in: Reviews | January 28, 2019 | by: Friska

Review Smartphone Android: Vivo Y91

Di sela perang besar antar smartphone kelas menengah yang kerap terjadi beberapa bulan belakangan ini, bukan berarti tidak ada smartphone kelas lain yang masih terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan para penggunanya. Smartphone-smartphone kelas entry atau yang paling terjangkau masih bertumbuh pesat dan terus mendapatkan beragam inovasi, dengan kini mulai mengadopsi beberapa standar spesifikasi baru dan desain yang lebih menarik di mata penggunanya.

Salah satu yang masih kuat di pasar smartphone kelas entry, Vivo, baru saja merilis smartphone terjangkau terbarunya yang diberi nama Vivo Y91. Seperti layaknya sebuah smartphone kelas entry pada umumnya, spesifikasi yang dimiliki oleh smartphone ini mungkin tidak akan hebat sekali, tetapi masih mumpuni untuk bisa menunjang aktivitas sehari-hari, terutama untuk sekedar telepon, SMS, atau aplikasi messaging. Yang membuat smartphone ini cukup menarik adalah desainnya yang mulai mengikuti desain-desain smartphone kelas menengah ke atas, dengan bodi belakang glossy dan warna gradasi, juga layar bezel tipis dan notch waterdrop.

Mengesampingkan desainnya yang cukup menawan, seperti apa performa sesungguhnya ketika dipakai sehari-hari? Simak dalam artikel review kami kali ini!

Desain

tampak depan
tampak belakang

Dari segi desain, Vivo Y91 memiliki penampilan smartphone yang mungkin tidak akan berbeda jauh dibandingkan dengan smartphone kelas entry sejenisnya. Namun untuk penampilan yang lebih menawan, Vivo sengaja memberikan varian warna gradasi yang diberi nama Starry Black, dengan warna gradasi dimulai dari warna hitam kemudian ke biru tua berkilap seperti warna langit atau angkasa, dan varian lain berwarna gradasi merah bernama Glossy Red. Karena dilengkapi dengan material glossy, smartphone kelas entry ini terlihat seperti smartphone yang lebih berkelas dan elegan, mengesampingkan material utamanya yang terlihat jelas berbahan plastik.

posisi sisi atas
posisi slot SIM/microSD card
posisi tombol operasi utama
posisi sisi bawah, terdapat port charging microUSB 2.0 & speaker utama

Tombol fisik untuk operasi utama Vivo Y91 terletak di sisi kanan smartphone, yang terdiri dari tombol power (ON/OFF) dan volume. Sementara untuk sisi kirinya, merupakan posisi untuk slot SIM/microSD card. Untuk posisi port audio 3.5mm dan port microUSB, terletak di bagian bawah smartphone beserta dengan speaker utamanya. Dan untuk bagian atas smartphone, merupakan posisi mic.

posisi kamera selfie di notch waterdrop
posisi kamera belakang (dual kamera) beserta sensor fingerprint

Vivo Y91 memiliki sensor Fingerprint yang terletak di bagian belakang smartphone, tepat di atas logo Vivo. Untuk kamera utama yang terdiri dari dua buah sensor kamera, diposisikan di sisi kiri bagian belakang smartphone.

Untuk slot dual SIM/microSD card, Vivo Y91 memberikan tiga tray terpisah. Sehingga pengguna bisa memasang dua buah SIM bersamaan dengan microSD card tanpa harus mengorbankan salah satu slotnya.

3 tray terpisah untuk slot dual SIM/microSD card

Spesifikasi

Vivo Y91 memiliki besar layar 6,22 inch resolusi 720 x 1520 pixel HD+ rasio 19:9. Layar utamanya sendiri memiliki bezel yang tipis, notch jenis waterdrop dan rasio screen-to-body 82,9% sehingga pengguna akan lebih puas ketika menggunakan smartphone ini untuk melakukan aktivitas hiburan atau media.

Dapur pacunya dari Vivo Y91 ini sendiri terdiri dari SoC Qualcomm Snapdragon 439 Octa-core (2×1.95 GHz Cortex-A53 & 6×1.45 GHz Cortex A53) yang memiliki fabrikasi 12nm, sehingga manajemen baterai yang dimiliki oleh Vivo Y91 ini seharusnya bisa lebih baik dari smartphone kelas entry lainnya. Vivo Y91 juga dilengkapi dengan RAM 2 GB dan kapasitas storage internal 16 GB yang bisa ditambahkan hingga 256 GB. Slot untuk SIM dan microSD card yang terdapat pada smartphone ini terdiri dari 3 slot terpisah, sehingga pengguna bisa menyematkan dua buah SIM card beserta microSD card secara bersamaan tanpa harus mengorbankan salah satu slotnya. Sayangnya, harus diakui bahwa RAM dan storage ini terbilang kecil untuk standar smartphone masa kini.

tampilan UI software kamera bawaan

Kamera utamanya terdiri dari AI Dual Camera beresolusi masing-masing 13 MP f/2.2 PDAF dan 2 MP f/2.4 depth sensor, di mana kamera belakangnya sudah bisa untuk mereka video resolusi 1080p di 30fps. Sementara untuk kamera selfie, memiliki besar resolusi 8 MP f/2.0. Fitur bokeh yang diberikan oleh Vivo V91 ini sendiri cukup menarik, dengan pengguna bisa mengatur kembali aperture yang diinginkan selepas mengambil foto bokeh dengan kamera belakangnya.

Untuk kelengkapan lainnya, Vivo Y91 telah dilengkapi konektivitas 4G LTE, dual SIM card, Wi-Fi 802.11 b/g/n, WiFi Direct, hotspot, Bluetooth 4.2, A-GPS, GLONASS, FM Radio, microUSB 2.0, dan USB On-The-Go. Sensor yang diberikan memang tergolong sedikit dan cukup standar untuk digunakan, dengan sensor Fingerprint dan Face Unlock menjadi salah satu sensor keamanan utamanya. Vivo Y91 telah berjalan di OS Android 8.1 Oreo, dengan kapasitas baterai cukup besar di 4030mAh.

soft case bawaan paket
kelengkapan paket berupa adapter, kabel microUSB, dan panduan singkat
Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: ,

COMMENTS