in: Featured - News - Reviews | July 6, 2016 | by: Dedy Irvan

Xiaomi Mi5 64GB: Termurah di Kelas Premium

3bodyMi5

Pertama kali diumumkan, Xiaomi Mi5 sudah menggemparkan. Dengan harga kisaran 4-5 jutaan, Xiaomi Mi5 sudah dilengkapi dengan salah satu prosesor (SoC) terkencang di dunia untuk smartphone, Snapdragon 820.

 

Beda versi 32GB, 64GB, dan Versi Pro 128GB

Xiaomi Mi5 yang kami uji kali ini adalah yang memiliki varian memori internal 64GB. Meski ukuran RAM-nya sama dengan versi 32GB (sama-sama 3GB RAM), versi bermemori internal 64GB ini memiliki keunggulan unik. Versi 64GB menggunakan prosesor Snapdragon 820 yang bekerja pada kecepatan maksimum 2,15 GHz. Sementara, versi 32GB menggunakan prosesor yang sama tapi kecepatan maksiumumnya “hanya” 1,8 GHz. Sementara itu, versi Pro adalah versi yang menggunakan Snapdragon 820 2.15 GHz, RAM 4GB, dan internal memori 128GB.

mi5-hand

Desain: Tidak Meniru Apple!

Ya, tampaknya masanya meniru bentuk Apple iPhone sudah berakhir. Xiaomi pun mengikuti tren serupa. Xiaomi Mi5 tidak menggunakan desain seperti iPhone. Anda tidak akan menemukan 2 garis di sisi punggng Xiaomi Mi5 ini. Bagus? Ya, tapi entah kenapa, Mi5 tampak mengadopsi bentuk lis samping dari keluarga Samsung S6/S7 dan Note 5.

Mi5-body (5)

Dari sisi muka, kita bisa melihat sebuah layar IPS berukuran 5,15” dengan resolusi 1920×1080. Ya, agak rendah untuk ukuran sebuah smartphone kelas premium. Akan tetapi, Xiaomi mengatakan bahwa resolusi ini sudah mencukupi. Ada benarnya, karena kerapatannya pun sudah sangat tinggi. Anda mungkin baru akan protes dengan resolusi ini saat menggunakannya dengan kacamata VR.

Tentu saja, di sisi atas bagian muka ini kita pun menemukan sebuah kamera “selfie” bersolusi 4 megapiksel. Kecil? Mungkin, tapi Xiaomi menggunakan sensor yang agak besar. Jadi, sensor kamera selfie ini harusnya bisa menyuguhkan kualitas gambar yang cukup baik.

Sementara itu, di sisi bawah Anda akan menemukan sebuah tombol ‘home’ yang permanen, dilengkapi dengan dua tombol navigasi (capacitive) lainnya di sisi kanan dan kirinya.

Mi5-body (1)

Tombol power dan volume dapat ditemui di sisi kanan smartphone ini. Ya, ini adalah layout yang cukup standar, memang.

Mi5-body (3)

Sisi kiri Mi5 hanya berisikan slot untuk dua SIM card saja. Tidak, Anda tidak memiliki opsi untuk memasang MicroSD. Mi5 bahkan tidak menggunakan sistem combo atau hybrid slot.

Mi5-body (4)

Di sisi atas, Anda akan menemukan sebuah jack 3,5mm stereo. Uniknya, di sisi ini kita menemukan adanya IR tranciever. Ya, Mi5 masih dilengkapi dengan pengendali inframerah yang membuatnya menjadi sebuah remote control universal.

Mi5-body (2)

Di sisi bawah, seperti biasa, kita bisa melihat jajaran lubang untuk speaker. Yang unik di sisi ini adalah terlihat bahwa Mi5 sudah menggunakan konektor USB type C yang baru. Tenang, mereka pun memastikan bahwa sebuah kabel USB type C sudah tersedia dalam paket penjualan.

Mi5-body (6)

Di sisi belakang, Anda hanya akan bisa menemui sebuah kamera dengan lampu duo-tone. Tidak ada yang spesial, bukan? Akan tetapi, Xiaomi menjanjikan bahwa kamera 16 megapiksel yang terdapat di sisi belakang ini bisa menyuguhkan hasil foto berkualitas saat tinggi.

 

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS