in: Reviews | October 25, 2017 | by: Friska

Review Smartphone Android: Asus Zenfone 4 Selfie

Agustus 2017 lalu, Asus baru saja mengumumkan jajaran smartphone Asus Zenfone 4 terbaru yang memiliki slogan “We Love Photo” , di mana Asus Zenfone 4 Selfie (ZD553KL) merupakan satu dari anggota keluarga Zenfone 4 tersebut. Dan tentu saja, dengan mengemban nama “Selfie”, smartphone Asus Zenfone 4 Selfie ini merupakan perangkat yang memang dimaksimalkan untuk bisa digunakan sebagai smartphone selfie dengan hasi foto atau video untuk vlog yang lebih baik lagi.

Di bulan Oktober 2017 ini, Asus memiliki rencana untuk mengeluarkan dua produk Zenfone 4 untuk pasar di Indonesia. Dan dua produk yang dimaksud adalah Asus Zenfone 4 Selfie serta Asus Zenfone 4 Selfie Pro. Kini di meja pengujian kami telah ada kedua produk tersebut untuk siap diuji coba dan dibahas lebih lengkap mengenai fitur dan keunggulan yang dimilikinya. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas lebih jauh mengenai Asus Zenfone 4 Selfie terlebih dahulu.

Desain

Secara desain keseluruhan, harus diakui bahwa Asus Zenfone 4 Selfie ini justru akan terlihat tidak jauh berbeda dengan desain yang dimiliki oleh beberapa jenis smartphone merk lainnya. Berdimensi 155.7 x 75.9 x 7.9 mm serta bobot hanya 144 gram, menggenggam smartphone ini akan terasa lebih tipis dan mungkin terasa lebih ringan dari sebagian besar smartphone lainnya yang beredar saat ini, sehingga tidak memiliki kesan kokoh dan malah cenderung lebih ringkih karenanya walaupun bodi secara keseluruhan cukup solid.

tampak depan
tampak depan
tampak belakang
tampak belakang

Asus Zenfone 4 Selfie (ZD553KL) ini memiliiki layar 5,5 inch IPS display dengan resolusi HD 720 x 1280 pixels, dengan rasio perbandingan layar sebesar 16:9 serta memiliki density sebesar ~267 ppi. Rasio screen-to-body yang dimiliki oleh perangkat ini adalah sebesar 70.6%, sehingga pengguna akan merasakan bagaimana ukuran layarnya akan terlihat cukup lega dengan bezel atau bingkai yang mengelilinginya tidak terlalu tebal. Desain dari layarnya sendiri dilapisi dengan 2.5D curved display dengan bezel yang lebih tipis di 1.65mm, telah dilengkapi dengan Bluelight filter untuk kenyamanan mata pengguna serta memiliki capacitive touch panel dengan 10 titik multi-touch, sehingga pengguna masih bisa mengoperasikan layar smartphone ketika menggunakan sarung tangan sekalipun.

zefone 4 selfie00007
posisi tombol volume dan power
zefone 4 selfie00009
posisi slot SIM1/SIM2/microSD card
zefone 4 selfie00008
posisi jack audio 3.5mm
zefone 4 selfie00006
posisi speaker utama dan port USB 2.0

Seperti layaknya smartphone pada umumnya, pada bagian sisi kiri Asus Zenfone 4 Selfie merupakan posisi di mana slot SIM/microSD card berada, sementara bagian sisi kanan merupakan posisi tombol volume dan tombol power utama. Untuk bagian atasnya, merupakan posisi jack audio 3.5mm, sementara bagian bawah merupakan posisi port USB 2.0 dan speaker utamanya.

slot SIM1/SIM2 dan microSD card terpisah (non-hybrid)
slot SIM1/SIM2 dan microSD card terpisah (non-hybrid)

Pada bagian permukaan bawah smartphone, tepat di bawah layar, merupakan posisi “tombol” pengoperasian smartphone yang utama, di mana pada bagian tengan merupakan tombol Home yang berfungsi ganda sebagai sensor Fingerprint.

zefone 4 selfie00005
posisi tombol Home yang berfungsi sekaligus sebagai sensor Fingerprint
zefone 4 selfie00004
posisi kamera selfie
zefone 4 selfie00003
posisi kamera belakang

Letak kamera depan atau selfie berada di bagian atas permukaan smartphone, di mana posisinya berdampingan dengan lokasi speaker receiver dan LED flash. Sementara untuk kamera utama, berada di bagian belakang bodi yang juga merupakan lokasi LED flash berlokasi tepat di samping kamera belakang.

zefone 4 selfie00012
box penjualan
zefone 4 selfie00013
kelengkapan paket berupa user manual dan kartu garansi
zefone 4 selfie00014
softcase yang disertakan bersama dengan paket penjualan
zefone 4 selfie00016
paket penjualan berupa earphone, kabel USB dan adapter

Spesifikasi

cpu-z
klik untuk memperbesar

Asus Zenfone 4 Selfie dipersenjatai dengan SoC Qualcomm Snapdragon 430 octa-core 64-bit yang juga dilengkapi dengan GPU Adreno 505, RAM 4GB dan internal storage 64GB, yang bisa ditambahkan sendiri menggunakan microSD card hingga kapasitas 2TB. Agak sedikit disayangkan bahwa Asus tidak memberikan SoC yang jauh lebih baru untuk seri yang satu ini, sementara mungkin akan lebih menarik jika SoC yang dipilih seperti misalnya Snapdragon 435 atau Snapdragon 450.

Hal yang diunggulkan pada perangkat ini, sesuai dengan namanya, adalah kamera depan atau kamera selfie yang dimilikinya. Kamera selfie yang merupakan kamera ganda dengan sensor beresolusi 20 MP, f/2.0, 31mm standar camera sensor + 8 MP, 12mm wide angle sensor yang sudah dilengkapi lensa 6P ini pastinya akan bisa memaksimalkan performa dan kualitas yang dihasilkan. Pada kamera depan ini, pengguna bisa mengambil foto secara wide angle hingga 120 derajat dan memiliki hasil yang lebih luas hingga 200%. Sebagai dukungan terhadap kamera depannya, Asus juga membenamkan aplikasi SelfieMaster di mana aplikasi ini memungkinkan para penggunanya untuk melakukan beautification terhadap foto atau videonya, mengaktifkan mode Beauty ketika menggunakan kamera untuk livestreaming, membuat collage hingga slideshow. Softlight LED flash juga turut diberikan pada kamera depan untuk memaksimalkan hasil foto yang lebih terang di dalam kondisi pencahayaan gelap.

zefone 4 selfie00011

Sementara untuk kamera belakangnya, menggunakan sensor beresolusi 16 MP yang sudah dilengkapi dengan PDAF dan juga Pro Mode untuk pengambilan foto yang lebih maksimal. Dalam Pro Mode ini, pengguna juga bisa berkreasi mengambil foto long exposure dengan shutter speed 1/16000 hingga 32 detik lamanya. Selain mode Pro, kamera juga memiliki beragam mode lainnya seperti Panorama hingga Super Resolution.

Asus Zenfone 4 Selfie ini telah mendukung slot non-hybrid dengan pengguna bisa memasukkan dua buah SIM card bersama dengan microSD card secara terpisah. Perangkat ini juga telah mendukung konektivitas 4G LTE Cat. 4 dan mendukung FDD-LTE dan TDD-LTE sesuai dengan operator seluler di Indonesia, dukungan WLAN 802.11 b/g/n, Bluetooth 4.1, serta Wi-Fi direct. Namun sayangnya, kami tidak menemukan adanya dukungan fitur NFC maupun Wi-Fi 5GHz pada perangkat yang satu ini.

Asus Zenfone 4 Selfie ini menggunakan ZenUI versi terbaru 4.0 yang berbasis Android 7.0 Nougat, serta memiliki kapasitas baterai 3000mAh. Namun sayangnya, pada tipe yang satu ini, Asus nampaknya tidak menyertakan juga fitur Fast Charging untuk mempercepat pengisian ulang kapasitas baterainya.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | September 26, 2017 | Comments

Nokia 2 Akan Diluncurkan di Bulan November

News | September 7, 2017 | Comments

Meizu Pesan SoC MediaTek Helio P40

News | November 10, 2017 | Comments

Xiaomi dan OPPO Kembangkan 3D Facial Recognition

News | November 6, 2017 | Comments

Ini Dia Bonus Melimpah untuk Pre Order Huawei Nova 2i