in: Reviews | January 8, 2019 | by: Irham

Review Xiaomi Mi 8 Lite: Kualitas Sesuai dengan Harga

Xiaomi akhirnya merilis seri “Mi” mereka di tanah air, dimana seri ini merupakan seri flagship mereka. Namun seakan menjajal pasar, di akhir tahun 2018 kemarin Xiaomi meluncurkan Mi 8 versi lebih terjangkau, yaitu Mi 8 Lite. Smartphone ini membawa spesifikasi yang tentunya juga bisa dibilang sebagai versi lebih terjangkau dari Mi 8. Dengan dapur pacu kelas menengah dan kamera mumpuni, Mi 8 Lite mencoba menggaet konsumen di kelas menengah yang membutuhkan smartphone handal untuk kebutuhan kerja, fotografi dan entertainment.

Hadir dengan desain yang juga cukup elegan, Mi 8 Lite dipasarkan di angka 3 jutaan rupiah. Apakah smartphone ini memang layak untuk dipinang diharga tersebut, simak ulasan kami berikut ini.

Desain

Desain dari Mi 8 Lite memang membawa sedikit nuansa yang sama dnegan versi flagship mereka yaitu Mi 8 . Dimana perangkat ini juga menggunakan material kaca unibody dengan frame berbahan metal. Hanya saja, Mi 8 Lite juga tidak membawa desain “cermin” di penampang belakangnya tersebut. Bagian frame dipoles dengan finishing glossy , sehingga terlihat cukup memberi kesan premium.

 

Dual dual kamera yang berada di bagian sudut kiri atas terpasang dengan posisi horizontal. Lalu di bagian tengah terdapat modul sensor fingerprint. Selebihnya hanya ada log Mi yang ada dibagian bawah penampang bagian belakang Mi 8 Lite ini.

Beralih ke penampang bagian depan, tak seperti Mi 8 yang tampil tanpa notch dibagian atas, Mi 8 Lite justru hadir dengan notch display rasio 19:9. Pada bagian notch terdapat sensor kamera depan, speaker handset dan juga LED notifikasi. Sedangkan untuk tombol navigasi, berada dibagian dalam layar.

Peletakan tombol, power dan volume di sisi bagian kanan seperti smartphone pada umumnya. Sedangkan di sisi bagian kiri terdapat tray SIMCard dengan model hybrid. Di bagian bawah terdapat, USB Type C dan grill speaker.

Sayangnya, salah satu komponen yang menurut kami masih sangat dibutuhkan di smartphone ini tidak ada. Yaitu Slot Jack 3,5mm untuk kebutuhan headset pengguna. Namun pada paket penjualannya, sudah tersedia USB Type C ke jack 3,5 mm untuk kebutuhan headset. Atau pengguna bisa menggunakan headset bluetooth jika ingin lebih ringkas.

Secara keseluruhan desain terbilang standar, tidak memiliki ciri khas tertentu yang membuatnya terlihat berbeda dari smartphone kebanyakan saat ini. Secara ergonomi, perangkat ini juga masih terbilang terasa lebar di dalam genggaman untuk ukuran layar 6,26 inci jika dibandingkan dengan beberapa smartphone lain dengan layar yang sama. Selain itu dengan tekstur bagian belakang yang sangat licin, disarankan bagi pengguna untuk menggunakan aksesoris jelly case, yang juga sudah disematkan dalam paket penjualan.

Satu lagi yang tidak biasanya di perangkat Mi 8 Lite dimana Xiaomi menghilangkan fitur IR Blaster yang selama ini bisa dibilang menjadi salah satu fitur andalannya yang tidak dimiliki smartphone. Namun Mi Fans, kalian tidak bisa menjagokan hal tersebut di perangkat Xiaomi Mi 8 Lite karena fitur tersebut tidak tersedia.

Spesifikasi

Beralih ke spesifikasi perangkat, Mi 8 lite memiliki layar IPS dengan ukuran 6.26 inci FHD+ (1080 x 2280p) dengan rasio 19:9 (notch) dan kepadatan piksel 403 ppi density. Visibilitas layar tergolong baik, pengguna dapat melihat konten dengan jelas baik di kondisi terang maupun gelap.

Untuk dapur pacunya, perangkat ini menggunakan SoC AIE Snapdragon 660 dengan clock speed penuh 2.2 GHz. Tidak seperti beberapa brand lain yang menurunkan clockspeed di angka 2.0 GHz untuk menjaga kestabilan suhu dan efesiensi daya, di Mi 8 Lite, Xiaomi memberikan performa penuh. Di sisi memori, perangkat yang kami uji memiliki RAM dengan kapasitas 4GB dan internal storage 64 GB. Pengguna masih bisa menambahkan memori melalui slot MicroSD yang tersedia, namun dengan slot hybrid bersama SIMCard 2.

Beralih ke fitur kamera, Smartphone ini mengusung kamera utama dual sensor 12MP+ 5MP dengan sensor Sony IMX 363, piksel berukuran 1,4 micron serta aperture F/1.9, yang juga dibekali dengan teknologi Dual Pixel AutoFocus, fitur-fitur Fotografi AI seperti AI Studio Lighting, AI Scene Detection, AI Potrait Mode, AI Dynamic Bokeh dan AI Adjustable Bokeh. Sedangkan pada kamera depan dilengkapi dengan single sensor kamera 24MP Sony IMX 576 dengan teknologi Super Pixel 1.8 Micron 4-in-1. Fitur yang tersedia di kamera depan antara lain HDR AI Potrait Mode AI Beautify dan AI Video Beautify.

Mi 8 Lite ditenagai dengan baterai berkapasitas 3350mAh yang juga sudah mendukung pengisian cepat Quick Charge 3.0. Hanya saja, pada paket penjualan hanya menggunakan adaptor charger standar dengan output 5V/2A.

Xiaomi menghadirkan UI andalan mereka di perangkat ini, yaitu MIUI 10 dengan basis Android Oreo 8.1.0. Tak banyak peningkatan berarti dari UI tersebut, namun justru yang mungkin akan dikeluhkan pengguna adalah iklan-iklan yang sering muncul di notifikasi mereka.

Di sisi konektivitas, perangkat ini sudah mendukung Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, bluetooth 5.0, dan menggunakan konektor Type C 1.0. Sayangnya Xiaomi harus mengorbankan sensor infra red yang menjadi andalannya, dan juga perangkat ini belum memiliki NFC. Untuk komponen sensor lengkap mulai dari Accelerometer, Ambience Light, Proximity, Compass, Gyroscope hingga fingerprint.

Pada paket penjualannya, smartphone ini dibekali dengan buku manual & kartu garansi, adaptor charger & kabel USB Type C, serta akesori Jelly Case.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS