5 Smartphone Premium yang ‘Akan’ Segera Masuk ke Indonesia Akhir Tahun

Author
Irham
Reading time:
October 23, 2016
jagat-gadget

Beberapa bulan lalu, kami sempat membahas tentang “Hilangnya Smartphone Kelas Premium” di Indonesia. Dimana smartphone-smartphone kelas premium dengan acuan yang telah kami sebutkan di artikel tersebut, entah mengapa kini susah sekali untuk tembus ke pasar ponsel di tanah air, selain satu nama yaitu Galaxy S7 dan S7 Edge. Galaxy Note 7  sayangnya batal di luncurkan karena sebuah ‘bencana’ global yang mengharuskan semua unit perangkat di tarik dari penjualan.

Zenfone 3 versi standar dari ASUS sempat mengisi kekosongan kelas premium, meskipun sebenarnya masih tergolong produk menengah keatas. Meskipun sebenarnya banyak produk kelas flagship ‘sesungguhnya’ yang diperjual belikan di Indonesia, tapi sayangnya lewat jalur tak resmi. Ya, rata-rata kendala yang dialami oleh pemain industri smartphone kelas premium masih terkendala dengan peraturan TKDN pemerintah, yang mengharuskan sebagian dari proses produksi perangkat dilakukan di Indonesia.

Namun kemarau ponsel premium ini tampaknya kini mulai berakhir. Beberapa smartphone kelas flasghip telah digadang-gadang akan segera masuk ke Indonesia dalam waktu dekat. Meskipun belum ada informasi secara resmi kapan produk-produk premium ini akan diluncurkan, tapi beberapa nama sudah muncul di pemberitaan.

Dan berikut kami rangkum beberapa nama produk smartphone premium yang kemungkinan akan segera diluncurkan di akhir tahun ini.

 ZTE Axon 7

Meski namanya belum terlalu gemilang di kancah pasar ponsel tanah air, tapi ZTE punya produk tangguh yang diluncurkan untuk kelas premium, yaitu ZTE Axon 7. Perangkat ini mengusung spesifikasi seperti diantaranya layar 5,5 inci AMOLED, SoC Snapdragon 820 dengan RAM 4/6 GB, dan kamera 20 MP.

zte-axon-7

Dalam kunjungan media,Tim Jagat Review sempat mengabadikan wujud nyata dari ZTE Axon 7. Yan Chang Zhi selaku VP Marketing ZTE Indonesia menyebutkan jika tidak ada halangan, ZTE Axon 7 akan segera meluncur dalam waktu dekat, dan saat ini masih dalam proses perijinan terkait TKDN produk. Belum disebutkan kisaran harga dan kapan tanggal pasti produk tersebut akan diluncurkan.

LG V20

LG V20 saat ini sudah mengantongi sertifikasi dari Ditjen Postel Indonesia. Perangkat ini dibekali dengan layar 5,7 inci resolusi 2K, kamera utama 16MP dan kamera depan 8 MP. Soc Yang digunakan yaitu Snapdragon 820, didukung RAM  4GB serta pilihan internal memori 32 dan 64 GB.

lg-v20

LG V20 menjadi perangkat smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi Android Nougat disusul oleh produk smarpthone Google yaitu Google Pixel. LG V20 sendiri dipasarkan dengan kisaran harga 650-700 USD. Belum diketahui berapa harga yang akan ditawarkan LG untuk peminat di tanah air.

Huawei P9

Huawei P9 sebenarnya sudah diperkenalkan sejak bulan Mei silam di ajang #OO Huawei yang digelar di bali. Perangkat ini mengandalkan kecanggihan teknologi kamera yang digarap bersama brand kamera ternama Leica.

huawei-p9

Sementara ‘adik kecilnya’ sudah lebih dulu meluncur yaitu Huawei P9 Lite, namun Huawei P9 sendiri belum kelihatan batang hidungnya. Tapi Jason Ma selaku Country Director Huawei Devices Indonesia sempat mengklaim bahwa Huawei P9 akan tetap diupayakan untuk meluncur di tahun 2016, meskipun mengalami keterlambatan. Huawei P9 sendiri sebenarnya sudah diluncurkan secara global di bulan April silam.

Huawei P9 memiliki spesifikasi lengkap antara lain layar 5,2 inci dengan resolusi Full HD, SoC Hi Silicon Kirin 955, RAM 3GB/4GB dan internal memori 32/64GB. Dual kamera yang menjadi andalannya masing-masing menggunakan sensor 12 MP sementara kamera depan dibekali sensor 8MP. Kemungkinan perangkat ini akan dibanderol dengan harga RP 9 jutaan.

Zenfone 3 Deluxe

Diajang peluncuran Zenfone 3 yang digelar di Nusa Dua Bali bulan lalu, ASUS baru menyediakan produk Zenfone 3 versi standar yaitu Zenfone 3 ZE520KL. Sementara perangkat premium yang ditunggu-tunggu oleh konsumen di tanah air adalah Zenfone 3 Deluxe. Perangkat ini mengusung spesifikasi yang lebih tinggi yaitu SoC Snapdragon 821 dengan RAM berkapasitas 6 GB serta kamera utama beresolusi 23 MP.

zenfone-3-deluxe

Dalam event Zenvolution, CEO ASUS Jerry Shen mengumumkan jika produk ini akan tersedia dengan kisaran harga Rp. 9-11 juta. Namun hingga saat ini belum ada informasi secara resmi apakah produk tersebut akan benar-benar tersedia di tahun 2016. Meskipun Jerry Shen selaku sempat mengatakan akan mengupayakan kehadiran produk premium tersebut dalam waktu dekat.

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

iphone-7

iPhone 7 saat ini masih dalam tahap proses permohonan sertifikasi Ditjen Postel. Jika  dalam waktu dekat apple berhasil mendapatkan serfitikasi untuk produk iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, kemungkinan besar produk ini akan segera dipasarkan sebelum tahun 2016 berakhir. Tentunya iPhone 7 harus memenuhi peraturan TKDN yang ditetapkan pemerintah Indonsia untuk produk smartphone 4G.iphone-7

Keunggulan utama dari iPhone 7 kini hadir dengan dual kamera pada kamera utama, serta fitur tahan air. Keunikan lain dari iPhone 7 yaitu kini tak lagi menggunakan slot Jack 3,5mm untuk aksesoris earphone.

Tentu saja daftar smartphone yang telah kami sebutkan diatas masih sebatas ‘predikis’. Karena belum ada satupun dari vendor smartphone ini yang memberikan pernyataan resmi mengenai kapan produk tersebut benar-benar tersedia di Indonesia. Semoga saja beberapa produk smartphone yang telah kami sebutkan diatas, benar-benar akan di luncurkan sebelum tahun 2016 berakhir.

Load Comments

Reviews

September 15, 2021 - 0

Video – Review Black Shark 4: Kencang, Minimalis

Akhirnya kami telah merampungkan pengujian review kami untuk produk smartphone…
September 14, 2021 - 0

Video – Review: Tecno Spark 7, Smartphone Harga Rp 1,3 Juta, Punya NFC

Setelah sebelumnya kami sempat melakukan review untuk produk Tecno Spark…
September 13, 2021 - 0

Video – Review Live.On: Pengalaman Menggunakan Selama 3 Bulan

Beberapa dari kalian mungkin masih ada yang asing kalau dengar…
August 27, 2021 - 0

Video – Review OPPO Reno6 Pro 5G: Flagship Murah dari OPPO

Setelah sebelumnya kami telah mereview produk OPPO Reno6 5G, kini…

Accessories

August 30, 2021 - 0

Review Sony WF-1000XM4: Karakter Bisa Diatur, Fitur Berlimpah

Bicara soal TWS atau True Wireless Stereo earphone, Sony sejak…
July 13, 2021 - 0

Video – Review OPPO Enco Buds: Baterai Awet, Tahan Air, Bass Kencang

Produk earphone TWS tentu sudah sangat beragam saat ini, dengan…
May 25, 2021 - 0

Review Sudio Nio: Vocal Dominan, Cocok Buat Meeting Online

Earphone TWS ini cocok untuk kebutuhan komunikasi baik saat panggilan…
May 7, 2021 - 0

Review JLab GO Air True Wireless Earbuds: Ringan dan Praktis!

Beragam produk earphone TWS saat ini sudah membanjiri pasar, mulai…

Wearables

April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 5, 2021 - 0

Review OPPO Enco X: TWS Mantap dari Dynaudio dan OPPO

Oppo baru saja memperkenalkan TWS terbarunya, yang diberi nama sebagai…
April 1, 2021 - 0

Review Huawei FreeBuds 4i: Fitur Lengkap di Harga Rp 1 Jutaan

Tidak sedikit brand smartphone masa kini yang turut mengeluarkan produk…
March 16, 2021 - 0

Review Realme Watch S Pro: Gaya Premium, Tambah Fitur

realme telah meluncurkan smartwatch terbaru mereka yaitu realme Watch S…