Review Advan A8: Andalkan Dual Kamera dan Sekuritas

Author
Irham
Reading time:
October 28, 2017

Advan kembali meluncurkan produk terbaru mereka yaitu Advan A8. Produk yang dibanderol dengan harga resmi Rp. 2.999.000 ini mengandalkan kamera ganda dan juga sistem sekuritas sebagai senjata andalannya. Dan tim JagatGadget kali ini berkesempatan kembali mereview produk kebanggan lokal Advan A8.

Jujur saat melihat harga yang ditarget oleh Advan A8 cukup disangsikan. Dengan mengandalakan dual kamera dan sistem keamanan miliknya Advan mencoba bersaing dengan dua nama yang saat ini sedang santer dibicarakan yaitu Xiaomi MiA1 dan juga Moto G5S Plus. Apakah Advan A8 benar-benar dapat bersaing dengan dua nama tersebut, simak ulasannya berikut ini.

Desain

Advan A8 memiliki yang terbilang standar. Tidak ada yang istimewa secara desain dari Advan A8. Entah mengapa desain dari Advan A8 justru malah terlihat mengekor dari dua brand smartphone selfie yang saat ini sedang menjadi tren. Ya, sekilas Advan A8 terlihat mirip dengan Oppo F1s ataupun Vivo V5. Sepertinya brand lokal yang satu ini harus lebih berani lagi secara konsep desain, agar dapat bersaing dengan brand lain. Produk unggulan mereka sebelumnya yaitu Advan G1, pun belum memiliki desain yang terlihat orisinil.

Advan-A8-2

Terlihat dari penampang bagian depan, dengan bezel berwarna putih, dan A8 memang memiliki dimensi yang cukup ramping. Tombol home di bagian depan yang juga berfungsi sebagai fingerprint sensor, yang memiliki bentuk oval menjadikan makin mirip dengan duo smartphone selfie yang telah kami sebutkan diatas.

Advan-A8-3

Namun jika menilik kebagian belakang, Advan A8 terlihat cukup berbeda. Terlebih karena smartphone ini telah menggunakan sensor dual kamera di bagian belakang. Modul kamera terpasang secara vertikal, dengan ukuran yang tampak besar. Sayangnya modul kamera tampak sangat menonjol, sehingga saat smartphone diletakan dalam keadaan telentang di, maka akan modul kamera akan langsung menyentuh permukaan. Di antara kedua sensor tersebut, terdapat lampu LED flash dual-tone.

Advan A8 memiliki desain metal unibody, dimana pada perangkat yang kami review ini adalah varian berwarna emas. Selain sensor kamera yang tampak terlihat mencolok dibagian belakang, Advan A8 juga memiliki garis pemisah yang berada di bagian atas dan bawah. Pada penutup belakang bagian atas dan bawah terbuat dari bahan polycarbonate tentunya sebagai celah untuk sinyal selular.

Tombol power dan volume memiliki penempatan standar, yaitu berada di sisi sebelah kanan. Sementara slot SIMCard dan Mciro SD berada di sisi bagian kiri. Di sisi bagian atas terdapat slot jack 3,5 mm, sedangkan sisi bagian bawah terdapat konektor USB type C dan grill speaker. Ya, Advan A8 telah menggunakan USB Type C untuk konektivitas kabelnya.

Advan-A8-6 Advan-A8-4 Advan-A8-7 Advan-A8-5

Yang unik adalah tombol kapasitif untuk tombol back dan recent yang dapat di kustomasi. Advan A8 hanya menampilkan tombol kapasitif berupa titik kecil, dimana pengguna bisa mengatur apakah tombol recent app berada di sebelah kanan dan tombol back di sebelah kiri, atau dengan penempatan sebaliknya. Pengguna bisa mengaturnya melalui menu settings. Sayangnya tidak ada lampu backlit untuk tombol tersebut.

 

Advan-A8-8 Screenshot_2017-10-04-15-20-48

Spesifikasi

Dari segi spesifikasi, Advan A8 bisa dibilang masih memiliki spesifikasi yang belum bisa dikatakan istimewa, terutama untuk dapur pacunya. Yaitu dengan layar 5,5 inci dengan resolusi Full HD, SoC MediaTek MT6750T (Octa-Core Arm Cortex A53 1,5GHz + GPU Mali T860), RAM 4GB dan Internal Storage 32GB.

CPU-Z

Sementara dari sisi kamera terbilang cukup membuat penasaran. Dual kamera yang menjadi kamera utama dari Advan A8 yaitu menggunakan sensor Sony IMX258 beresolusi 13 MP dan Omnivision OV5675 beresolusi 5MP. Sedangkan untuk kamera depan, smartphone ini dilengkapi dengan kamera beresolusi 8 MP.

Advan-A8-10 Advan-A8-9

Dari segi konektivitas Advan A8 tentunya sudah mendukung jaringan 4G di semua provider di tanah air. Selain itu juga telah mendukung jaringan Wi-Fi di frekuensi 5GHz. Selain itu Advan A8 bisa dibilang sebagai smartphone paling terjangkau yang telah menggunakan USB Type C saat ini. Sayangnya, Advan A8 belum dibekali dengan konektivitas NFC, salah satu fitur yang makin dicari di smartphone terbaru saat ini.

Adapun sensornya juga cukup lengkap yaitu mulai dari Accelerometer, Proximity, Ambience Light, Compass, hingga Gyroscope. Selain itu juga telah dibekali fingerprint yang ada di bagian depan, dengan kecepatan respon hingga 0,3 detik.

Slot SIMCard tersedia secara Hybrid, dimana pengguna bisa menggunakan dua buah SIM Card, atau satu SIM Card di slot 1 dan MicroSD di slot kedua.

Advan-A8-13

Advan A8 dibekali dengan baterai berkapasitas 3000mAh, dan berjalan menggunakan sistem operasi Android Nougat 7.0 dengan UI buatan Advan sendiri yaitu IDOS. Adapun fitur-fitur unggulan yang ditambahkan seperti XLocker, Anti Theft, dan Privacy System.

Paket penjualan dari Advan A8 terbilang cukup lengkap. Diantaranya terdapat kartu garansi, adaptor charger, kabel USB Type C, headset, dan juga jelly case. Headset yang tersedia juga memiliki kualitas yang cukup baik, tidak seperti headset-headset standar yang ada di paket penjualan smartphone lain.

Advan-A8-12
Load Comments

Reviews

March 27, 2024 - 0

Review Haylou RS5: Smartwatch Murah yang Tidak Murahan!

Ini sering banget ditanyain ke kami nih. Saran smartwatch yang…
March 25, 2024 - 0

Review Xiaomi 14: Xiaomi Resmi Terbaik 2024 dengan Kamera Flagship Leica

Akhirnya Xiaomi 14, smartphone flagship dari Xiaomi untuk tahun 2024…
March 25, 2024 - 0

Review ASUS ROG Phone 8: HP Gaming Terbaik 2024 (Lagi)

Ini adalah ROG Phone 8, smartphone gaming terbaru dari ASUS…
March 21, 2024 - 0

Review Infinix Note 40: HP 2 Jutaan Terbaik 2024? KINGFINIX LAGI?

Ini adalah Infinix Note 40, salah satu smartphone dari Note…

Accessories

December 27, 2023 - 0

Review CMF Buds Pro: Rp 700 Ribuan, Suara Jernih dan Punya Tiga Mode ANC

Nothing memasarkan produk baru lewat sub-brand baru mereka yaitu CMF,…
September 12, 2023 - 0

Review Brica B Steady Pro Ultimate: Pakai Gimbal Smartphone untuk Apa?

Mungkin kamu pernah bertanya, untuk apa sebenarnya gimbal smartphone? Ketika datang…
October 14, 2022 - 0

Review Razer Kishi V2 (iPhone): Reponsif, Nyaman Digenggam

Mencari kontroler yang sesuai untuk perangkat mobile memang tidak begitu…
September 21, 2022 - 0

Review Aksesoris RAPA: Berkelas dan Bikin Smartphone Tampil Beda

Kali ini kami kedatangan produk RAPA Tech, brand lokal yang…

Wearables

March 26, 2024 - 0

Bose Ultra Open Earbuds Resmi Rilis Indonesia, Berapa Harganya?

Bose secara resmi meluncurkan Bose Ultra Open Earbuds, perangkat true…
March 22, 2024 - 0

Infinix Turut Luncurkan Dua Smartwatch Baru: Watch GT Pro dan Watch 1

Selain meluncurkan lini ponsel Note 40 Series di Indonesia, ternyata…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…
October 3, 2023 - 0

Review Samsung Galaxy Watch6 Classic: Smartwatch Fashionable Tipe Klasik, yang Terbaik!

Samsung Galaxy Watch6 Classic hadir kembali, setelah di seri Watch5…