in: Reviews | November 26, 2019 | by: Irham

Review Oppo A9 2020: Asik Buat Nonton dan Fotografi!

Di tahun 2019, Oppo meluncurkan produk smartphone seri A terbaru mereka yang memiliki nama cukup unik, yaitu Oppo A9 2020. Entah apa yang dimaksud Oppo untuk embel-embel 2020, karena produk ini dirilis di tahun 2019. Mungkin Oppo memaksudkan, perangkat ini akan menjadi sebuah produk yang visioner dalam menjawab kebutuhan pengguna di tahun 2020 mendatang.

Smartphone ini sendiri hadir dengan mengunggulkan empat buah kamera, serta kapasitas baterai yang besar untuk beragam kebutuhan entertainment pengguna. Selain itu, seperti produk-produk Oppo lainnya, smartphone ini juga mengutamakan estetika desain dari tampilan luarnya.

Penasaran seperti apa kemampuan Oppo A9 2020 secara keseluruhan, simak ulasan lengkap kami berikut ini.

Desain

Desain Oppo A9 2020 terbilang cukup kekinian, baik dari tampilan maupun material yang digunakan. Perangkat ini menggunakan body bermaterial kaca dan berbahan polycarbonate dengan warna glossy dan gradasi. Untuk varian yang kami uji ini adalah warna Ungu Antariksa (Space Purple), yang menampilkan paduan antara warna ungu dan biru yang cukup menawan. Sekilas, perangkat ini juga mirip dengan desain dari kakak kelasnya yaitu Oppo Reno2. Pilihan warna lainnya yaitu  Green.

 

Ukurannya secara presisi yaitu 163,3 mm x 75,6 mm dengan ketebalan sebesar 9.1 mm. Perangkat ini memang secara ukuran cukup besar, dan juga terasa begitu tebal. Namun hal tersebut membuatnya terasa kokoh dalam genggaman.

Di bagian depan terdapat layar berukuran cukup luas yaitu 6,5 inci dengan notch berbentuk waterdrop di bagian atas. Bezel pada penampang depan terlihat cukup tipis dengan screen to body rasio sekitar 83%. Pada bagian notch terdapat sensor kamera selfie dan juga grill speaker atas. Smartphone ini mengusung layar IPS dengan resolusi HD+ (720 x 1600p) dengan rasio 20:9. tingkat kecerahannya mencapai 480 nits, membuat visibilitasnya terlihat baik meskipun berada di luar ruangan.

Beralih ke bagian belakang, terdapat kombinasi empat kamera yang juga merupakan keunggulan pada smartphone ini. Tiga kamera yang bersusun dibagian tengah dan satu kamera lainnya terdapat di bawah lampu LED flashlight. Pada penampang bagian belakang juga terdapat sensor fingerprint berbentuk ouval vertikal, tepat di bawah sensor kamera. Terdapat pula logo tulisan Oppo yang mengarah vertikal.

Bagian belakang body perangkat memiliki kontur yang melengkung di bagian sisi sampai ke bagian frame. Dengan lengkungan ini tentunya perangkat akan lebih mudah di genggam, meskipun permukaan bagian belakang smartphone juga masih terasa licin. Untuk menambah kenyamanan dan keamanan dalam genggaman, Oppo juga telah menyiapkan aksesori Jelly Case yang tersedia pada paket penjualan.

Beralih ke tombol dan slot, tombol power terletak di sisi bagian kanan, sedangkan tombol volume up/down berada di sisi sebelah kiri. Tray SIM Card juga berada di sisi bagian kiri dengan kombinasi dua Slot SIM Card tipe Nano, di tambah slot khusus Micro SD. Di sisi bagian bawah terdapat lubang jack 3,5mm, microphone, slot USB Type C dan grill speaker.

 

Spesifikasi

Spesifikasi yang diusung Oppo A9 2020 terbilang standar seperti kebanyakan smartphone kelas menengah kebawah pada umumnya. Dimana dapur pacu yang digunakan adalah Snapdragon 665 Octa-core (4×2.0 GHz Kryo 260 Gold & 4×1.8 GHz Kryo 260 Silver + GPU Adreno 610). SoC ini telah menggunakan proses fabrikasi 11nm, yang memiliki peningkatan efisiensi yang jauh lebih baik dari generasi sebelumnya yaitu Snapdragon 660. A9 2020 juga didukung dengan RAM berkapasitas 8GB dan internal storage 128 GB.

Untuk fitur kamera, smartphone ini mengunggulkan kemampuan empat kamera dengan formasi antara lain kamera 48MP f/1.8, kamera Ultra Wide 8MP F/2.3, kamera B/W 2MP F/2.4, dan kamera depth sensor 2MP F/2.4. Sedangkan untuk kebutuhan selfie, terdapat kamera 16MP F/2.0.

Selain kamera, fitur lainnya yang diunggulkan oleh Oppo A9 2020 adalah kapasitas baterai. Kapasitas baterai yang tersedia yaitu sebesar 5000mAh. Dengan kapasitas baterai, smartphone ini juga memiliki fitur reverse charging, yang dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat lain dengan  menggunakan USB OTG.

A9 2020 menggunakan custom OS ColorOS 6.0 yang menggunakan basis sistem operasi Android Pie 9.0. Beragam fitur yang ada pada UI ini antara lain seperti Game Space, Clone Apps, Digital Wellbeing dan Parental Control. Sensor di smartphone ini terbilang lengkap mulai dari Accelerometer, Ambience Light, Proximity, Compass, hingga Gyroscope telah tersedia di perangkat Oppo A9 2020.

Untuk konektivitasnya, smartphone ini dibekali dengan dukungan jaringan selular 4G LTE, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.0 A2DP -LE, A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS serta FM Radio. Sayangnya belum tersedia fitur koneksi NFC pada perangkat yang satu ini.

Dari aspek multimedia, smartphone ini telah didukung dengan teknologi Dolby Atmos, yang akan menghadirkan pengalaman audio yang megah, saat memutar audio. Tak cuma itu, A9 2020 juga dilengkapi stereo speaker, di bagian atas dan bawah, yang akan sangat mengasikan saat memutar video atau bermain game.

Pada paket penjualannya, Oppo A9 2020 dilengkapi dengan aksesori Jelly Case, Adaptor Charger 5V/2A, kabel USB Type C, paket dokumen, SIM Ejector, dan juga headset. Oppo A9 2020 terbilang unggul untuk paket penjualan, karena menyediakan aksesori yang sangat lengkap.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3 4
: , ,

COMMENTS