Mengenal Apa Itu RCS, Protokol Pesan Pengganti SMS/MMS

Author
Irham
Reading time:
January 29, 2024

Baru-baru ini, banyak orang membicarakan tentang RCS. Diklaim sebagai penerus SMS dan MMS, RCS tampaknya membawa angin segar bagi dunia perpesanan instan. Namun, apa sebenarnya RCS itu? Apa yang membuatnya berbeda dari SMS dan MMS? Di artikel ini, kita akan mengulas tuntas tentang RCS, mulai dari pengertiannya, fitur-fitur yang ditawarkan, hingga bagaimana cara kerjanya.

apa itu RCS

Apa Itu RCS?

RCS adalah protokol komunikasi baru yang menawarkan banyak manfaat dibandingkan dengan SMS dan MMS. RCS memungkinkan pengguna mengirim pesan yang lebih panjang, file yang lebih besar, dan pesan multimedia.

Screenshot 1778

RCS juga menawarkan fitur obrolan seperti tanda terima dibaca, indikator pengetikan, dan pesan yang dihapus. RCS juga menawarkan enkripsi end-to-end untuk keamanan yang lebih baik.

Siapa yang Mengembangkan RCS?

RCS dikembangkan oleh GSMA, sebuah asosiasi industri yang mewakili operator seluler di seluruh dunia. GSMA pertama kali mengumumkan RCS pada tahun 2016, dan RCS telah diluncurkan oleh banyak operator di seluruh dunia sejak saat itu.

Berikut adalah beberapa perusahaan yang terlibat dalam pengembangan RCS:

  • Google: Google telah bekerja sama dengan GSMA dan operator seluler untuk mengembangkan standar RCS. Google juga telah mengembangkan aplikasi perpesanannya sendiri, Android Messages, yang mendukung RCS.
  • Apple: Apple belum secara resmi mendukung RCS, tetapi ada laporan bahwa Apple sedang mengerjakan dukungan RCS untuk iMessage.
  • Microsoft: Microsoft telah bekerja sama dengan GSMA dan operator seluler untuk mengembangkan standar RCS. Microsoft juga telah mengembangkan aplikasi perpesanannya sendiri, Skype, yang mendukung RCS.
  • Samsung: Samsung telah menjadi salah satu pendukung utama RCS. Samsung telah bekerja sama dengan GSMA dan operator seluler untuk mengembangkan standar RCS. Samsung juga telah mengembangkan aplikasi perpesanannya sendiri, Samsung Messages, yang mendukung RCS.

Pengembangan RCS masih terus berlanjut, namun RCS telah menjadi standar komunikasi yang penting bagi operator seluler di seluruh dunia.

Bagaimana Cara kerja RCS?

RCS bekerja melalui jaringan data seluler atau Wi-Fi. Ketika kita mengirim pesan RCS, pesan tersebut akan dienkripsi dan dikirim ke server operator pengguna.

Server operator kemudian akan meneruskan pesan ke server operator penerima. Server penerima kemudian akan mendekripsi pesan dan mengirimkannya ke perangkat penerima. Bagi penerima yang belum memiliki dukungan fitur RCS, pesan akan kembali dikirimkan secara otomatis berupa SMS maupun MMS. Tidak hanya pesan teks, pengguna juga bisa mengirim pesan multimedia, file, lokasi, dan lain-lain.

Apa Saja Fitur dan Keunggulan RCS?

RCS

RCS menawarkan banyak fitur yang tidak tersedia di SMS dan MMS, seperti:

  • Pesan yang lebih panjang: RCS memungkinkan pengguna mengirim pesan hingga 8.000 karakter, dibandingkan dengan 160 karakter untuk SMS.
  • File yang lebih besar: Pengguna dapat mengirim file yang lebih besar dengan RCS, hingga 100MB, dibandingkan dengan 300KB untuk MMS.
  • Pesan multimedia: Pengguna dapat mengirim pesan multimedia seperti foto, video, dan audio dengan RCS.
  • Fitur obrolan (Chat): RCS menawarkan fitur obrolan seperti tanda terima dibaca, indikator pengetikan, dan pesan yang dihapus.
  • Keamanan yang lebih baik: RCS menawarkan enkripsi end-to-end untuk keamanan yang lebih baik.

Skenario Menarik Penggunaan RCS

Selain penggunaan RCS untuk komunikasi perpesanan pengganti SMS dan MMS bagi end-user, sebenarnya ada banyak manfaat menggunakan RCS. Seperti misalnya untuk pengguna dari kalangan pebisnis. Fitur RCS menawarkan banyak manfaat bagi pemilik usaha, antara lain:

RCS by Hussein Fazal Medium

Meningkatkan penjualan dan layanan pelanggan:

  • Pemasaran yang lebih efektif:  pengguna dapat menggunakan RCS untuk mengirim pesan promosi yang ditargetkan kepada pelanggan.
  • Dukungan pelanggan yang lebih baik: kita dapat menggunakan RCS untuk memberikan dukungan pelanggan yang lebih baik kepada pelanggan.
  • Broadcast pesan: Dengan menggunakan protokol RCS, pengguna bisa mengirim pesan broadcast ke pelanggan, untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Namun biasanya untuk layanan broadcast ini diperlukan sistem khusus dari penyedia layanan telekomunikasi.

Mengurangi biaya:

  • RCS lebih hemat biaya daripada SMS dan MMS. Karena RCS dikirimkan dengan menggunakan internet (data selular/Wi-Fi), jadi biaya yang dikeluarkan tidak seperti SMS/MMS yang dihitung menggunakan pula. Hal ini dapat membantu untuk mengurangi biaya komunikasi pemilik usaha.

Tidak seperti SMS/MMS, Lewat RCS, pengguna bisa mengirim pesan yang panjang, file besar, dan pesan multimedia. RCS juga  menawarkan fitur obrolan seperti tanda terima dibaca, indikator pengetikan, dan pesan yang dihapus. Hal ini memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan secara real time.

Dari sisi keamanan, RCS menawarkan enkripsi end-to-end untuk keamanan yang lebih baik. Hal ini memungkinkan pengguna untuk melindungi informasi sensitif. Pengguna RCS juga bisa berkomunikasi antar platform yang kompatibel, tanpa harus menginstal aplikasi tambahan lain.

Cara Mengakses Fitur RCS

Untuk mengakses fitur perpesanan RCS, bisa dilakukan dengan cara-cara berikut ini.

  1. Pastikan operator kalian sudah mendukung RCS.  Kalian juga bisa memeriksa dengan operator yang kalian gunakan untuk melihat apakah RCS tersedia di wilayah kalian.
    Di Indonesia sendiri, Telkomsel menjadi salah satu operator telekomunikasi yang menyediakan layanan RCS, berkat kerjasama dengan Google.
  2. Gunakan aplikasi perpesanan yang mendukung RCS. Ada beberapa aplikasi perpesanan yang mendukung RCS, seperti Google Messages, Samsung Messages, dan Android Messages.
  3. Aktifkan RCS di aplikasi perpesanan. Cara mengaktifkan RCS tergantung pada aplikasi perpesanan yang kalian gunakan. Berikut adalah beberapa langkah umum:
    • Google Messages: Buka aplikasi Google Messages. Buka Pengaturan. Ketuk “Fitur Chat”. Aktifkan “Chat RCS”.
    • Samsung Messages: Buka aplikasi Samsung Messages. Buka Pengaturan. Ketuk menu “Chat “. Aktifkan “Chat”.
    • Android Messages: Buka aplikasi Android Messages. Buka Pengaturan. Ketuk “Chat”. Aktifkan “Fitur Chat”.

Untuk perangkat yang mendukung, saat ini protokol RCS sudah tersedia untuk semua pengguna smartphone Android. Bagi pengguna Android yang aplikasi pesannya belum mendukung, bisa menggunakan aplikasi Google Message. Untuk pengguna PC, pengguna juga bisa menggunakan aplikasi komunikasi milik Microsoft yaitu Skype.

Sedangkan untuk pengguna iOS, saat ini sayangnya layanan RCS belum tersedia. Namun kabarnya Apple sedang mengembangkan fitur tersebut dan akan segera hadir dalam waktu dekat. Digadang-gadang kalau protokol pesan baru ini akan hadir di sistem operasi terbaru yaitu iOS 18 yang akan segera hadir.

Load Comments

Reviews

June 21, 2024 - 0

Review realme GT 6: Smartphone Terbaik realme 2024!

realme GT IS BACK! Dari tahun lalu banyak banget yang…
June 19, 2024 - 0

Huawei MatePad 11.5”S: Tablet Layar Unik dari Huawei

Ini adalah Huawei MatePad 11.5”S, tablet baru dari Huawei yang…
June 18, 2024 - 0

Review Kiip TH90: Wireless Headphone Over-Ear Rp 300 ribuan, Suara Makin Lama Makin Bagus

Mencari headphone berkualitas dengan harga terjangkau sering kali menantang, tapi…
June 18, 2024 - 0

Review vivo X Fold3 Pro: Smartphone Foldable Terbaik 2024?

Foldable premium yang tipis dan ringan ini hadir resmi ke…

Accessories

June 18, 2024 - 0

Review Kiip TH90: Wireless Headphone Over-Ear Rp 300 ribuan, Suara Makin Lama Makin Bagus

Mencari headphone berkualitas dengan harga terjangkau sering kali menantang, tapi…
April 23, 2024 - 0

Dua Speaker Bluetooth Tahan Air Xiaomi Terindikasi Akan Masuk Indonesia

Beberapa waktu lalu Xiaomi memperkenalkan dua speaker Bluetooth untuk keperluan…
December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…