Review 2-in-1 Android Lenovo Yoga Book

Reading time:
December 6, 2016
lenovo-yoga-book-01

Sebuah perangkat 2-in-1 yang unik dan menarik telah dihadirkan oleh Lenovo dalam wujud Yoga Book. 2-in-1 ini merupakan sebuah tablet “plus-plus” dengan fungsi yang lebih dari sekedar tablet biasa, dengan DNA desain keluarga “Yoga” dari produsen ternama itu, dan hadir dengan mengusung sistem operasi Android. Penasaran dengan apa saja yang ditawarkan Lenovo dalam Yoga Book ini? Kebetulan 2-in-1 itu sudah hadir di lab. pengujian kami dan kami akan mengulas 2-in-1 dengan kode YB1-X90F tersebut dalam artikel review ini!

Desain

lenovo-yoga-book-02

Bila Anda sudah pernah melihat desain lini “Yoga” yang merupakan salah satu andalan Lenovo, Anda pasti merasa familiar saat melihat 2-in-1 yang satu ini. Yoga Book memang menggunakan desain 2-in-1 clamshell dengan layar yang bisa diputar 360° ke belakang. Hal itu memungkinkan 2-in-1 ini dioperasikan sebagai sebuah “laptop” ataupun tablet.

lenovo-yoga-book-03

Nama “Yoga Book” tampaknya diberikan Lenovo ke perangkat ini karena ukurannya yang ringkas, menyerupai ukuran sebuah buku tulis standar. Dimensi dari 2-in-1 ini 256.5 mm x 9.5 mm x 170.6 mm, termasuk ringkas untuk sebuah 2-in-1 dengan layar 10.1 inci. Bodi dari 2-in-1 ini menggunakan bahan metal yang tipis tetapi cukup keras, sehingga tetap memberikan kesan kokoh, dengan engsel yang terlihat menyerupai rantai jam tangan, yang menghadirkan kesan elegan.

lenovo-yoga-book-04

Layar 10.1 inci di 2-in-1 ini mendukung resolusi maksimal 1920 x 1200 piksel. Layar tersebut masih dikelilingi oleh bezel yang cukup tebal di keempat sisinya. Bezel tebal itu membuat 2-in-1 ini hanya memiliki screen-to-body ratio 67.5% ketika dioperasikan sebagai tablet.

lenovo-yoga-book-05
Sisi kiri: Micro USB, Micro SD, dan Micro HDMI; Sisi kanan: tombol power, tombol kontrol volume, audio 3.5 mm
lenovo-yoga-book-06
Hanya Micro SD, tanpa SIM Card

Lenovo menempatkan tombol power dan volume up/down di sisi kanan perangkat, di bagian yang bukan layar, bersama dengan jack audio 3.5 mm. Sementara di sisi kiri untuk bagian yang sama terdapat tray Micro SD, port Micro USB, serta port Micro HDMI. Yoga Book ini tidak dilengkapi dengan slot SIM Card, karena memang Lenovo tidak menghadirkan fungsi seluler apapun di dalamnya. Sementara untuk Micro SD, Lenovo menyebutkan 2-in-1 ini mendukung hingga kapasitas 128 GB. Tidak adanya fungsi seluler tentu saja kurang mendukung fungsi dari 2-in-1 ini sebagai perangkat mobile productivity.

lenovo-yoga-book-07
Type Mode (kiri atas), Watch Mode (kanan atas), Browse Mode (kanan bawah), dan Create Mode (kiri bawah)

Desain bodi dari 2-in-1 Yoga Book ini memungkinkan pengguna mengoperasikannya dalam empat mode. Keempat mode tersebut disebut Lenovo sebagai Create Mode, Browse Mode, Watch Mode, dan Type Mode. Berikut ini adalah Yoga Book YB1-X90F yang diposekan dalam keempat mode tersebut.

Satu hal yang membuat Yoga Book ini menarik adalah hadirnya mekanisme input khusus. Lenovo menempatkan mekanisme input itu di bagian non-layar dari 2-in-1 ini. Mekanisme input itu bisa digunakan dalam dua mode, yang disebut Lenovo sebagai Halo Keyboard dan Create Pad.

lenovo-yoga-book-08
Halo Keyboard

Halo Keyboard memungkinkan pengguna mendapatkan keyboard virtual dengan sebuah touchpad berukuran kecil di bawahnya, mirip dengan yang biasa dijumpai di laptop. Keyboard virtual ini bisa digunakan untuk mengetik layaknya keyboard biasa. Keyboard ini hadir dengan layout serupa dengan keyboard yang biasa dijumpai di laptop, termasuk dengan tombol-tombol fungsi, sehingga menawarkan kegunaan lebih dari keyboard virtual di layar tablet.

lenovo-yoga-book-09
Create Pad

Sementara di mode Create Pad, pengguna bisa memanfaatkan bagian non-layar sebagai sebuah drawing pad, dengan memanfaatkan Real Pen, stylus khusus yang disediakan untuk 2-in-1 ini. Real Pen ini menawarkan hingga 2048 tingkat kekuatan tekanan yang bisa dimanfaatkan pengguna saat menggambar dengan memanfaatkan stylus tersebut. Stylus ini tidak membutuhkan baterai.

Paket Penjualan

lenovo-yoga-book-10
Kemasan paket penjualan Yoga Book

Paket penjualan dari Lenovo Yoga Book ini bisa dikatakan merupakan salah satu kekuatan utamanya. Lenovo menghadirkan banyak sekali perlengkapan tambahan yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk mendapatkan fungsi terbaik dari 2-in-1 ini. Di balik ukuran ringkas dari kemasan paket penjualan 2-in-1 ini, Lenovo menempatkan berbagai perlengkapan pendukung seperti:

  • Adapter Daya
    lenovo-yoga-book-11
  • Kabel Data (USB to Micro USB)
  • Stylus Real Pen
    lenovo-yoga-book-12
  • 3x Real Pen Ink Refill
  • Book Pad (15 halaman)
    lenovo-yoga-book-13
  • Pin (untuk membuka slot Micro SD)
  • Lembar Garansi & Panduan Penggunaan

Satu hal yang cukup disayangkan, Lenovo justru tidak menghadirkan earphone dalam paket penjualan 2-in-1 ini. Memang, Yoga Book tidak dilengkapi dengan kemampuan untuk terhubung ke jaringan seluler, sehingga headset mungkin tidak dibutuhkan. Namun, untuk multimedia sebuah earphone bisa jadi akan dibutuhkan, mengingat perangkat ini juga dilengkapi dengan konektor audio 3.5 mm.

Load Comments

Reviews

February 15, 2021 - 0

Review Infinix Hot 10 Play: Baterainya Jagoan!

Memasuki tahun 2021, Inifnix kembali merilis produk terbaru mereka Yaitu…
February 4, 2021 - 0

Review Oppo Reno5 5G: Smartphone 5G Termurah Saat Ini

Kali ini tim Jagat Review telah kedatangan smartphone Oppo Reno5…
January 22, 2021 - 0

Review Poco M3: Layak Disebut Entry Level Killer?

Setelah sebelumnya merilis Poco F2 Pro sebagai “Flagship Killer”, Poco…
January 4, 2021 - 0

Review Samsung Galaxy A12: Kamera Keren, RAM dan Storage Besar

Tidak semua smartphone dirancang untuk menjadi smartphone gaming, seperti yang…

Accessories

November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Kali ini tim Jagat Review kedatangan produk aksesori gimbal untuk…
October 12, 2020 - 0

Review Charger BASEUS 24W-120W: Pengganti Charger Asli Gadget Anda!

Jika berurusan dengan barang gadget atau elektronik, pastinya Charger merupakan…
May 12, 2020 - 0

Memilih Gimbal 1 Jutaan Terbaik untuk Smartphone: Brica BSteady PRO atau Moza Mini Mi?

Setiap kami menguji smartphone terutama untuk membuat video, menggunakan gimbal…

Wearables

January 5, 2021 - 0

Review Bose QuietComfort Earbuds: TWS dengan Noise Cancelling Terbaik

Bose Didirikan tahun 1964 dan sudah sangat terkenal dengan perangkat…
December 4, 2020 - 0

Review Casio G-Shock GA-900: Stylish, Tahan Banting, Baterai 7 Tahun

Jam tangan ini memang bukan smartwatch. Akan tetapi, Casio G-Shock…
November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Oase mungkin dikenal sebagai produk aksesoris yang dekat dengan brand…
September 28, 2020 - 0

Review Mi Smart Band 5: Tetap Murah, Fitur Tambah

Bagi kalian yang mungkin sedang mencari produk smart band murah,…