Review Mi A2 Lite: Sederhana Tapi Penuh Fungsi!

Author
Irham
Reading time:
January 31, 2019

Pertarungan smartphone di kelas mid range kian sengit, dan di pertengahan 2018 lalu Xiaomi sempat meluncurkan dua produk andalan mereka dengan sistem operasi Android One yaitu Mi A2 dan Mi A2 Lite. Kesuksesan Mi A1 di tahun 2017 cukup meyakinkan untuk Xiaomi melanjutkan seri tersebut. Dan di tahun 2018 tak hanya menelurkan satu produk, Xiaomi merilis dua seri. Mi A2 hadir sebagai smartphone varian yang tertinggi, sedangkan Mi A2 Lite menjadi alternatif lebih terjangkau.

Di meja review kami kedatangan salah satu diantara kedua produk, yaitu Mi A2 Lite. Ditengah ramainya persaingan smartphone kelas menengah ini, seberapa layakkah Mi A2 lite untuk di pinang. Keunggulan apa yang bisa kita temukan di smartphone ini, simak ulasannya begitu ini.

Desain

Mi A2 lite hadir dengan desain bermaterial metal unibody, membuat perangkat ini cukup terlihat kokoh secara build quality. Perangkat ini juga hadir dengan ukuran yang cukup nyaman secara ergonomi dimana perangkat ini hanya memiliki ukuran 5,8 inci. Tentu saja untuk kebanyakan pengguna di tanah air, ukuran ini akan lebih cocok di genggaman.

5 Mi A2 Lite

Mi A2 Lite memiliki desain layar dengan notch di bagian atas. Dibandingkan dengan Mi A2 yang tanpa notch, Mi A2 Lite sedikit lebih menarik karena bezel di bagian atas menjadi terlihat lebih tipis. Meskipun untuk bezel bagian masih terlihat tebal, dan Xiaomi juga meletakan lampu LED notifikasi di sudut kiri bagian bawah bezel tersebut.

10 Mi A2 Lite

Selain itu desain pada body bagian belakang juga lebih menarik dengan dual kamera posisi vertikal di bagian sudut kiri, dengan lampu flash diapit oleh kedua kamera,. Di bagian tengahnya terdapat modul fingerprint sensor. Di bagian belakang juga terdapat logo Mi dan Android One yang menjadi salah satu fitur yang ditawarkan oleh Mi A2 Lite

6 Mi A2 Lite

Beralih ke bagian sisi-sisi, di sisi sebelah kanan terdapat tombol power dan volume seperti smartphone Android pada umumnya. Sedangkan di sisi sebelah kiri terdapat Tray SIM Card yaitu dua slot SIM Card nano dan satu slot Micro SD. Tentunya dengan dual slot SIMCard terpisah dengan microSD, akan memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk menggunakan dua SIM Card serta menambah kapasitas memori secara bersamaan.

2 Mi A2 Lite 3 Mi A2 Lite 8 Mi A2 Lite

Untuk tombol navigasi, smartphone ini menggunakan navigasi yang tersemat di bagian dalam layar. Sedikit mengurangi tampilan dari layar, namun masih memungkinkan bagi pengguna dapat mengatur preferensi susunan tombol yang ada. Apakah ingin tombol recent di kanan dan tombol back di kiri atau sebaliknya. Meskipun untuk  untuk perangkat ini sedikit membutuhkan trik yang tidak sederhana.

11 Mi A2 Lite 1. Mi A2 Lite

Untuk konektor daya dan data, Mi A2 Lite masih menggunakan MicroUSB yang terletak di sisi bagian bawah, juga terdapat grill speaker. Dan tersedia lubang jack 3,5mm di bagian atas. Dan Mi A2 Lite masih menyediakan sensor IR blaster di bagian atas untuk kebutuhan remote ke perangkat elektronik.

Spesifikasi

Seperti yang dibahas di atas, smartphone ini memiliki layar 5,8 inci dengan jenis panel IPS dan resolusi yang digunakan yaitu FullHD+. Dengan ukuran layar yang tidak terlalu besar dan resolusi yang tinggi, tentunya visibilitas yang ditampilkan terlihat lebih baik. Kerapatan pikselnya sekitar 432 ppi dan tingkat kecerahannya yaitu sekitar 448 nits. Dalam kondisi terang di luar ruangan pun smartphone ini masih tetap optimal dengan visibilitas yang baik.

Dari segi performa, tampaknya masih cukup betah dengan SoC kelas menengah yang saat ini bisa dibilang sudah cukup lawas yaitu Snapdragon 625 (Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53 + Adreno 506). SoC ini memang secara performa sudah tidak begitu bersaing namun untuk urusan ketahanan baterai sepertinya masih cukup dapat diandalkan. Sedangkan dari sisi storage, terdapat beberapa pilihan RAM yaitu 3GB dan 4GB serta internal storage 32GB dan 64GB. Untuk varian yang kami uji menggunakan RAM berkapasitas 4GB dan internal storage 64 GB.

CPUZ

Beralih ke fitur kamera, Mi A2 Lite dibekali dengan kamera utama 12MP dengan aperture F/2.2 dengan piksel yang besar yaitu 1,25 micron dan kamera sekunder 5MP untuk kebutuhan depth sense. Sedangkan untuk kamera depan menggunakan sensor kamera 5MP dengan aperture F/2.0.

Kapasitas baterai sepertinya menjadi salah satu keunggulan yang juga dimiliki oleh Mi A2 Lite. Dimana smartphone ini dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh. Dengan SoC Snapdragon 625 yang terkenal irit daya tentunya smartphone ini akan memiliki daya tahan yang baik. Selengkapnya akan dibahas di pengujian baterai.

Mi A2 Lite berjalan menggunakan sistem operasi dasar Android Oreo 8.0 yang kini telah diupgrade menjadi Android Pie 9.0. Adapun optimalisasi yang digunakan adalah Android One, memungkinkan sistem berjalan lebih ringan dan lancar tentunya jika dibandingkan dengan MIUI. Namun tentunya aplikasi bawaan yang tersedia lebih minim dibandingkan menggunakan MIUI. Namun ada juga aplikasi yang cukup penting dibawa oleh Android One ini, yaitu Google Lens. Layaknya Bixby Vision milik Samsung, Google Lens bisa mengenali objek dengan menggunakan kamera, lalu mencari informasi terkait objek tersebut. Ini merupakan salah satu fitur flagship yang dimiliki oleh Mi A2 Lite. Mi A2 Lite juga dilengkapi dengan radio FM, fitur yang banyak ditinggalkan pada smartphones terbaru

Android One google lens e1548322591795

Dari sisi konektivitas, seperti kebanyakan smartphone kelas menengah lainnya, Mi A2 Lite tentunya sudah menggunakan jaringan LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n, dan Bluetooth 4.2. Sayangnya perangkat ini belum mendukung jaringan Wi-Fi 5 GHz. Sedangkan untuk sensor, perangkat ini dilengkapi dengan sensor mulai dari ambience light, proximity, acceleration, compass, fingerprint dan juga gyroscope.

Pada paket penjualannya smartphone ini dilengkapi dengan beberapa atribut seperti adaptor charger, kabel USB, SIM ejector dan jelly case.

7 Mi A2 Lite
Load Comments

Reviews

April 24, 2024 - 0

Review Xiaomi Smart Band 8 Pro: Ini Sih Smartwatch, Bukan Smartband!

Ini adalah Xiaomi Smart Band 8 Pro, smartband dari Xiaomi…
April 19, 2024 - 0

Review Huawei Band 9: Smartband Rasa Smartwatch dan Nyaman

Ini adalah Smartband terbaru dari Huawei di tahun 2024, yang…
April 9, 2024 - 0

Review Samsung Galaxy A35 5G: Tampilan Premium, Fitur di-Upgrade

Smartphone ini hadir dengan desain yang premium! Layar Super AMOLED…
April 6, 2024 - 0

Review Suunto Race untuk Olahraga dan Pengguna Awam

Saya berasa dikerjain sama Suunto nih! Jam tangan sport ini…

Accessories

April 23, 2024 - 0

Dua Speaker Bluetooth Tahan Air Xiaomi Terindikasi Akan Masuk Indonesia

Beberapa waktu lalu Xiaomi memperkenalkan dua speaker Bluetooth untuk keperluan…
December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…