Review 2-in-1 Android Lenovo Yoga Book

Reading time:
December 6, 2016

Spesifikasi

Yoga Book ini dibekali dengan SoC Atom x5-Z8550, dengan prosesor quad core “Airmont” 1.44 GHz yang bisa meningkat hingga 2.4 GHz. saat dibutuhkan. GPU di 2-in-1 ini menggunakan IGP dari Atom x5-Z8550, yaitu Intel HD Graphics 400. Lenovo melengkapi Yoga Book ini dengan RAM LPDDR3 4 GB dan storage internal 64 GB.

lenovo-yoga-book-aida-64-cpu lenovo-yoga-book-cpuz

Lenovo tetap menghadirkan dua buah kamera di 2-in-1 ini, yaitu kamera utama dan kamera depan. Kamera utama Yoga Book hadir dengan sensor 8 MP dengan fitur auto-focus, dan diletakkan di bagian non-layar, menghadap ke arah pengguna. Posisi ini membuat pengguna harus melipat Yoga Book ke bentuk tablet, atau “Browse Mode” bila ingin menggunakan kamera utama. Sementara kamera depan hadir dengan sensor 2 MP tanpa auto-focus.

lenovo-yoga-book-14
Kamera Utama: 8 MP
lenovo-yoga-book-15
Kamera Depan: 2 MP

Baterai dengan rating 8500 mAh disebut digunakan di dalam Yoga Book ini. Lenovo mengklaim bahwa baterai tersebut bisa digunakan untuk menghidupkan 2-in-1 ini hingga waktu penggunaan di atas 15 jam. Kami akan coba membuktikan hal tersebut lewat tes yang kami lakukan.

Opsi konektivitas di Yoga Book terbilang cukup minim untuk sebuah 2-in-1, karena Lenovo hanya menyediakan satu Micro USB saja. Opsi koneksi ke display eksternal tersedia dalam wujud Mini HDMi. Sementara untuk koneksi nirkabel, Lenovo menyediakan opsi Bluetooth 4.0 dan WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, tanpa ada opsi seluler sama sekali.

lenovo-yoga-book-cpuz-battery

2-in-1 Yoga Book ini juga tidak dilengkapi dengan fingerprint scanner, opsi yang sudah umum dijumpai di perangkat mobile keluaran tahun 2016 ini. Untuk sensor, 2-in-1 ini dilengkapi dengan accelerometer, magnetometer, sensor orientasi, serta light sensor. Yoga Book ini sendiri hadir dengan sistem operasi Android 6.0 “Marshmallow”.

Uji Performa

Penggunaan SoC dari Intel Atom x5-8550 di 2-in-1 ini tentu saja menarik, mengingat SoC ini sendiri seharusnya memiliki kemamuan yang baik, yang mungkin saja bisa bersaing dengan SoC kelas menengah-ke atas dari produsen-produsen lain. Kami menjalankan pengujian standar yang biasa kami lakukan untuk produk berbasis OS Android di Yoga Book ini. Bagaimana hasilnya?

AnTuTu 6.0

Aplikasi benchmark yang satu ini adalah salah satu yang paling banyak digunakan untuk mengukur kekuatan sebuah perangkat Android. Beberapa hal yang diuji di AnTuTu antara lain User Experience (UX), CPU, RAM, GPU, dan I/O.

lenovo-yoga-book-antutu
AnTuTu 6.0.1: 83036

Geekbench 3

GeekBench 3 merupakan benchmark cross platform yang mengukur kinerja prosesor sebuah perangkat smartphone, tablet, dan PC. Aplikasi ini menggunakan skenario simulasi real world sehingga mampu menganalisa performa sebuah prosesor saat menggunakan single core atau multi core.

lenovo-yoga-book-geekbench-3
Geekbench 3: 1064 (Single Core), 3337 (Multi Core)

Geekbench 4

Aplikasi ini merupakan perbaruan dari Geekbench 3, dan menawarkan set pengujian yang berbeda. Geekbench 4 tetap merupakan tool benchmark lintas platform, dan hasilnya bisa dibandingkan dengan perangkat-perangkat selain smartphone, seperti tablet dan PC. Karena benchmark ini masih terbilang baru, kami masih membangun database kami untuk skor Geekbench 4, sehingga kami masih belum bisa menghadirkan tabel perbandingan skor untuk benchmark ini.

lenovo-yoga-book-geekbench-4
Geekbench 4: 1157 (Single Core), 3230 (Multi Core), 4424 (Render Script)

3DMark Ice Storm Unlimited

Benchmark ini ditujukan untuk menguji performa dari sistem pada sebuah smarpthone Android dalam menangani pemrosesan grafis. Semakin tinggi hasilnya, semakin baik smartphone tersebut menjalankan proses grafis.

lenovo-yoga-book-3dmark-icu
3DMark – Ice Storm Unlimited: 26049

PCMark

Aplikasi benchmark ini mengukur performa dan umur baterai pada smartphone maupun tablet Android, lewat pengujian yang berbasis aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan oleh user, bukan algoritma yang bersifat abstrak. Skor yang dihasilkan diklaim mampu mencerminkan performa sesungguhnya dari perangkat tersebut.

lenovo-yoga-book-pcmark
PCMark: 6121 (Work), 4532 (Work 2.0)

Hasil pengujian terhadap Yoga Book menunjukkan bahwa 2-in-1 ini memiliki kinerja yang terbilang cukup tinggi. SoC Atom x5-8550 ternyata bisa menawarkan performa kelas menengah ke atas bagi tablet ini. Untuk CPU, hasil benchmark belum membuatnya mendekati SoC kelas atas dari beberapa produsen lain. Namun, hasil itu sudah cukup menandakan bahwa SoC ini bisa menghadirkan kemampuan yang baik bagi Yoga Book untuk berbagai hal, termasuk untuk pekerjaan sehari-hari, multimedia, dan untuk bermain game dari Play Store.

Load Comments

Reviews

April 13, 2021 - 0

Review vivo X60 Pro: Performa Kencang, Kamera Keren!

Spesifikasi vivo X60 Pro adalah smartphone pertama di Indonesia yang…
April 13, 2021 - 0

(VIDEO) Review realme 8 Pro: 108MP, Tipis, Ringan, Baterai Awet, Performa Kencang

Realme baru saja menghadirkan generasi terbaru dari lini angkanya, yaitu…
April 12, 2021 - 0

Benchmark Snapdragon 860: HP Murah Jadi Super Kencang

Bulan Maret 2021 kemarin, Qualcomm mengumumkan kehadiran chipset kelas atas…
April 9, 2021 - 0

(VIDEO) Preview Video 4K60 vivo X60 Pro: Stabil dan Detail Tinggi

Vivo baru saja mengumumkan secara resmi kehadiran dari dua produk…

Accessories

April 1, 2021 - 0

Review Huawei FreeBuds 4i: Fitur Lengkap di Harga Rp 1 Jutaan

Tidak sedikit brand smartphone masa kini yang turut mengeluarkan produk…
March 29, 2021 - 0

Review 1More Stylish BT Pro: Earphone Neckband, Suara Oke

Pengalaman Penggunaan Pemasangan/Pairing Untuk melakukan pemasangan atau pairing dengan perangkat…
November 17, 2020 - 0

Review OASE QCY T7: Audio Bagus, Rp 300ribuan

Pairing & Kontrol Melakukan pairing ke perangkat earphone TWS QCY…
November 5, 2020 - 0

Review Brica B-Steady XS: Gimbal HP 3-Axis Paling Ringan di Dunia

Cara Pemasangan Adapun cara memasangkan smartphone di gimbal dapat dilakukan…

Wearables

April 5, 2021 - 0

Review OPPO Enco X: TWS Mantap dari Dynaudio dan OPPO

Oppo baru saja memperkenalkan TWS terbarunya, yang diberi nama sebagai…
April 1, 2021 - 0

Review Huawei FreeBuds 4i: Fitur Lengkap di Harga Rp 1 Jutaan

Tidak sedikit brand smartphone masa kini yang turut mengeluarkan produk…
March 16, 2021 - 0

Review Realme Watch S Pro: Gaya Premium, Tambah Fitur

Pengalaman Penggunaan Sebelum menggunakan smartwatch tentunya kita terlebih dahulu harus…
March 9, 2021 - 0

(Video) Review TWS Panasonic RZ-S500W / RZ-S300W

Di antara sekian banyak merk TWS, siapa menyangka jika nama…