in: Reviews | May 31, 2018 | by: Irham

Review ASUS Zenfone Max Pro M1

ASUS Zenfone Max Pro M1 bisa dibilang sebagai salah satu smartphone menengah paling fenomenal saat ini. Zenfone Max Pro M1 tidak lagi hadir sebagai smartphone yang mengusung baterai besar, tapi kini sudah diposisikan sebagai smartphone gaming, dengan dibekali dapur pacu yang lebih baik. Tapi yang membuatnya menjadi sorotan adalah harga yang diberikan untuk spesifkasi yang ditawarkan untuk Zenfone Max Pro M1 ini bisa dibilang sangat terjangkau.

Kami pun telah menjajal langsung Zenfone Max Pro M1, yang telah datang ke meja pengujian kami beberapa waktu lalu. Simak review lengkapnya dibawah ini.

Desain

Dari segi desain, Zenfone Max Pro M1 (ZB602KL)tidak berbeda jauh dari generasi sebelumnya seperti Zenfone 3 Max atau Zenfone 4 Max. Perangkat ini masih mengusung konsep unibody dengan material polycarbonate dengan finishing metallic. Tapi mulai dari seri Zenfone Max M1 Plus, ASUS sudah mengenalkan layar FullView display dengan rasio 18:9.

Sedikit perubahan yang juga dihadirkan oleh ASUS untuk seri Zenfone Max terbaru mereka ini ada pada dual kamera yang diposisikan dibagian sudut. Masih mengekor dengan tren terkini, dual kamera ditempatkan dengan posisi vertical. Di bagian bawah terdapat lampu flash sayangnya masih menggunakan single tone LED.

Panel bagian depan kembali menggunakan 2,5D glass, dengan bezel yang tampak tipis di bagian samping sedangkan  dibagian atas dan bawah masih agak tebal. Namun untuk tombol navigasi tentunya kini sudah diletakan  berada di dalam layar. Pun demikian juga dengan sensor fingerprint yang kembali  diletakan di bagian belakang.

Dari penampilannya tentunya perangkat ini semakin terlihat ramping jika dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya. Secara presisi perangkat ini memiliki ukuran 159 x 76mm dengan ketebalan 8.5 mm. Ini membuat Zenfone Max Pro M1 terasa pas di dalam genggaman , namun sebenarnya perangkat ini juga tetap memiliki bobot yang cukup besar yaitu 180 gram. Apalagi dengan kapasitas baterai besar yang diusungnya yaitu 5000mAh. Yang kami suka juga, perangkat ini juga tidak terasa licin ditangan dengan tekstur matte yang digunakan.

Tombol power dan volume berada di bagian kanan. Dibagian kiri terdapat slot SIMcard dengan model tray triple slot. Dua slot untuk SIM card standby, dan slot MicroSD terpisah, memungkinkan pengguna memakai dua kartu bersamaan dan juga MicroSD untuk penyimpanan tambahan. Zenfone Max Pro M1 masih menggunakan microUSB untuk pengisian daya dan juga transfer data. Di sisi bagian bawah juga terdapat lubang jack 3,5mm dan grill speaker.

Secara keseluruhan, Zenfone Max Pro M1 membawa desain yang tidak terlalu cantik dipandang, dan tidak terlihat berbeda dengan beberapa smartphone terbaru yang bermunculan. Namun dari sisi ergonomic, perangkat ini sudah terasa nyaman dan juga kokoh di dalam genggaman.

Spesifikasi

Untuk urusan spesifikasi, Zenfone Max Pro M1 (ZB602KL) menjadi salah satu smartphone yang paling menarik saat ini. Smartphone ini mengusung layar 5,99 inci dengan resolusi FullHD+ dengan kerapatan piksel 404 ppi dan tingkat kecerahan 450nits. ASUS mendapuk Zenfone Max M1 Pro, tak lagi hanya sebagai smartphone dengan kapasitas baterai yang besar tapi juga menjanjikan performa tinggi untuk aktivitas gaming pengguna.  Snapdragon 636 hadir dengan CPU Octa-Core Kryo 260 (4x 1.8 GHz + 4x 1.6 GHz). Kryo 260 1.8GHz merupakan custom core dari Cortex A73 sedangkan Kryo 260 1.6GHZ merupakan custom core dari Cortex A53. SoC ini juga dilengkapi dengan GPU Adreno 509, DSP Hexagon 680, serta ISP Spectra 160.

Adapun kapasitas RAM yang tersedia di Zenfone Max Pro M1 yang sedang kami uji yaitu 3GB (LPDDR4X)sedangkan internal storage tersedia 32 GB. Pilihan lain yang tersedia yaitu dengan kapastas memori lebih tinggi yaitu RAM 4GB dan internal storage 64 GB dan RAM 6GB dan internal storage 64 GB. Dari sisi kamera, Zenfone Max Pro M1 menggunakan kamera belakang 13 MP   (f/2.2, 1.12µm) + 5 MP (f/2.4, 1.12µm). Sedangkan kamera depannya yaitu dibekali dengan sensor kamera 8MP. Tapi khusus untuk varian 6GB/64GB, Asus Zenfone Max Pro memiliki kamera utama beresolusi 16 MP dan kamera selfie juga 16 MP.

Untuk urusan sensor, mungkin saat awal kemunculannya sempat banyak yang menyebutkan kalau perangkat ini tidak dibekali dengan sensor Gyroscope. Namun setelah kami mendapatkan produk versi final, Zenfone Max Pro M1 sudah hadir dengan kelengkapan sensor Gyroscope. Asus menyebutkan kalau versi awal produk sample, Gyroscope belum diaktifkan secara software. Sensor lain seperti Acceleration, Ambience Light, Proximity hingga Compass juga sudah tersedia di dalamnya. Zenfone Max Pro M1 tentunya juga sudah dilengkapi dengan sensor fingerprint untuk kebutuhan otentikasi pengguna.

Zenfone Max Pro M1 tentunya juga kembali mengandalkan kapasitas baterai yang besar sebagai salah satu senjata unggulannya. Perangkat ini kembali dibekali dengan baterai berkapasitas 5000mAh, yang siap digunakan untuk bermain game seharian. Untuk lebih lengkapnya, kemampuan baterai Zenfone Max Pro M1

Zenfone Max Pro M1 untungnya sudah menggunakan tray SIMcard dengan triple slot. Yaitu dua slot SIMcard standby ditambah dengan slot microSD untuk penyimpanan tambahan. Jadi pengguna tidak perlu mengorbankan slah satu slot jika ingin mengaktifkan dua kartu atau satu kartu dan MicroSD.

Dari sisi konektivitas, sayangnya Zenfone Max Pro M1 belum mendukung Wi-Fi 5 GHz. Namun untuk jaringan selular tentunya sudah mendukung jaringan 4G LTE dari semua provider di tanah air. Belum ada fitur NFC mengingat harganya yang juga begitu terjangkau. Namun yang cukup kami suka, ASUS masih menyediakan fitur radio FM dengan aplikasi yang juga terinstal langsung di perangkat.

Dari sisi paket penjualan, sayangnya ASUS hanya menyediakan kelengkapan seperti kartu garansi dan buku panduan, SIM ejector, charger, kabel USB serta jelly case. Untuk adapter charger yang digunakan masih dengan output 5V 2A, tentunya dengan kabel MicroUSB.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS