Review Smartphone Lenovo P2: Monster Baterai Baru?

Reading time:
June 15, 2017

Kamera

Seperti yang kami bahas sebelumnya, Lenovo P2 ini dilengkapi dengan kamera utama 13 MP dan kamera selfie 5 MP. Kamera utama di smartphone ini dilengkapi dengan fitur phase-detection auto-focus (PDAF) dan LED Flash dual-tone. Sementara untuk kamera selfie, kamera itu hanya mengusung fixed focus saja.

Lenovo P2 - 22

Aplikasi “Camera” bawaan Lenovo P2 sendiri menawarkan beberapa mode tambahan untuk pemotretan. Salah satu mode yang diandalkan Lenovo adalah Smart Composition, yang memungkinkan smartphone menentukan parameter pemotretan yang cocok untuk kondisi lingkungan yang ada. Beberapa mode lain, seperti Pro dan Panorama, serta pemotretan dengan efek Art Nightscape, Artistic HDR, Fast-Motion, serta Slow-Motion juga tersedia di aplikasi kamera ini.

Berikut ini beberapa hasil foto yang kami ambil dengan menggunakan Lenovo P2.

Kamera Utama

Kamera Selfie

Kamera yang diusung oleh Lenovo P2 sendiri memang tidak istimewa, tetapi tidak bisa dikatakan buruk. Hasil yang didapatkan oleh kamera utama bisa dikatakan sesesuai dengan standar yang bisa ditawarkan oleh sensor 13 MP untuk smartphone. Foto yang diambil di lingkungan terang umumnya masih memiliki detail yang cukup baik, dengan sedikit pengecualian di kondisi tertentu di mana bila kita menggunakan mode Smart Composition, parameter pemotretan yang digunakan justru membuat detail gambar menjadi hilang.

Untuk kamera selfie, hasil yang ditawarkan juga terbilang standar untuk sensor 5 MP. Detail yang ditangkap tentunya tidak akan setinggi kamera utama, tetapi masih dalam batas wajar. Pemotretan di lingkungan dengan cahaya kurang bisa dibantu dengan fill light dari layar smartphone, yang akan sedikit membantu mendapatkan foto yang lebih baik.

Baterai

Beralih ke baterai, satu hal yang mungkin akan jadi kekuatan utama dari smartphone ini. Lenovo menggunakan baterai 5100 mAh di smartphone ini. Umumnya, kombinasi baterai besar dengan SoC Snapdragon 625 akan menghasilkan sebuah smartphone dengan daya tahan yang sangat panjang. Kami mencoba menguji daya tahan baterai dari Lenovo P2 ini dengan memutar video 720p secara terus-menerus dan mencatat penggunaan baterai dari smartphone ini. Hasilnya?

Lenovo P2 - 23R

 

Tes baterai dengan video 720p menunjukkan daya tahan yang terbilang luar biasa dari Lenovo P2. Smartphone ini bisa bertahan hingga lebih dari 24 jam! Berdasarkan hasil pengujian di atas, Lenovo P2 mampu bertahan selama kurang lebih 24 jam 46 menit di pengujian baterai kami. Hasil ini membuatnya menjadi smartphone yang bisa memberikan daya tahan terpanjang untuk pengujian kami ini hingga saat ini:

Battery Test_R

Sayangnya, kami tidak berhasil menyelesaikan pengujian daya tahan baterai dengan menggunakan PCMark. Baik tes Work maupun Work 2.0 yang kami jalankan selalu berakhir dengan crash. Tampaknya hal ini terjadi karena batasan dari aplikasi PCMark itu sendiri.

Sementara untuk pengisian ulang daya baterai, Lenovo mengklaim bahwa P2 ini mendukung isi ulang cepat. Lenovo pun menyertakan adapter daya yang mendukung pengisian dengan voltase tinggi di arus 2A, hingga 12V. Secepat apa adapter daya ini bisa mengisi ulang daya P2?

Lenovo P2 - 25

Pengisian baterai dari 5% hingga 100% membutuhkan waktu sekitar 2 jam 27 menit. Catatan waktu ini bisa dikatakan tidaklah terlalu impresif untuk pengisian ulang daya baterai smartphone saat ini. Namun, satu hal yang perlu diperhatikan, Lenovo tampaknya memang mengatur pengisian ulang daya di P2 agar melambat setelah baterai terisi hingga kapasitas tertentu.

Berdasarkan log dari Battery Log, pengisian ulang hingga 80% hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam 15 menit saja, sementara dari 80% ke 100% membutuhkan waktu 1 jam 12 menit. Setelah baterai mencapai 80% terisi, Lenovo sengaja menurunkan kecepatan pengisian ulang daya baterai dengan menggunakan voltase yang lebih rendah. Hal seperti ini memang wajar dilakukan oleh produsen smartphone belakangan ini.

Load Comments

Reviews

June 9, 2021 - 0

Video Long Term Review Xiaomi Mi 11: Smartphone Xiaomi Terbaik

Awal tahun 2021, Xiaomi akhirnya mengumumkan perangkat Xiaomi Mi 11…
June 5, 2021 - 0

Video Review Poco F3: Smartphone PremiumTermurah dan Kencang!

Poco F3 Sudah mulai dijual resmi di Indonesia. Berawal dari…
June 4, 2021 - 0

Video: Review Live On – Pra-bayar, Paket Kuota Besar, Ga Ribet!

Semua pengguna layanan internet dari operator selular prabayar, tentunya berharap…
May 24, 2021 - 0

Review Redmi Note 10s by Xiaomi: Murah dan “Berbeda”

Pengujian Performa Benchmark Antutu 8: 283179 Antutu 9: 332738 Geekbench…

Accessories

May 25, 2021 - 0

Review Sudio Nio: Vocal Dominan, Cocok Buat Meeting Online

Earphone TWS ini cocok untuk kebutuhan komunikasi baik saat panggilan…
May 7, 2021 - 0

Review JLab GO Air True Wireless Earbuds: Ringan dan Praktis!

Penutup Bagi kalian yang menginginkan produk earbuds TWS dengan desain…
April 22, 2021 - 0

(VIDEO) Review Gaming Cooler, Trigger, dan Kabel Black Shark Terbaru 2021 untuk iPhone & Android

Ketika menggunakan sebuah smartphone, biasanya tidak akan lepas dari yang…
April 19, 2021 - 0

(Video) Review Kiip Wireless Charger: Semua Jadi Satu!

Wireless Charging sangat berpotensi jadi standar teknologi di masa depan,…

Wearables

April 30, 2021 - 0

(VIDEO) Review Bose SleepBuds 2: Kualitas Tidur Jadi Lebih Baik

TWS tapi dipakainya untuk tidur? Ya, Bose Sleepbuds 2 yang…
April 5, 2021 - 0

Review OPPO Enco X: TWS Mantap dari Dynaudio dan OPPO

Oppo baru saja memperkenalkan TWS terbarunya, yang diberi nama sebagai…
April 1, 2021 - 0

Review Huawei FreeBuds 4i: Fitur Lengkap di Harga Rp 1 Jutaan

Tidak sedikit brand smartphone masa kini yang turut mengeluarkan produk…
March 16, 2021 - 0

Review Realme Watch S Pro: Gaya Premium, Tambah Fitur

Harga & Kesimpulan realme Watch S Pro dibanderol dengan harga…