in: Reviews | October 12, 2019 | by: Irham

Review Nokia 2.2: Cari Aman di Harga Rp. 1 Jutaan

Tahun 2019, Nokia masih tetap berjuang untuk tetap eksis di tengah pasar smartphone tanah air yang kian ramai dengan beragam smartphone terbaru yang terbaru yang terus bermunculan. Nokia melalui produk terbarunya yaitu Nokia 2.2 hadir meramaikan pasar smartphone di kelas harga Rp. 1 jutaan.

Hadir sebagai suksesor dari Nokia 2, Nokia 2.2 kembali mencoba menawarkan keunggulan dari sistem operasi yang simpel dengan mengusung OS Android One. Selain itu dengan Android One, Nokia juga menjanjikan sistem keamanan yang lebih baik dengan update security patch yang lebih cepat.

Namun apakah keunggulan tersebut akan mampu menarik hati konsumen di Indonesia. Apa ada keunggulan lain yang dimiliki oleh Nokia 2.2, simak ulasan lengkap kami berikut ini.

Desain

Desain Nokia 2.2 masih dengan tampilan yang sederhana, dengan ukuran yang juga tidak begitu besar. Smartphone ini hadir dengan layar berukuran 5,71 inci HD+ dengan Meski bezelnya masih terlihat besar namun kini smartphone initelah menggunakan layar dengan rasio 19:9, dan juga nampak notch di bagian atasnya dan juga ear piece speaker. Pada notch tersebut terdapat selfie kamera atau kamera depan.

Kali ini durabilitas dari perangkat smartphone Nokia 2.2 agak berkurang jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya yang menggunakan material metal pada bagian frame. Nokia 2.2 hanya menggunakan material Polycarbonate pada keseluruhan body. Namun juga untuk material polycarbonate yang digunakan terbilang baik, dimana smartphone tetap terlihat kokoh.

Nokia 2.2 juga mengusung kembali baterai yang dapat dilepas, yaitu dengan membuka backcase perangkat. Ini menjadi plus-minus untuk Nokia 2.2, karena dengan baterai yang dapat dilepas, pengguna dapat mudah menggantinya apa bila baterai sudah mengalami kerusakan. Disisi lain, desain baterai removable sudah ketinggalan jaman untuk tren smartphone saat ini.

Untuk tombol dan slot, Nokia 2.2 memiliki tombol power dan volume di sisi bagian kanan. Sementara di sisi bagian kiri, terdapat tombol tambahan yaitu tombol untuk Google Assistant. Cukup unik, karena Nokia menambahkan tombol khusus untuk Google Assistant yang, apalagi di smartphone entry level seperti ini.

Di bagian atas terdapat lubang jack 3,5mm untuk audio, sedangkan dibagian bawah terdapat slot MicroUSB untuk transfer data dan juga pengisian daya serta microphone. Di balik cover bagian belakang, terdapat dua buah slot SIM Card, dan satu slot MicroSD.

Secara keseluruhan desain yang ditawarkan oleh Nokia 2.2 memang tidak terlalu “trendy” jika dibandingkan dengan beberapa smartphone terbaru saat ini. Namun untuk ergonomi, smartphone dengan layar yang kecil ini akan cocok ditangan pengguna yang juga memiliki telapak tangan tidak terlalu besar. Selain itu smartphone ini juga tidak terasa licin di tangan.

Spesifikasi

Selain mengusung layar 5,71 inci dengan resolusi HD+, Nokia 2.2 ditenagai dengan dapur pacu SoC MediaTek Helio A22 (4X 2.0 GHz Cortex-A53 + GPU PowerVR GE8320). Smartphone ini juga didukung dengan RAM yang kapasitasnya cukup besar yaitu 3GB. Sedangkan internal storage yang tersedia juga cukup besar yaitu 32 GB. Untuk penyimpanan eksternal pengguna bisa menambahkan hingga 256GB menggunakan MicroSD.

Untuk kebutuhan kamera, smartphone ini juga dibekali dengan kamera utama 13MP f/2.2 dan lampu LED Flash. Cukup disayangkan smartphone ini masih dibekali dengan single camera, disaat persaingan smartphone saat ini cukup ketat bahkan beberapa telah menghadirkan tiga hingga empat kamera. Sedangkan untuk kamera selfienya, smartphone ini dibekali dengan kamera 5MP F/2.2

Adapun kapasitas baterai yang tersedia, Nokia 2.2 dibekali dengan baterai berkapasitas 3000mAh. Nokia 2.2 tentunya sudah mendukung jaringan 4GLTE di kedua slot SIMCard, serta konektivitas Wi-Fi b/g/n 2,4GHz dan Bluetooth 4.2. Andai saja smartphone ini memiliki konektivitas NFC seperti saudaranya yaitu Nokia 3.1 Plus, tentu akan menjadi daya tarik utama smartphone ini dikelas harganya yang berada di harga Rp. 1 jutaan.

Nokia bermain aman dengan menghadirkan OS Android One dengan basis Android 9 Pie. Android One pastinya akan lebih ringan untuk dijalankan, apalagi untuk smartphone dengan spesifikasi entry level seperti Nokia 2.2. Beberapa fitur yang tersedia di OS ini seperti Google Lens, Digital Wellbeing, Mutiple User, dan tentunya Google Asisstant.

Adapun untuk fitur keamannya, smartphone ini hanya dibekali dengan pemindai biometrik Face Recognition. Sayangnya lagi responsivitas pemindai wajah ini masih tergolong lamban, membutuhkan waktu lebih dari satu detik. Untuk sensor, sayangnya smartphone ini juga minim akan sensor. Hanya ada sensor Porximity, Ambience light, Pedometer dan Accelerometer. TIdak ada magnetik sensor dan juga Gyroscope. Tidak ada pula sensor fingerprint.

Pada paket penjualannya, smartphone Nokia 2.2 dibekali dengan paket dokumen, adaptor charger, kabel MicroUSB, baterai dan juga headset.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS

RANDOM ARTICLES
News | September 24, 2019 | Comments

Garmin Fenix 6 Series Resmi Dirilis di Indonesia

News | September 27, 2019 | Comments

Android 10 Go akan Hadir untuk Perangkat Android Kelas Entry

News | September 12, 2019 | Comments

Lenovo A6 Note dan Z6 Pro Meluncur di India

News | September 4, 2019 | Comments

Facebook Juga akan Uji Coba Hilangkan Jumlah Likes