hadir resmi ke Indonesia, Xiaomi…
April 24, 2024 - 0

Review Xiaomi Smart Band 8 Pro: Ini Sih Smartwatch, Bukan Smartband!

Ini adalah Xiaomi Smart Band 8 Pro, smartband dari Xiaomi…

Accessories

April 23, 2024 - 0

Dua Speaker Bluetooth Tahan Air Xiaomi Terindikasi Akan Masuk Indonesia

Beberapa waktu lalu Xiaomi memperkenalkan dua speaker Bluetooth untuk keperluan…
December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…